Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Baca! Inilah Buku Saku Tanya Jawab RPP Terbaru Tahun 2020

Wajib Baca! Inilah Buku Saku Tanya Jawab RPP Terbaru Tahun 2020

Cariduit-dot -- Kali ini Saya akan share buku saku tanya jawab RPP terbaru 2020. Buku saku tanya jawab seputar RPP (Rencana Perangkat Pembelajaran) terbaru tahun 2020 ini wajib dimiliki guru untuk dikaji, didalami dan jadi referensi pembuatan RPP, baik guru yang mengajar di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah, sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah, dan sekolah menengah atas/madrasah aliyah.

Sesuai dengan kata pengantar yang Saya kutip dari buku saku tanya jawab RPP terbaru 2020 bahwa: Kebijakan penyederhanaan RPP merupakan salah satu kebijakan merdeka belajar yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, untuk mendukung program prioritas Presiden Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia.

Prioritas kebijakan tersebut adalah tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan sesederhana mungkin oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, dimana RPP hanya terdiri dari 3 (tiga) komponen yaitu: Tujuan Pembelajara, Langkah-langkah Pembelajaran, dan Penilaian (Assessment). Selanjutnya guru dapat menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi, dan menggunakan (metode 5 M) RPP secara bebas dan sederhana, asalkan tidak keluar dari 3 (tiga) prinsip penyusunan RPP.

Oke, apa saja sih kebijakan-kebijakan baru dalam penyusunan RPP tahun 2020? Yuk kita simak tanya jawabnya dibawah ini:

1. Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanan RPP?

"Guru-guru sering diarahkan untuk menulis/mengetik RPP secara rinci sehingga menghabiskan banyak waktu, padahal seharusnya lebih difokuskan pada proses kegiatan belajar dan evaluasi siswa".

2. Apa yang dimaksud dengan prinsip; efisien, efektif, dan berorientasi pada murid?

Efisien berarti penulisan RPP harus tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga sehingga waktu dan pikiran guru terus terkuras.

Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran

Berorientasi pada murid artinya, bahwa penyusunan RPP harus mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar siswa dikelas. Terkait kesiapan dan kebutuhan belajar siswa dikelas, tidak menutup kemungkinan kebutuhan belajar setiap kelas akan berbeda.

3. Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat?

Bisa, asalkan sesuai dengan 3 (tiga) prinsip tadi. Oleh karena itu dalam penyusunan RPP tidak memerlukan halaman yang lebih banyak, cukup dengan satu halaman (RPP satu lembar).

4. Apakah ada standar baku format penulisan RPP?

Tidak ada. Guru diberi kebebasan dalam menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi, dan menggunakan RPP.

5. Bagaimana dengan RPP yang sudah ada dan sudah dibuat guru sebelumnya?

Guru bisa menggunakan RPP yang sudah ada.

6. Berapa jumlah komponen dalam RPP?

Minimal harus memiliki 3 (tiga) komponen dalama penyusunan RPP: Tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian.

7. RPP itu apa?

RPP adalah rencana perangkat pembelajaran tatap muka dengan siswa untuk satu pertemuan atau beberapa pertemuan.

8. Apakah Guru harus membuat silabus?

Tidak. Buku II KTSP (Silabus) sudah disusun oleh pemerintah. Sesuai dengan lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

9. Apakah Guru wajib menyusun RPP?

Ya tentu wajib. Setiap pendidik dalam satuan pendidikan wajib membuat RPP. Hal ini sesuai dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses.

10. Apakah saya bisa mendapatkan contoh RPP terbaru 2020. Atau yang sedang populer saat ini dengan RPP satu lembar!!

Bisa, silahkan Anda bisa unduh contoh RPP INSPIRATIF beberapa mata pelajaran mulai SD, SMP dan SMA. Contohnya bisa unduh disini.

11. Cara download buku saku tanya jawab seputar RPP 2020?

Buku saku tanya jawab RPP 2020 silahkan unduh disini.

Demikian tanya jawab seputar RPP yang terdapat dalam buku saku RPP 2020. Buku saku tersebut wajib dimiliki guru sebagai panduan dan pedoman penyusunan RPP versi satu lembar. Saya rasa dengan adanya kebijakan baru penyusunan RPP tersebut dapat lebih memudahkan guru mempersiapkan RPP dan lebih maksimal tatap muka dikelas dengan siswa.

Post a Comment for "Wajib Baca! Inilah Buku Saku Tanya Jawab RPP Terbaru Tahun 2020"