Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Cariduit-dot -- Halo teman temanku kali ini saya akan kasih info terkait tempat kemping paling saya rekomendasikan, tempatnya dekat dan tentunya nyaman sekali terutama teman teman yang rumahnya di sekitar kota cimahi, kota bandung dan kab. Bandung barat.

Kita tau Kegiatan kemping bersama merupakan agenda rutin sekolah/madrasah yang setiap tahunnya dilaksanakan. Seperti kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS), kegiatan pelantikan pramuka, paskibra, acara pengukuhan anggota OSIS, dan lainnya. Tak terkecuali para mahasiswa yang kebetulan sedang menempuh pendidikan di Bandung Raya.

Di SD/MI, SMP/MTs, sma kegiatan kemping bersama merupakan program wajib terutama bagi siswa siswi yang baru masuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat menengah dan tingkat atas. Acara ini rutin dilaksanakan dengan tujuan melatih fisik dan mental siswa. Selain itu untuk menanamkan budaya disiplin, kerjasama dan gotong royong, mandiri, taat beribadah, tolong menolong, dan tahan banting terhadap situasi apapun ketika diberi ujian hidup.

Ada beberapa tempat camping paling saya rekomendasikan yang cocok untuk kegiatan sekolah di daerah Bandung raya dan sekitarnya. Bukan hanya untuk anak sekolah, Anda dan keluarga bisa mencobaya terutama jika hendak liburan ke Bandung.

Berikut beberapa tempat camping sekitar Bandung raya paling direkomendasikan:

1. CIC (Ciwangun Indah Camp)

Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Ciwangun Indah Camp (CIC) merupakan tempat camping yang sangat cocok untuk keluarga, siswa siswi sekolah, dan mahasiswa.  Beberapa lembaga pemerintah dan swasta selalu melaksanakan kegiatan camping dan pelatihan disini. Seperti dari TNI, pelatihan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBD) dan lainnya.

Bukan hanya sekedar tempat camping, CIC sudah dilengkapi wahana lain terutama kegiatan outbound, penginapan dan tempat camping yang luas.

Camping di CIC sangat saya rekomendasikan bagi teman-teman sekalian terutama kegiatan pendidikan. Tempatnya sangat luas dan beda dari yang lain. Berada di sebuah bukit sehingga anda harus naik melalui beberapa tahap tangga ke atas.

Ada beberapa blok yang disediakan mulai dari blok A paling bawah, blok B, blok C, blok D paling atas. Kapasitas per blok diperkirakan cukup 14 tenda doome kapasitas 10 orang. Bagaimana dengan kamar kandi? Per blok sudah disediakan kamar mandi plus toilet masing masing berjumlah 4 kamar. Maka, tak perlu repot cari kamar mandi bulak balik naik turun ke bawah.

Tempat Camping Favorit Daerah Bandung Raya
CIC (Ciwangun Indah Camp, Bandung Barat
Fasilitas lainnya adalah masjid besar yang bisa anda gunakan apabila ada kegiatan sholat tahajud berjamaah. Kegiatan ini saya sarankan di masjid saja agar lebih khusyu.

CIC merupakan pusatnya outbound dikawasan seluas 22 h dengan ketinggian 1100 m diatas permukaan laut. Disini terdapat kawasan bukit, tebing, lembah, gua, hutan, kebun the, taman, satwa, sungai, air terjun, mata air.

Untuk mengantisipasi hujan lebat, biasanya pengelola memberikan izin menggunakan gazebo bawah yang ada disekitar area camping CIC.

Tiket Masuk Camping CIC

Tiket masuk CIC murah banget kok dan sangat cocok dengan kantong anak sekolah. Tiket non paket camping (tidak termasuk tenda, listrik, lapak camping) sebesar Rp. 25.000/malam. Harga tersebut bisa diskon sesuai jumlah peserta. Nah untuk tiket paket sebesar Rp. 80.000 (sudah termasuk tenda, dan fasilitas lainnya).

Lokasi CIC Camping

Lokasinya sangat mudah dan strategis dan terjangkau oleh berbagai kendaraan. Baik dari arah Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi.

