Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Proposal Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Terbaru 2020

Contoh Proposal Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Terbaru 2020
Image:fixabay.com
Cariduit-dot -- Kali ini Saya akan share contoh proposal peringatan Isra Mai'raj Nabi Muhammad saw. Proposal ini bisa Anda gunakan ketika akan melaksanakan kegiatan Isra Mi'raj di sekolah, di masyarakat, dan lembaga lainnya. Sebenarnya sah-sah saja memperingati Isra Mi'raj atau hari besar lainnya tidak memakai proposal, namun alangkah lebih baik membuat proposal agar kegiatan tersebut lebih terarah dan maksimal.

Peringatan Hari Besar Islam Isra Mi'raj merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh umat islam khususnya di Indonesia setiap bulan rajab. Peringatan Isra Mi'raj tersebut selalu diisi dengan kegiatan keagamaan dan sosial, baik ceramah agama (tabligh akbar), pentas seni islami, bakti sosial dan kegiatan sosial lainnya.

Intinya, peringatan Isra Mi'raj bukan hanya kegiatan seremoni belaka, lebih dari itu agar umat islam lebih memahami esensi Isra Mi'raj secara kaffah sehingga bisa mengamalkan ajaran agamanya dengan paripurna seperti yang telah dicontohkan baginda nabi Muhammad saw 1400 tahun lalu.

CONTOH PROPOSAL ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Berikut ini Contoh Proposal Isra Mi'raj Nabi Muhammad saw LENGKAP TERBARU:

A. Pendahuluan

Puji serta syukur kehadirat illahi robbi, Allah SWT yang telah melimpahkan anugerah yang tak terhingga kepada kita terutama nimat iman dan islam. Semoga dengan limpahan rahmat-Nya iman islam kita selalu dijaga sampai ajal kelak menjemput, aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

Sholawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada habiibanaa wanabiyyanaa warosuulanaa, sayyidul mursalin Muhammad saw, kepada para sahabatnya, keluarganya, tabi’in, atba’ut tabiin dan mudah-mudahan kepada kita sebagai umatnya. Aamiin.

Tak terasa sekarang sudah memasuki bulan rajab, salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Pada bulan inilah salah satu peristiwa paling bersejarah yang tidak pernah terjadi pada umat-umat sebelumnya dan sesudahnya yaitu peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw.

Peristiwa Isra Mi’raj merupakan kejadian diluar akal manusia yang khusus diperuntukkan untuk baginda Nabi Muhammad saw sebagai salah satu tanda kasih sayang Allah SWT kepada nabi-Nya yang pada waktu itu Rasulullah sedang diuji dengan ujian yang amat berat terutama dalam menghadapi cacian, hinaan, siksaan dari orang-orang kafir Quraisy serta diwafatkannya salah satu orang paling dicintai rasul yaitu sayyidah Khadijah ra dan Abdul Muttalib.

Setelah peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi saw, saat itu hanya orang-orang yang hatinya terpancar sinar ilahiyyah saja yang menerima, mempercayai, serta mengambil hikmah dari peristiwa tersebut, salah satunya sababat Abu Bakar Ash Shidiq, dan sahabat lainnya.

Oleh karena itu salah satu bukti cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, umat islam diseluruh pelosok tanah air selalu memperingati peristiwa Isra’ Mi’raj. Suatu peristiwa yang penuh historis, sebagai salah satu penanda era baru ajaran yang suci, pembeda antara yang hak dan bathil, pembeda antara iman dan kufur, penyelamat dunia akhirat sekaligus pedoman hidup, yaitu Allah SWT membekali nabi saw dengan Sholat 5 (lima) waktu sebagai pondasi agama islam yang kokoh.

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw harus dijadikan momentum perubahan ke arah yang lebih baik dan dijadikan pelajaran bagi umat islam sehingga bisa mengambil hikmah dan mengaplikasikan agama islam secara kaffah.

Peringatan Isra’ Mi’raj bukan hanya sekedar retorika seperti halnya orang yang hanya pandai bicara, pandai ceramah saja, tapi tidak bisa mengamalkan ajarannya. Atau bukan hanya kegiatan seremoni saja yang dilaksanakan setiap bulan rajab, setelah acara malah selalu lupa mengamalkan ajaran rasulullah saw.

Lebih dari itu, peristiwa Isra’ Mi’raj baginda nabi Muhammad saw selalu mengajarkan kepada kita ilmu dan hikmah yang terkandung didalamnya, seperti: selalu ikhtiar, sabar, dan tawakkal dalam menghadapi cobaan Allah SWT. Selalu menjaga iman islam yang telah Allah SWT anugerahkan kepada kita, menjaga shalat 5 (lima) waktu dalam kondisi apapun, dan selayaknya seorang muslim harus menggapai cita-cita mulia menjadi orang-orang yang bertaqwa.

Dengan penuh rasa ikhlas, cinta dan mengharap ridha Allah SWT mudah-mudahan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw tahun 2020/1441 hijrah ini menjadi saksi kelak di akhirat sebagai salah satu bukti cinta kami kepada Nabi Muhammad saw sehingga bisa berkumpul bersamanya di akhirat, aamiin ya robbal ‘aalamiin.

B. Dasar Hukum

1. Perjalanan Isra Mi’raj merupakan peristiwa yang penuh berkah. Makna yang terkandung dalam peringatan Isra Mi’raj ini memiliki pesan dan semangat yang besar jika benar-benar dipahami dan diaplikasikan pelaksanaanya dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang mu’min.

Firman Allah SWT QS. Al Isra:1):

“Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (Surat: Al-Isra Ayat 1).

2. AD/ART Masjid/ Majelis Ta’lim/ Pondok Pesantren/ Sekolah
3. Program Kerja Waka Kesiswaan Tahun 2019/2020
4. Lainnya……….

C. Tema Kegiatan Isra’ Mi’raj

Contoh:
“Dengan Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw tahun 2020/1442 hijrah, Mari Kita Jaga Ukhuwah Islamiyyah dan Wathoniyyah”.

“Isra’ Mi’raj Nabi Mulia Muhammad saw Jadi Momentum Peningkatan Kualitas Iman dan Taqwa”.


“Mu’min Sejati Tak Hanya Fokus Beribadah dengan Tuhannya, Lebih dari itu Dia Selalu Menyayangi dan Berbagi dengan Ciptaan-Nya”


“Kesedihan Rasulullah SAW dalam Memperjuangkan Agama dan Umatnya, Momentum Agar Kita Jauh Lebih Cinta Terhadap Allah SWT, Agama dan Rosul-Nya”.


“Janganlah Engkau Meninggalkan Agamamu (diinul Islam) dengan Meninggalkan Sholat 5 (lima) Waktu Apapun Kondisimu”
.


Nah, itulah Contoh proposal peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang bisa Saya share. Untuk file lengkapnya silahkan bisa Anda unduh dibawah ini:


Demikian Contoh Proposal Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Terbaru 2020. Proposal tersebut tentunya masih banyak kekurangan dan belum sempurna. Silahkan bisa Anda lengkapi dan sempurnakan sesuai dengan tujuan kegiatan masing-masing.

Akhir kata, terima kasih kunjungannya, semoga bermanfaat, aamiin yaa robbal'aalamiin. Alloohumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammadin, wa alihii, washohbihi, wa azwaajihii, wadzurriyyatihii, ajamiin, ....

Post a Comment for "Contoh Proposal Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Terbaru 2020"