Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Terbaru 2020 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas 7,8,9

Contoh RPP Terbaru 2020 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas 7,8,9
Image:fixabay.com
Cariduit-dot --  Kali ini Saya akan share contoh RPP (Rencana Perangkat Pembelajaran) versi terbaru tahun 2020 mata pelajaran Matematika kelas 7,8 dan 9 untuk MTs dan SMP. RPP versi baru ini sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, B.A, M.B.A. melalui surat edaran Kemendikbud nomor 14 tahun 2019. Karena RPP tersebut ide dan gagasan Menteri Nadiem Makarim, maka RPP versi bari ini lebih populer dengan sebutan RPP Bapak Nadiem Makarim.

Jika sebelumnya penulisan RPP kurikulum 2013 terdapat 13 (tiga belas) komponen yang harus ditulis guru sehingga memerlukan waktu, pikiran, dan tenaga yang akhirnya guru merasa malas untuk menyusun sendiri, maka dengan kebijakan baru dari Mendikbud Nadiem Makarim, penyusunan dan penulisan RPP lebih ramping alias lebih efektif, efisien dan tentunya berorientasi pada murid.

RINGKASAN SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019

Menindaklanjuti edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan kurikulum 2013, maka dengan hormat kami sampaikan beberapa hal berikut ini:
  • Prinsip penyusunan RPP harus dilakukan dengan prinsip: efektif, efisien dan berorientasi pada murid,
  • Bahwa dari 13 komponen RPP yang diatur daalam Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang menjadi komponen ini adalah; (1) Tujuan Pembelajaran, (2) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan (3) Penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan guru, sedangkan komponen lainnya sebagai pelengkap.
  • Sekolah, kelompok guru mata pelajaran, dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, mengembangkan dan menggunakan format RPP secara mandiri untuk keberhasilan murid.
  • RPP yang telah dibuat, maka tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sebagaimana dimaksud pada poin 1,2 dan 3.

Pertimbangan Penyederhanaan RPP 

Beberapa pertimbangan penyederhaan RPP yang selama ini memberatkan guru sehingga tenaga dan pikiran terkuras hanya karena seabregnya administrasi perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan guru sebelum masuk kelas.

Guru selalu diarahkan untuk menulis RPP secara rinci sampai beberapa lembar yang akhirnya menjadi kendala guru itu sendiri terutama bagi guru-guru yang selama ini masih kurang dalam hal teknologi. Akhirnya waktu, tenaga dan pikiran terkuras sehingga proses pembelajaran tidak maksimal.

RPP 2020 harus efektif, efisien dan Berorientasi pada murid?

Ya betul sekali. Penulisan RPP harus efektif, efisien dan berorientasi pada murid. Efektif artinya penulisan RPP jangan sampai menghabiskan banyak waktu tenaga dan pikiran.  

Efisien artinya penulisan RPP harus berdasarkan pada capaian tujuan pembelajaran, dan Berorinetasi pada murid artinya penulisan RPP harus mempertimbangkan beberapa faktor murid itu sendiri, terutama kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar disekolah sesuai dengan potensi murid itu sendiri.

Nah, apakah RPP bisa dibuat dengan singkat? atau lebih singkat? hehe

Bisa saja, yang penting sesuai dengan prinsip efektif, efisien dan selalu berorientasi pada murid. Sesuai dengan surat edaran kemendikbud diatas, RPP 2020 setidaknya harus memenuhi 3 (tiga) komponen didalamnya, yaitu: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian.

# Contoh RPP Terbaru 2020

Setelah mengetahui poin penting diatas terkait dengan regulasi dan aturan prinsip pembuatan RPP terbaru 2020, Saya akan berikan contoh RPP mata pelajaran Matematika untuk SMP/MTs. RPP ini hanyalah sekedar contoh mungkin masih ada kekurangannya.

# Contoh RPP Terbaru 2020 Mata Pelajaran Matematika, unduh disini
# Contoh RPP IPS SMP Semester 2 1 lembar lihat disini

Ringkasan Contoh RPP:
  • Satuan Sekolah/Madrasah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas
  • Kompetensi Dasar

Selanjutnya, Komponen RPP terdiri dari:
  • Tujuan Pembelajaran,
  • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, dan 
  • Penilaian
  • Tanda-tangan Guru

Kesimpulan

RPP terbaru 2020 dibuat dengan prinsip efektif, efisien dan berorinetasi pada siswa. Dengan adanya penyederhanaan RPP tersebut diharapkan tidak ada lagi beban berat yang selama ini menjadi kendala guru sehingga 80% kegiatan guru lebih fokus pada murid.

Dengan RPP terbaru 2020 guru lebih merdeka, artinya guru dituntut lebih kreatif dan inovatif terutama menggali dan mengembangkan potensi murid baik bidang akademik maupun non akademik. Guru juga harus mengetahui psikologi siswa sehingga semua masalah bisa diatasi disekolah sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian Contoh RPP Terbaru 2020 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas 7,8,9. Contoh RPP tersebut bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa disekolah masing-masing. Semoga bermanfaat, aamiin.

Post a Comment for "Contoh RPP Terbaru 2020 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas 7,8,9"