Bagaimana dari luar kota, seperti Jakarta, Banten, Bogor? Anda keluar dari pintu tol Baros, Cimahi, lalu menuju Alun alun Cimahi, masuk Jl. Kolonel Masturi yang ke arah Lembang. Dari pusat kota Cimahi kurang lebih 17 km

Daftar Paket Outbound CIC 2020
  1. Paket Outbound 1: Tiket Masuk, ice breaking, game 5 packs, flying fox, three in one, Saung  Rp. 110.000 
  2. Paket Outbound 2: Tiket Masuk, ice breaking, hiking tracks, fun games 5, flying fox, shaking bridge, three in one, semi team building, dan Saungaung Rp. 125.000 
  3. Paket Outbound 3: Tiket Masuk, welcome drink, ice breaking, hiking, shaking bridge, flying fox, Makan Siang, fun games, team building, snack traditional, dan Saung Rp. 250.000 
  4. Paket Menginap Komplit, Rp. 400.000 
  5. Paket Anak-Anak, Rp. 85.000 
  6. Paket Menginap & Outbound, Rp. 250.000 
  7. Paket Fun Game, Rp. 60.000 Paket Team Building, Rp. 85.000 
  8. Paket Camping: Tiket Masuk, area camping, Tenda, sleeping bag, Matras, Kayu Bakar, Cas Listrik, hiking/tracking, R. 85.000

Alamat lengkap CIC:
JL. Kolonel. Masturi/Jl. CIC Kp. Ciwangun RT 03 RW 15,  Desa Cihanjuang Rahayu Kec. Parongpong Kabupaten Bandung Barat 40053 0852-2103-8317

2. Punceling Pass

Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Selanjutnya, salah satu tempat camping paling Saya rekomendasikan adalah Punceling Pass, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Seiring berjalannya waktu, keberadaan tempat wisata yang satu ini semakin populer dikalangan traveller terutama para pelancong dari berbagai daerah untuk berwisata dilokasi ini.

Tidak hanya untuk sekedar berwisata, lebih dari itu Punceling Pass sangat cocok dan romantis untuk kegiatan camping. Biasanya banyak sekali acara camping sekolah yang dilaksanakan disini, atau hanya beberapa orang saja sengaja untuk menghilangkan penat suasana perkotaan. Camping didaerah dataran tinggi memang paling mengesankan dan menantang dibanding ditempat rendah yang cenderung cuacanya panas. Maka Punceling Pass, cocok sekali untuk kegiatan camping dalam mengisi waktu liburan Anda dan keluarga.

Lokasinya tidak jauh dari lereng Gunung Patuha terkadang tempat ini sering terlewatkan oleh wisatawan yang hendak berlibur.

Di tempat ini kita akan di manjakan dengan pemandian air panas yang mengalir langsung berasal dari Gunung Patuha kolam pemandianya sendiri alami dan terbuka layaknya dalam hutan. Maka anda juga tak perlu khawatir dengan dinginnya udara Ciwidey yang langsung menusuk kulit, karena tubuh bisa dihangatkan dengan secangkir air kopi dan kolam air hangat. Wahana lainnya terdapat kolam terapi ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Nah, bagi Anda dan keluarga atau dari sekolah yang ingin camping ke Punceling, tenang saja biayanya cukup murah kok hanya Rp. 15.000/orang. Jika camping dengan personil banyak yang pasti ada diskon kok, hehe.
Lokasi:

3. Ranch Cangkuang, Gambung



Menurutku inilah tempat camping paling bagus yang wajib Anda kunjungi di daerah Bandung. Diatas sudah saya rekomendasikan beberapa tempat camping paling asyik dan menyenangkan, tapi jika saya bandingkan dengan Gambung, maka Gambunglah pemenangnya.

Kenapa? Gambung itu tempatnya natural banget, sangat alami, jauh dari perkampungan, dikelilingi kebuh teh, tempatnya sangat luas, dan yang paling alami banget ialah Anda akan dimanjakan dengan sungai mengalir dihiasi bebatuan besar ciri khas alam pegunungan.

Nah, apa yang harus dipersiapkan sebelum wisata camping ke Gambung?

Yang jelas peralatan camping harus dipersipkan jangan sampai ada yang tertinggal dirumah. Jika tertinggal lumayan kok tempatnya jauh. Selanjutnya makanan juga harus cukup selama camping digambung.

Kapan Sebaiknya Camping di Gambung? 

Untuk kegiatan camping sekolah, sebaiknya dilaksanakan antara bulan Agustus sampai awal Nopember. Pada bulan tersebut biasanya belum masuk musim penghujan. Apabila sudah masuk musim penghujan, maka ditakutkan acara tidak berjalan sesuai rencana terutama fisik peserta camping. Namun, jika kemarau panjang dan belum masuk musim hujan volume sungai Gambung sedikit berkurang.

Tempat Camping Gambung paling cocok untuk kegiatan sekolah misal SMA, SMP, Perguruan Tinggi, TNI dan lainnya. Untuk anak SD Saya rasa Gambung terlalu jauh.

