Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk Guru SMP/MTs/SMA/SMK/MA 2020

soal akm smp mts

Cariduit-dot-- Kali ini saya akan share salah satu contoh soal AKM yang sekarang sedang disosialisasikan kepada guru diseluruh Indonesia melalui latihan langsung mengisi soal ujian secara online. Saya harap Anda tak usah tegang alias terbebani dengan soal-soal AKM, enjoy saja, anggap seperti sedang mengikuti ujian CPNS yang setiap satu pengisian soal terus dikejar-kejar waktu sehingga konsentrasi jadi buyar dan hasilnya tidak memuaskan.

Namun jangan merasa panik jika setelah Anda mengisi seluruh soal AKM, diluar dugaan ternyata hasilnya kurang memuaskan. Bahkan kita sama sekali tidak mengetahui bagaimana cara penskoran hasil latihan soal AKM tersebut.

Saya harap semua guru harus mengikuti simulasi pengisian soal AKM, karena pada dasarnya kita sedang diarahkan untuk lebih mengetahui sejauhmana kemampuan daya nalar seorang guru dengan menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar numerasi, dan kemampuan bernalar penguatan pendidikan karakter.

Baca Juga:

Setelah guru mengikuti simulasi AKM (Asesmen Kompentensi Minum), maka seorang guru sudah seharusnya memahami dan bisa mempraktikkan bagaimana cara membuat soal ujian dengan level HOTS sesuai dengan bidang studinya masing-masing.

AKM Sebagai pengganti Ujian Nasional?


Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter resmi gantikan penerapan Ujian Nasional (UN).  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan kebijakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai tahun 2021.Kebijakan tersebut merupakan pengganti Ujian Nasional yang terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2020.  

Baca Juga: Tanya Jawab Lembar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Pengertian dan Fungsi AKM

"Asesmen kompetensi minimun adalah kompetensi minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimum," (Nadiem Anwar Makariem)

Kemampuan minim apa saja yang harus dikuasai peserta didik?

Sesuai dengan fungsi AKM itu sendiri, bahwa Asesmen Kompetensi Mininum dan Surveri Karakter (AKMSK) terdiri dari kemampuan bernalar dengan menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Kemampuan literasi dan numerasi adalah dua komponen penting yang perlu diukur dan menjadi kompetensi minimum bagi siswa untuk belajar.

Baca Juga: Download Soal Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah 

Baiklah dibawah ini Saya hanya sekedar share informasi terkait contoh soal AKM untuk SMP/MTs. Kemungkinan tingkat SMA juga tidak akan jauh berbeda dengan soal dibawah ini. Setiap guru akan mendapatkan soal AKM yang berbeda-beda, dengan rincian 10 soal tentang kemampuan numerik, dan 30 soal karakter.

Karakter soal panjang-panjang. Misalkan satu materi soal maka akan dibuat 10 pertanyaan. Untuk itu perlu daya nalar yang kuat dan focus jangan terkecoh atas semua jawaban yang memang semuanya benar, namun kita pilih jawaban yang paling tepat.

Berikut ini Contoh Soal-soal AKM Guru SMP/MTs:

A. Contoh Soal AKM Numerik

Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, toko Jaka mengadakan promo paket susu dan cokelat selama bulan Agustus, pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Setiap kali pembelanjaan hanya dapat membeli maksimal 2 paket promo.
  • Harga normal susu Rp. 17.000, dan Harga normal cokelat Rp. 15.000.
  • Harga paket promo dua susu dan satu cokelat hari sabtu, Rp. 45.000
  • Harga paket promo dua susu dan dua cokelat hari Minggu, Rp. 54.000
  • Harga paket promo hari Senin, dua susu dan dua cokelat diskon 10%
Pertanyaan……………

Bu intan merupakan pelanggan tetap di Supermarket Maju Bersama. Dia penyuka musik lembut. Seperti kalangan ibu-ibu yang lain, dia juga suka barang diskon. karena bekerja penuh waktu Dia sering berbelanja makanan siap saji daripada memasak sendiri. Dia ingin menghemat pengeluarannya. Apakah strategi yang bisa dilakukan Bu Intan?

a. Dengarkan musik enerjik dengan headset
b. Langsung ke rak diskon
c. Pilih produk dengan kemasan warna menarik
d. Tanya pelayan mengenai produk yang bagus
e. Bandingkan dengan produk lain yang serupa
f. Beli daging mentah


B. Contoh Soal AKM Karakter

1. Fauzan diberi tugas mengumpulkan sumbangan untuk membantu biaya perawatan teman sekelasnya yang sedang sakit, pada waktu yang bersamaan, ibunya belum memiliki uang untuk membayar sewa rumah yang harus segera dibayar hari itu juga. Apa yang sebaiknya dilakukan Fauzan?
a. Menggunakan sebagian uang untuk membayar sewa rumah
b. Memberikan semua uang untuk membayar sewa rumah ibunya
c. Segera memberikan uang sumbangan kepada temannya yang sakit
d. Meminta izin teman-temannya meminjam uang untuk membayar sewa rumah

2. Pak Toni adalah guru olahraga di SMP merah putih. Disekolah tersebut, hanya ada 1 lapangan yang digunakan untuk olahraga bola voli dan basket. Suatu hari, tim basket meminta izin untuk menggunakan lapangan tersebut karena harus berlatih menghadapi turnamen keesokan harinya. Namun hari itu merupakan jadwal latihan tim Bola Voli. Apa yang seharusnya dilakukan Pak Toni
a. Memberikan izin kepada tim basket dan meminta pengertian tim voli
b. Membagi separuh waktu tim voli untuk tim basket
c. Menolak permohonan tim basket karena hari itu adalah jadwal tim voli
d. Meminta kedua tim bertukar jadwal latihan agar tim basket dapat berlatih hari ini.

