Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek disini! Kisi-Kisi UAMBN MTs dan MA Terbaru Tahun 2019/2020

Cek disini! Kisi-Kisi UAMBN MTs dan MA Terbaru Tahun 2019/2020

Cariduit-dot -- Pada kesempatan kali ini admin akan share kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN) BK untuk MTs kelas 9 dan Madrasah Aliyah kelas 12 Tahun pelajaran 2019/2020 semua mata pelajaran.

Bersamaan dengan diterbitkannya keputusan Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5793 Tahun 2019 tentang kisi kisi UAMBN tahun pelajaran 2019-2020 bahwa dalam rangka pemetaan mutu pendidikan madrasah perlu dilaksanakan ujian akhir madrasah.

Selanjutnya dalam rangka menjamin kualitas penyelenggaraan ujian dan pencapaian standar kompetensi lulusan maka perlu disusun kisi kisi ujian akhir madrasah tahun 2019-2020.

Dengan terbitnya surat keputusan tersebut seyogyanya seluruh satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia perlu mempersiapkan diri agar pelaksanaan ujian berjalan optimal dengan hasil yang memuaskan.

Apa yang harus dipersiapkan ? Tentunya seluruh peserta didik yang mengikuti ujian terutama penguasaan materi ujian akhir madrasah berstandar nasional.

Materi ujian UAMBN terlebih dahulu dikaji oleh guru bidang studi masing masing sebagai bahan pembahasan materi dengan peserta didik. Terutama dalam memahami soal soal yang didalamnya mengandung unsur HOTS sehingga peserta didik tidak merasa kebingungan.

Nah, sebelum membahas materi bersama dengan peserta didik alangkah baiknya guru melihat kisi kisi UAMBN terbaru tahun 2020. Dengan berpatokan pada kisi kisi UAMBN maka materi akan lebih fokus dan terarah sesuai dengan target madrasah.

#KISI-KISI UAMBN MTs dan MA Tahun 2020

Untuk MTs, ada 3 (tiga) mata pelajaran yang akan diujikan yaitu : al Quran hadits, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Untuk memudahkan, kompetensi dasar dan materi apa saja yang perlu didalami dan dipersiapkan dari sekarang?

Perlu diketahui bahwa ada 3 komponen dalam kisi kisi yang harus dikaji, pertama KD, kedua materi pembelajaran, dan ketiga indikator/tujuan. Dari ketiga indikator diatas Saya hanya akan menulis indikator apa saja yang akan keluar. Tak perlu lama-lama mari kita cek dibawah ini:

Kisi-Kisi UAMBN Al Quran Hadits MTs


Indikator:
  • Menganalisa Kedudukan Al Quran dan Hadits
  • Menjelaskan isi kandungan QS Annas, QS al Falaq dan QS. al Ikhlas
  • Mengklasifikasi keterkaitan hadits tentang iman dan ibadah
  • Menentukan hukum bacaan Qolqolah
  • Menjelaskan isi kandungan QS. al Kafirun, al Bayyinah, dan hadits riwayat ahmad, riwayat Tirmidzi, Ibnu Hibban dan lainnya.
  • Menganalisis kandungan QS. Al Lahab dan An Nashr tentang Istiqomah dalam berdakwah
  • Menjelaskan keterkaitan QS. Al Quraisy dan al Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah SWT
  • Menjelaskan isi kandungan QS. al Kautsar, QS. al Maun tentang mencintai anak yatim
  • Menentukan hukum bacaan Lam dan Ro
  • Menganalisisi tentang kandungan tentang keseimbangan hidup didunia dan akhirat.
  • Hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin dan mad farqi.
  • Menganalisa kandungan QS al Qoriah dan al Zalzalah tentang fenomena alam dan kehidupan
  • Menganalisa kandungan hadits attirmidzi, ibnu Majah tentang kehidupan dan akibatnya
  • Mengidentifikasi hukum bacaan Mad Lazim Mukhofaf Kilmi, Harfi, Mutsaqol Harfi 
  • Menjelaskan keterkaitan hadits riwayat Bukhari dan Abdullah bin Umar tentang prilaku menghargai waktu.

Lebih lengkapnya tentang Kisi-kisi UAMBN MTs dan MA Terbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 silahkan Anda bisa download dibawah ini.

Demikian informasi Kisi-Kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk MTs dan Madrasah Aliyah.

Post a Comment for "Cek disini! Kisi-Kisi UAMBN MTs dan MA Terbaru Tahun 2019/2020"