Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Siswa SD/MI/SMP/MTs/SMA Level 1- 6 Terbaru

Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Siswa SD/MI/SMP/MTs/SMA Level 1- 6 Terbaru

Cariduit-dot – Bagaimana sih bentuk soal AKM yang akan diujikan ke siswa apakah sama dengan soal-soal seperti Ujian Nasional? Bentuk soal AKM terdiri dari Pilihan Ganda (PG), Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian singkat dan Uraian. 

Ketentuan soal Pilihan Ganda, peserta didik hanya dapat memilih satu jawaban yang benar dalam satu soal. Pilihan Ganda Kompleks, peserta didik dapat memilih satu atau lebih jawaban yang benar dalam satu soal. Menjodohkan, peserta didik dapat menjawab dengan cara menarik garissatu titik ke titik lainnya yang dianggap cocok. Isian Singkat, peserta didik dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan kata benda, atau jawaban pasti yang lain. Adapun soal Uraian, peserta didik dapat menjawab dengan beberapa kalimat sebagai jawabannya.

Baca Juga: Contoh Soal AKM Guru

Apakah soal AKM untuk peminatan IPA, IPS, Bahasa dan Agama berbeda?

AKM mengukur kompetensi mendasar yang harus dipelajari oleh peserta didik tanpa membedakan peminatnya. Semua peserta didik akan mendapat soal dengan porsi yang sama. Salah satu kelebihan AKM itu adalah keunikan beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran dan peminatan.

Level Pembelajaran AKM Kelas 1 sampai Kelas 12

Soal AKM terdiri dari 3 (tiga) bentuk soal yaitu: Numerasi, Literasi Teks Fiksi dan Literasi Teks Informasi. Ketiga bentuk soal tersebut dibagi menjadi 6 level, yaitu:

  1. Level 1, kelas 1 - 2 (soal Numerasi, Literasi Teks Fiksi, Literasi Teks Informasi)
  2. Level 2, kelas 3 - 4 (soal Numerasi, Literasi Teks Fiksi, Literasi Teks Informasi)
  3. Level 3, kelas 5 – 6 (soal Numerasi, Literasi Teks Fiksi, Literasi Teks Informasi)
  4. Level 4, kelas 7- 8 (soal Numerasi, Literasi Teks Fiksi, Literasi Teks Informasi)
  5. Level 5, kelas 9 – 10 (soal Numerasi, Literasi Teks Fiksi, Literasi Teks Informasi)
  6. Level 6, kelas 11 – 12 (soal Teks Fiksi, Literasi Teks Informasi)

Kisi-Kisi Soal AKM SD, SMP, SMA 

📚 Level AKM SD/MI

Numerasi (Level Pembelajaran kelas 2 SD)

  • Memahami bilangan cacah
  • Memahami pecahan satuan sederhana
  • Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan.
  • Membandingkan dua bilangan cacah
  • Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah
  • Menentukan beberapa kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10.
  • Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran.
  • Mengenal balok dan kubus
  • Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter).
  • Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi (Al Jabar)
  • penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak)
  • Mengenali pola gambar atau objek.  

Literasi Teks Fiksi Level Pembelajaran 1-2 SD

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi.
  • Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (Memahami)
  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra (Menyusun Inferansi)
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra (Menyusun Inferansi)
  • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi (Mengevaluasi dan Merefleksi)

Literasi Teks Informasi Level Pembelajaran 1-2 SD

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi (Menemukan Informasi)
  • Mengidentifkasi topik atau fokus pembahasan pada teks informasi (memahami)
  • Menyimpulkan kejadian pada teks informasi sesuai jenjang (Menyusun inferensi)
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi
  • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi (Mengevaluasi dan merefleksi)


📚 Level AKM SMP/MTs 

Contoh Numerasi Level Pembelajaran 4 ( Kelas 8 )

  • Memahami bilangan cacah (Bilangan)
  • Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat menggunakan Teorema Pythagoras (Geometri dan Pengukuran)
  • Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan(balok, kubus, prisma segitiga, tabung, dan bentuk kompositnya)
  • Menyelesaikan pertaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel (Aljabar).
  • Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi obye (Relasi dan Fungsi)
  • Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya.
  • Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase (Rasio dan Proporsi).
  • Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus (data ketidak pastian)
  • Menghitung peluang kejadian sederhana.

Contoh Literasi Teks Fiksi Level Pembelajaran 4 ( Kelas 8 )

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi.
  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi.
  • Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra (Memahami teks secara literal)
  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra (Menyusun inferensi)
  • Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi.
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra.
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi (Mengevaluasi)
  • Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya (Merefleksi)


Contoh Literasi Informasi Level Pembelajaran 4 ( Kelas 8 SMP/MTs)

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi
  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi (mencari dan memilih informasi yang lebih relevan).
  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi (Menyusun Inferansi)
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi.
  • Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta) (Merefleksi)
  • Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual
  • Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya.


📚 Level AKM SMA

Literasi Teks Fiksi

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi
  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi (Mencari dan memilih informasi yang relevan).
  • Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra (Memahami).
  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra (Menyusun inferensi).
  • Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi.
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra.
  • Mengevaluasi penggunaan diksi dan majas (metafora, analogi, personifikasi) dalam teks sastra sesuai jenjangnya (Mengevaluasi dan merefleksi)
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi.
  • Menilai dan mengkritisi elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta otentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra.
  • Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya (merefleksi isi wacana). 

Literasi Teks Informasi

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi (Menemukan Informasi)
  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi (Mencari dan memilih informasi yang relevan).
  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi (Memahami Teks secara Literal).
  • Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi.
  • Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks (Mengevaluasi dan Merefleksi)
  • Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
  • Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi
  • Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya.
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi.
  • Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya (Merefleksi isi wacana)

Sumber: pusmenjar.kemdikbud.go.id

Download Contoh Soal AKM Siswa

Setelah mengetahui kisi-kisi soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari semua level pembelajaran mulai dar Level 1 sampai 6, anda bisa unduh beberapa contoh soal AKM baik jenjang SD, SMP maupun SMA. Berikut contoh soalnya:

  1. Contoh Soal AKM Numerasi Level 2 Kelas 4 SD/MI
  2. Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi dan Informasi Kelas 5/6 SD/MI
  3. Contoh Soal AKM Level SMP/MTs
  4. Contoh Soal AKM Level SMA/MA  
  5. Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Terbaru   
  6. Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi dan Informasi Level 6 Kelas 11 & 12 
  7. Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) IPA SMP/MTs   

Silahkan pelajari soal-soal tersebut sesuai dengan porsinya masing-masing. Peserta didik tak cukup belajar dan memahami sendiri dari contoh soal tersebut, akan tetapi harus tetap dalam bimbingan seorang guru. Jika anda masih bingung informasi lengkap tentang AKM, silahkan bisa baca dalam Panduan Tanya Jawab Lembar AKM.

Demikian contoh soal AKM yang bisa saya share, contoh ini bersumber dari situs pusmenjar.kemdikbud.go.id. Untuk mempelajari soal-soal AKM lebih lengkap silahkan bisa langsung membuka situs tersebut sebagai pusat panduan belajar AKM siswa dan guru. Silahkan share artikel ini dan semoga bermanfaat, Aamiin

Post a Comment for "Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Siswa SD/MI/SMP/MTs/SMA Level 1- 6 Terbaru"