Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG/UKG) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG/UKG) Bahasa Indonesia

Cariduit-dot -- Salah satu cara untuk mengukur profesionalitas guru dalam menjalankan peran dan tugasnya adalah dengan Asesmen Kompetensi Guru. Asesmen atau penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara untuk mendapatkan informasi tantang hasil belajar dan pencapaian kompetensi guru. Disini saya share contoh soal Asesmen kompetensi guru bahasa indonesia. Secara umum ada tiga bentuk soal yang harus dikusai guru yaitu soal numerasi, karakter dan literasi.

Baca Juga: Contoh Soal Asesmen Kompetensi Siswa Level 1 sampai 6 

Ok, langsung saja berikut ini contoh soal AKG Bahasa Indonesia yang bisa anda pelajari:

1. Pilihlah satu kata yang tidak memiliki kesamaan karakteristik tertentu dengan ketiga kata lainnya!

  • a. Pulau Bangka
  • b. Pulau Nias
  • c. Pulau Samosir
  • d. Pulau Batam

2. Enam siswa mengikuti ujian sekolah. Umur dan nilai masing-masing siswa sebagai berikut;

A Lebih tua dari F dan nilai ujiannya lebih rendah dari B

B Lebih muda dari F dan nilai ujiannay lebih tinggi dari C

C Lebih muda dari A dan nilai ujiannya lebih tinggi daripada A

D Lebih tua daripada E dan nilai ujiannya lebih rendah daripada F

E Lebih tua daripada A dan nilai ujiannya lebih tinggi daripada B

F Lebih muda daripada C dan nilai ujiannya lebih rendah daripada A

A adalah siswa yang …………

  • a. Lebih tua daripada B dan E, tetapi lebih muda daripada C dan F
  • b. Lebih tua daripada C dan F, tetapi lebih muda daripada D dan E
  • c. Lebih muda daripada B dan C, tetapi lebih tua daripada D dan E
  • d. Lebih muda daripada C dan E, tetapi lebih tua daripada D dan F

3. Pilih salah satu kata yang tidak memiliki kesamaan karakteristik tertentu dengan tiga kata lainnya…

  • a. Cabai
  • b. Lada
  • c. Jahe
  • d. Cengkeh

4. Pilih satu kata yang tidak memiliki kesamaan karakteristik tertentu dengan tiga kata lainnya…

  • a. Propinsi Nangro Aceh Darussalam
  • b. Propinsi D. K. I Jakarta
  • c. Propinsi D. I. Yogyakarta
  • d. Propinsi Sumatera Utara

5. Pilihlah satu bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik dari barisan bilangan yang ada pada soal dibawah ini. Untuk bisa menmukan pilihan yang tepat, perlu dilengkapi lebih dahulu pola barisannya…

0,31 | 2,5 1,24 10,00 2,48 20,00 1,54 1,43 ………5,72

  • a. 6,16
  • b. 5,21
  • c. 6,01
  • d. 5,43

6. Anda diminta untuk membandingkan dua kuantitas. Diketahui persegi panjang ABCD dan EFGH mempunyai keliling yang sama. Luas persegi panjang ABCD adalah m dan luas persegi panjang EFGH adalah n.

  • a. m>n
  • b. m<n
  • c. m=n
  • d. perbandingan m dan n tidak ditentukan

7. Maulana, Lola, Nabila dan Handra adalah teman SD Akmal. Maulana selalu juara kelas dan menyelesaikan sekolah SD dalam waktu lima tahun. Lola selalu setingkat dibawah Maulana dan dapat menyelesaikan SD dalam waktu lima tahun. Nabila dan Hendra masing-masing menempati peringkat tiga dan empat, dan menyelesaikan SD dalam waktu enam tahun. Akmal menyelesaikan SD dalam waktu enam tahun. Lola adalah siswa yang ………

  • a. Kurang pandai dan kurang cepat dalam menyelesaikan SD dibanding Hendra
  • b. Kurang pandai dan kurang cepat dalam menyelesaikan SD dibanding Maulana
  • c. Lebih pandai dan lebih cepat menyelesaikan SD dibanding Maulana
  • d. Lebih pandai dan lebih cepat dalam menyelsaikan SD dibanding Nabila

8. Pilihlah satu kata yang tidak memiliki satu kesamaan karakteristik tertentu dengan tiga kata lainnya!

  • a. Notaris
  • b. Psikolog
  • c. Dokter
  • d. Panitera

9. Pilihlah kesimpulan yang paling tepat dari pernyataan-pernyataan yang tersedia pada soal dibawah ini!

Pengurus BEM di Universitas suka mengedakan seminar

Pengurus BEM yang suka mengadakan seminar, suka mengadakan penelitian ilmiah

Sebagian pengurus BEM yang suka mengadakan penelitian ilmiah, tidak suka mengadakan pasar murah

  • a. Sebagian pengurus BEM suka mengadakan pasar murah
  • b. Sebagian pengurus BEM tidak suka mengadakan penelitian ilmiah
  • c. Sebagian pengurus BEM tidak suka mengadakan seminar tapi suka mengadakn pasar murah
  • d. Sebagian pengurus BEM tidak suka mengadakan seminar dan tidak suka mengadakan pasar murah