3. Salma diajak temannya untuk datang ke acara jumpa fans artis idolannya, namun waktunya bertepatan dengan jadwal bimbingan belajar. Ia sudah mempunyai kesepakatan dengan orang tuanya untuk tidak bolos. Apa yang seharusnya Salma lakukan?
a. Mengikuti ajakan temannya, karena acara tersebut jarang dilakukan
b. Meminta izin pada orang tua, untuk sekali ini saja bolos bimbel
c. Tetap bimbel dan meminta temannya untuk memvideokan acara tersebut
d. Tetap bimbel namun meminta izin untuk pulang lebih awal

4. Khairul dan Lukas mendapat tugas untuk mencari materi di internet. Ketika sedang mengerjakan tugas di rumah Lukas, Khairul diajak bermain game online. Padahal, Ibu Khairul agar ia tak bermain game online. Apa yang seharusnya dilakukan Khairul?
a. Mengikuti ajakan Lukas, karena game tersebut edisi terbaru
b. Bermain sebentar untuk menghilangkan rasa bosan
c. Menolak bermain game dan menyelesaikan tugasnya
d. Meminta izin pada ibunya untuk bermain game setelah tugasnya selesai

5. Sekolah melarang siswa-siswinya berambut gondrong. Seorang guru menegur Rudi agar segera memotong rambutnya yang sudah terlihat gondrong. Padahal Rudi menyukai model rambutnya saat ini. Apa yang sebaiknya dilakukan Rudi?
a. Membaut alasan agar dimaklumi guru
b. Segera memotong rambutnya setelah pulang sekolah
c. Mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong
d. Menunggu sampai ditegur lagi lalu memotong rambutnya

6. Alisa berasal dari suku yang berbeda dengan Gita, ketika sedang berdiskusi tentang kebudayaan, Gita sangat membanggakan suku asalnya, sehingga menyinggung pearasaan Alisa, apa yang sebaiknya dilakukan Alisa?
a. Menyanggah apa yang dikatakan Gita mengenai sukunya
b. Mengabaikan perasannya dan focus pada topic diskusi
c. Membalas dengan memberi contoh negative tentang suku asal Gita
d. Menyampaikan bahwa semua suku memiliki keunikan masing-masing

7. Marlina menemukan uang yang jatuh disekolahnya, ia ingin mengembalikan uang tersebut, namun tidak tahu siapa pemiliknya, apa yang sebaiknya dilakukan Marlina?
a. Membawa uang tersebut pulang
b. Uang diserahkan ke guru
c. Memberitahukan kepada temannya
d. Membiarkan saja

8. Farah adalah teman sebangku Irma. Farah sering di ejek teman-teman sekolahnya karena badannya gemuk dan pendek. Irma kasihan pada Farah, namun ia takut dijauhi teman lain jika Ia berteman dengan Farah. Apa yang seharusnya dilakukan Irma?
a. Berusaha membela Farah
b. Tetap berteman jika tidak ada teman lain
c. Tetap berteman dengan Farah
d. Menjaga jarak dengan Farah

9. Semester baru sudah berjalan selama dua minggu di kelas Roni tanpa ada ketua kelas. Wali kelas segera meminta diangkat ketua kelas atau KM untuk keperluan koordinasi kegiatan belajar.Namun tidak seorangpun mengajukan diri menjadi ketua kelas. Apa yang sebaiknya Roni lakukan menghadapi situasi kelas seperti tersebut?
a. Mendorong teman-teman sekelasnya mengajukan diri menjadi ketua kelas
b. Menunjuk orang lain dan mengajukan kepada wali kelas
c. Mengajukan diri karena merasa mampu menjadi ketua kelas
d. Mengajukan diri sebagai ketua kelas jika diperbolehkan memilih wakil sendiri

Nah, itulah contoh soal AKM untuk guru SMP/MTs yang bisa Saya share. Semoga contoh soal tersebut bisa kita praktikkan dalam pembuatan soal ulangan siswa, baik soal ulangan harian, soal tengah semester, soal ulangan akhir semester, dan tentunya soal ujian nasional.

Apakah AKM tidak terlalu sulit untuk siswa?

Saya rasa putra-putri kita akan mampu dengan soal AKM. Kuncinya guru harus terus melatih daya nalar mereka dari sekarang terutama kemampuan literasi dasar, daya nalar numerik dan daya nalar karakter.
 
 
Dengan slogan ”Merdeka Belajar” maka kesempatan guru saat ini harus bisa membuat soal HOTS tapi disesuaikan dengan kemampuan daya nalar siswa di masing-masing sekolah.

12 comments for "Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk Guru SMP/MTs/SMA/SMK/MA 2020"

  1. bagus mudah-mudahan bisa menginspirasi guru untuk membuat soal akm

    ReplyDelete
  2. ka ada kunci jawabannya tidak ya?

    ReplyDelete
  3. min ada pembahasannya tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada pa itu hanya contoh soal AKM nya saja. Salah satu Karakter soal AKM itu sebenarnya membutuhkan jawaban paling tepat. Cuman setiap jawaban poinnya berbeda, kecuali soal literasi kemampuan bernalar.

      Delete
  4. Wah, makasih ilmunya, izin Copy soalnya ya saya tambahkan di blog pribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Ibu itu hanya sekedar contoh dan bisa lebih dikembangkan.

      Delete
  5. Ada AKM bahasa Inggris pak untuk SMA dan smp

    ReplyDelete
  6. Adakah contoh soal AKM Seni Budaya kelas x??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk contoh AKM SenBud tidak ada Bapak/Ibu. Trims

      Delete
  7. Kalau contoh soal untuk seni budaya kelas 8 ada ????

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya