Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Ciri Khas Fisik dan Karakter Imam Mahdi Menurut Hadits Rasulullah SAW


Inilah Ciri Khas Fisik dan Karakter Imam Mahdi Menurut Hadits Rasulullah SAW

Cariduit-dot (doa, usaha, iman, taqwa) - Inilah Ciri Khas Fisik dan Karakter Imam Mahdi Menurut Hadits Rasulullah SAW. Imam Mahdi merupakan pemimpin akhir zaman yang akan diutus oleh Allah SWT dikala bumi banyak ditimpa bencana, hilangnya rasa keadilan, banyak pemimpin yang lalim, banyak peperangan, munculnya berbagai fitnah, dan kejadian-kejadian yang semuanya diluar akal manusia. Keyakinan datangnya seorang pemimpin adil, pembawa keberkahan dimuka bumi ternyata diyakini juga oleh kepercayaan dan agama lain, sehingga muncul berbagai macam keyakinan, penafsiran, dan pemahaman tentang Imam Mahdi.

Sebagai ahlussunnah kita jangan tertipu oleh faham/keyakinan yang merusak iman dan menyesatkan. Terutama berkaitan dengan sosok imam Mahdi itu sendiri. Bahwa saat ini sudah menyebar berita-berita palsu sosok imam mahdi gadungan yang sengaja memproklamirkan diri sebagai imam Mahdi.

Padahal sosok Imam Mahdi yang sudah dinubuwatkan Rasulullah SAW 1400 tahun silam sudah jelas sekali merupakan cucu Rasulullah dari Siti Fatimah radhiyaallahu 'anha,yang secara fisik dan karakter seperti Rasulullah SAW.

Sebagaimana hadits yang diterima dari Sa'id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

المهدي مني اجلي الجبهة اقنى الانف يملا الارض قسطا وعدلا كما ملءت جورا وظلما يملك سبع سنين

Al-Mahdi itu berasal dariku, lebar dahinya, dan panjang/mancung hidungnya,dia akan memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan kelaliman dan kedzaliman. Dia akan berkuasa dibumi selama 7 tahun. (HR. ABu Daud, Sunan Abi Daud, Kitab Al Mahdi).

Dari hadits diatas dapat kita ketahui bahwa ciri khas dan krakter fisik imam mahdi bisa dikenali dengan mudah, diantaranya:
  1. Tersingkapnya rambut dari dahi sampai mendekati pertengahan kepala (bukan botak),
  2. Hidungnya mancung dengan kehalusan pada ujungnya dan kebengkokan pada bagian tengahnya, wallohu a'lam bishawwab.
Menurut As-Sulami dalam kitab Uqood Duroor, sebagaimana dinukil dari kitab ensiklopedi akhir zaman karya Dr. Muhammad Ahmad Al Mubayyadh, bahwa ciri yang paling khas fisik Imam Mahdi yaitu:
  • Gigi-gigi depannya renggang dan saling berjauhan
  • Giginya putih dan berkilauan,
  • Warna kulitnya kulit 'Arobi, tubuhnya seperti bangsa Israil,
  • Postur tubuhnya, tidak tinggi dan tidak pendek,
  • Wajahnya sangat tampan, memancarkan cahaya, seperti bintang bersinar,
  • Lebat jenggotnya yang berwarna hitam,
  • Di Pipi kanannya ada tahi lalat hitam,
  • Berjarak antara kedua alisnya (tidak berangkai/tidak bergandengan),
  • Pelupuk matanya hitam bukan karena bercelak,
Kalau disimpulkan bahwa ciri-ciri khas fisik Imam Mahdi merupakan perpaduan antara kedua kakeknya yaitu Rasulullah SAW dan Sayyidina 'Ali bin Abi Thalib radiyallohu'anhu. Allahu Akbar, laa haula walaa quwwata illa billahil 'aliyyil 'adziim, semoga kita dikumpulkan dan dipertemukan dengan cucu Rasulullah ini, sehingga bisa berbaiat, dan menjadi pasukannya, aamiin ya robbal 'aalamiin.

Post a Comment for "Inilah Ciri Khas Fisik dan Karakter Imam Mahdi Menurut Hadits Rasulullah SAW"