4. Paku Haji 50 

Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Tempat camping selanjutnya yang bagus untuk kegiatan perkemahan adalah Paku Haji. Jika ke Paku Haji silahkan Anda bisa memilih tempat campingnya apakah mau di Wisata Kuda Paku Haji atau Paku Haji 50 (PH50). Kedua-duanya cocok untuk kegiatan camping.

Tempatnya bagus dan luas untuk camping begitu juga dengan fasilitasnya lumayan lengkap. Namun ada yang kurang terutama air ketika camping musim kemarau. Biasanya debit air berkurang jika musim kemarau, kecuali jumlah pesertanya hanya 100 kebawah.

Paku Haji 50 cocok untuk kegiatan camping SD dan SMP. Bagaimana untuk mahasiswa? Saya rasa kurang pas saja, tapi berdasarkan pengalaman banyak juga mahasiswa yang melaksanakan kegiatan camping di Paku Haji.

Tarif Camping Paku Haji 50
  • Jumlah Peserta kurang dari 100 Orang, Rp. 15.000 per hari
  • Jumlah Peserta lebih dari 100 Orang, Rp. 12.500 per hari
  • Jumlah Peserta lebih dari 200 Orang, Rp. 10.000 per hari

Fasilitas
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Listrik 3.500 watt
  • Ruang Serba Guna
  • Taman Batu Kavling
  • Tempat Permainan
  • Tempat Parkir
  • Hutan Lindung
Lokasi: Jalan H. Gofur Km 04 No. 50 Paku Haji, Wisata Kuda Jalan Warung Liwet Paku Haji, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5. Wisata Kuda Paku Haji

Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Wisata Kuda Paku Haji Salah satu tempat camping recomendid berikutnya adalah Wisata Kuda Paku Haji. Wisata Kuda Paku Haji identik dengan wisata kudanya, selain itu terdapat beberapa wahana menarik lainnya, seperti tempat outbound, flying fox, area khusus tempat makan, kebun binatang, kolam renang dan lainnya.

Tak hanya itu, Paku Haji dilengkapi area Camping yang lumayan luas. Terdapat 2 area camping yang bisa Anda gunakan, yaitu blok A dan Blok B. Blok A letaknya dibawah, sedangkan blok b diatas.
Tempatnya cukup luas dan cocok untuk kegiatan camping siswa SMP/ MTs atau SD. Oleh karena itu setiap harinya selalu ada kegiatan camping terutama hari kamis sampai minggu.

Tempat camping tersebut dilengkapi dengan lampu penerangan yang sudah disediakan pengelola, kamar mandi berjumlah 8, musholla, gazebo, dan fasilitas lainnya.

Untuk tiket camping biasanya dibenderol biaya kurang lebih Rp. 25.000 per hari. Sebenarnya masih bisa nego dengan pengelola, apalagi peserta campingnya banyak.

Alamat Wisata Kuda Paku Haji: Jalan Haji Gofur No.Km. 4, RT 02 RW 10, Desa Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552 (022) 081322272623

6. Ranca Upas, Ciwidey

Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Tempat camping favorit lainnya yang ada di Bandung yaitu Ranca Upas. Menurutku inilah tempat camping paling pas, paling natural, paling keren untuk kegiatan perkemahan. Setiap hari Ranca Upas selalu didatangi wisatawan bukan hanya dari Bandung tapi dari luar kota. Camping dengan keluarga sangat cocok sekali terutama mengisi libur akhir pekan anda.

Tempatnya sangat luas sehingga bisa menampung ratusan tenda yang siap pasang. Kegiatan LDKS sekolah, kegiatan pramuka, kegiatan mahasiswa dan kegiatan sekolah lainnya paling cocok dilaksanakan disini. Salah satu kegiatan ritin yang selalu dilaksanakan Ranca Upas adalah Jambore Tingkat Nasional.

Kecuali yang tidak tahan udara dingin, saya harap jangan memaksakan. Ya karena udaranya sangat dingin sekali apalagi malam jam 2 pagi sangat menusuk hati, hehe. Ya itulah Ciwidey, tempat favorit wisatawan yang ada di Bandung

Jika Anda dan keluarga mau camping ke Ranca Upas kurang lebih 50 km dari pusat kota Bandung perjalan yang akan ada tempuh. Perkiraan 2 jam itu juga kalau lancar.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 HP. 0812 2345 6911

Itulah beberapa tempat camping favorit yang ada di Bandung Raya. Sebenarnya masih banyak tempat camping yang jauh lebih bagus terutama tempat-tempat yang masih alami sehingga kesan campingnya sangat terasa. Insya Allah tempat lainnya akan segera Saya update.

Post a Comment for "Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga"