Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan/Lafadz Niat Zakat Fitrah Bulan Ramadhan Untuk Sendiri dan Keluarga (Lengkap Arab dan Terjemahnya)

Cariduit-dot – Niat dipandang penting dalam beramal dan memang suatu keharusan. Apapun amalannya baik amaliyah duniawi apalagi ukhrawi maka niat akan menjadi pembeda apakah amal tersebut menjadi pahala atau tidak. Dengan niat pula seluruh aktivitas ibadah yang kita laksanakan akan diterima atau tidaknya oleh Alloh SWT. Apalagi amaliyah yang bersifat ta’abudiyah badaniyah (ibadah individu kepada Allah SWT) seperti sholat, zakat, puasa, pergi haji, mencari ilmu dan ibadah lainnya, maka wajib sekali selalu dibarengi niat.

Sebagaimana hadits yang diterima dari Abu Hafs ‘Umar bin Khattab radhiyalloohu’anhu, ia berkata, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

Artinya: “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits Rasulullah saw diatas menerangkan kepada kita betapa pentingnya niat dalam menjalankan berbagai macam aktivitas, baik dunia maupun ukhrawi. Pekerjaan dunia apabila dikerjakan dengan niat ikhlas maka akan menjadi pahala akhirat disisi Allah SWT. Apalagi ibadah seperti zakat fitrah yang sudah mutlak nash wajibnya dari Allah SWT. Niat yang ikhlas adalah bagian dari rukun diterimanya ibadah.

Salah satunya adalah kewajiban zakat fitrah. Karena zakat fitrah merupakan bentuk ibadah dan penghambaan kepada Allah, maka niat dalam zakat fitrah merupakan syarat syah paling utama. Untuk menjaga lupa dibwah ini beberapa bacaan niat zakat fitrah yang perlu Anda hafalkan.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap di Bulan Ramadhan


1. Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an nafsii fardhol lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri fardhu karena Allah Taala.”

2. Bacaan Niat Zakat Fitar Untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an zaujatii fardhol lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istri Saya fardhu karena Allah Taala.”

3. Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Laki-laki

 ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an waladii fardhol lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-laki Saya ……..(nama anak laki-laki pemberi zakat fitrah), fardhu karena Allah Taala.”

4. Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an bunyatii fardhol lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuan Saya ……..(nama anak perempuan pemberi zakat fitrah), fardhu karena Allah Taala.”

5. Niat Zakat Fitrah Bagi Diri Sendiri dan Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘annii wa ‘an jamii-i ma yalzimunii nafaqotuhum syar’an fardhon lillahi ta’alaa
Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri Saya dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggungan Saya fardhu karena Allah Taala.”

6. Bacaan Niat Zakat Fitrah Bagi Orang yang Diwakilkan


ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala
Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(nama orang yang diwakilkan), fardhu karena Allah Taala.”


Bacaan Doa Zakat Fitrah

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ واجعلنا من العاءدين والفاءزين

Aajarakalloohu fiimaa a'thoita wa baaroka fiimaa abqoitaa wa ja'alahu laka thohuuron waj’alnaa minal’aaidiin wal faaiziin

Artinya:
"Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan serta menjadikannya pembersih bagimu".

Download Bacaan/Lafaz Niat Zakat Fitrah (File JPG)

Bacaan Niat Zakat Fitrah

Nah, bacaan niat zakat fitrah diatas tidak hanya menjadi catatan dan cukup dilihat saja tapi perlu dihafal juga. Jika teman-teman membutuhkan file gambar bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap silahkan bisa unduh filenya disini.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Idul Fitri Sendiri dan Keluarag di Rumah

Hukum Niat dan Melafalkan Niat dalam Zakat Fitrah

Sebagaimana kutipan dari website konsultasisyariah.com tentang pentingnya niat dalam zakat fitrah. Terdapat beberapa fatwa ulama akan pentingnya niat.

Dalam fatwa Sabaqoh Islamiyyah, bimbingan Doktor Abdullah Al Faqih, “apa hukum orang yang menyerahkan sedekah dibulan ramadhan, tapi tidak dimaksudkan untuk sedekah zakat fitrah, akan tetapi hanya sedekah sebatas membantu orang yang membutuhkan?

Jawaban: Zakat Fitrah merupakan ibadah yang tidak sah kecuali dengan niat. Jadi orang yang hanya sedekah tapi tidak khusus niat sedekah zakat fitrah, maka sedekahnya tidak disebu zakat fitrah, hanya sedekah biasa. Menurut ijma ‘ulama karena sedekah tersebut tidak bisa menggantikan kedudukan zakat fitrah.

Baca Juga: Kadar atau Besaran Zakat Fitrah yang harus dikeluarkan

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa NIAT ZAKAT FITRAH meruapakan syarat sah diterimanya zakat fitrah. Karen niat merupakan perbuatan mulia dalam islam yang telah di contohkan Rasulullah saw.

Oleh karena itu amal tidak akan diterima kecuali dengan niat , dan tempatnya niat itu dalam hati. Sebagaimana pendapai Imam Nawawi dalam kitabnya, Al-Majmu’, bahwa jika seseorang berniat di dalam hatinya tanpa dilafalkan dengan lisannya maka amalnya sah, ulama menyepakati ini.

Sebaliknya, jika ada orang yang melafalkan niat dengan lisannya, yaitu niat untuk menunaikan zakat fitrah, namun hatinya tidak berniat maka hampir semua ulama mengatakan amalnya tidak sah.” (Nafahatul Atrh fil Ijabati ‘ala As’ilati Zakatil Fitri, no. 6)

Demikian Bacaan-bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap di bulan Ramadhan yang bisa Saya share. Lafal niat zakat fitrah tersebut bisa jadi panduan untuk pembayaran zakat fitrah. Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT dijauhkan dari segala dosa yang akhirnya kita akan kembali kepada predikat fitri atau suci, aamiin.

Tag:
  • Bacaan Niat Zakat Fitrah Arab Latin Lengkap
  • Bacaan Niat Zakat Fitrah Bulan Ramadhan Lengkap Terbaru
  • Bacaan Niat Zakat Fitrah Idul Fitri
  • Bacaan Lengkap Niat Zakat Fitrah Menghadapi Idul Fitri
  • Lafal-lafal Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab dan Terjemah
  • Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Sendiri dan Keluarga
  • Doa-doa Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri, Istri, Anak laki, Anak Perempuan dan Keluarga

Post a Comment for "Bacaan/Lafadz Niat Zakat Fitrah Bulan Ramadhan Untuk Sendiri dan Keluarga (Lengkap Arab dan Terjemahnya)"