10. Pilihlah satu kata yang tidak memiliki satu kesamaan karakteristik tertentu dengan tiga kata lainnya!

  • a. Sisinga mangaraja
  • b. Syahrir
  • c. Teuku Umar
  • d. Imam Bonjol

11. Pilihlah kesimpulan yang peling tepat dari pernyataan-pernyataan yang tersedia pada setiap soal!

Semua pengusaha besar menerapkan manajemen waktu yang bagus

Sebagian yang bagus manajemen waktunya tidak suka olahraga catur

  • a. Sebagian yang suka olahraga catur bukan pengusaha besar
  • b. Sebagian yang manajemen waktunya tidak bagus bukan pengusaha besar
  • c. Sebagian pengusaha besar suka olahraga catur dan manajemen waktunya bagus
  • d. Sebagian pengusaha besar tidak suka olahraga catur dan manajemen waktunya tidak bagus

12. Pilihlah satu kata yang tidak memiliki kesamaan karakteristik tertentu dengan tiga kata lainnya!

  • a. Amsterdam
  • b. New Delhi
  • c. Beijing
  • d. Sydney

13. Pilihlah kesimpulan yang paling tepat dari pernyataan-pernyataan berikut ini!

Binatang buas dapat membahayakan manusia

Sebagian koleksi kebun binatang MM berupa binatang buas

  • a. Sebagian hewan koleksi kebun binatang MM dapat membahayakan manusia
  • b. Sebagian hewan koleksi kebun binatang MM tidak membahayakan manusia
  • c. Sebagain yang tidak membahayakan manusia adalah binatang buas
  • d. Sebagian yang mebahayakan manusia bukan hewan koleksi kebun binatang MM
14. Seorang guru SM3T dari Jawa Barat ditugaskan mengajar di SMPN Satap Umandudu, NTT. Di lokasi yang sama dia berkawan dengan guru dari Aceh. Mereka sering bercakap-cakap dalam bahasa indonesia yang bercampur dengan kosakata bahasa sunda, melayu maupun sasak. Peristiwa tutur tersebut menunjukkan bahwa mereka sedang menerapkan dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai berikut ...
  • a. Kedudukan sebagai bahasa negara dan fungsi sebagai bahasa persatuan
  • b. kedudukan sebagai bahasa nasional dan fungsi sebagai bahasa persatuan
  • c. kedudukan sebagai bahasa negara dan fungsi sebagai sarana komunikasi antar suku
  • d. kedudukan sebagai bahasa nasional dan fungsi sebagai sarana komunikasi antar suku
15. Kurikulum 2013 memberikan banyak wawasan bagi guru bahasa Indonesia, diantaranya wawasan tentang pembelajaran berbasis teks. Namun, faktanya banyak persoalan dalam praktik pembelajaran guru dikelas sebagai akibat keterbatasan sosialisasi kurikulum dan kebaruan pendekatan pembelajaran bahasa berbasis teks. Guru belum memiliki pemahaman yang standar mengenai tatacara penyesuaian aktivitas peserta didik menggunakan pendekatan tersebut. Kebelumsesuaian tersebut menimbulkan kesenjangan yang berdampak langsung pada kepemilikan kompetensi peserta didik. Karena itu, diperlukan sosialisasi tambahan dan pendampingan yang memadai agar kurikulum 2013 dapat diterapkan sebaik-baiknya.

Simpulan isi teks tersebut adalah kurikulum 2013 ...
  • a. belum tersosialisasi secara memadai dilapangan
  • b. memerlukan sosialisasi tambahan dan pendampingan
  • c. memberikan wawasan baru dan banyak persoalan
  • d. menimbulkan kesenjangan kepemilikan kompetensi
16. Pilihlah kesimpulan yang paling tepat dari pernyataan-pernyataan yang tersedia pada setiap soal!
Jemaah haji asal negara BJ selalu memakai baju jubah dan penutup kepala
Jika jemaah haji memakai penutup kepala selalu memakai sorban di pundaknya
  • a. Jika jemaah haji tidak memakai jubah, maka pasti memakai sorban
  • b. Jika jemaah haji memakai penutup kepala, maka tidak memakai jubah
  • c. Jika jemaah haji tidak memakai penutup kepala, maka pasti tidak memakai jubah
  • d. Jika jemaah haji memakai sorban, maka pasti memakai jubah
17. Pilihlah satu kata yang tidak memiliki satu kesamaan karakteristik tertentu dengan tiga kata lainnya!
  • Dokter
  • Psikolog
  • Guru
  • Trainer
18. Dia sangat menyukai sayuran (a), terutama bayam (b) 
Hubungan kata yang bergaris bawah (a) dan (b) dalam kalimat diatas adalah ...
  • (a) merupakan hiponim dari (b)
  • (a) merupakan hipernim dari (b)
  • (a) merupakan perluasan dari (b)
  • (a) merupakan penyempitan dari (b)

Demikian Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG/UKG) SMP/MTs Bahasa Indonesia. Silahkan Bapak/Ibu bisa pelajari soal-soal tersebut. Semoga bermanfaat, Aamiin.

Post a Comment for "Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG/UKG) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia"