Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Materi Pembelajaran Online ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom

cara menambahkan materi pelajaran online (daring) di Classroom

Cariduit-dot -- Momentum pandemi Covid-19 menjadi kesempatan bagi pengajar atau guru dimanapun berada untuk lebih memperdalam proses pembelajaran secara daring. Salah satu aplikasi pembelajaran online yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google Classroom. Dengan Classroom guru bisa mengelola kelas secara online salah satunya bagaimana cara menambahkan materi pembelajaran online ke halaman tugas kelas dan langsung terkoneksi ke siswa.

Materi pelajaran yang sudah Anda siapkan bisa berupa modul pembelajaran, video, silabus pembelajaran, presentasi berupa power point dan materi lainnya sesuai dengan jadwal dan pertemuan kegiatan belajar. Nah, materi-materi tersebut yang akan Anda posting di Google Classroom dan langsung terkirim ke siswa sebagai materi dan tugas kelas.

Untuk memudahkan daya serap dalam memahami materi yang guru berikan, sebaiknya guru mempersiapkan materi terlebih dahulu versi sendiri, simpel dan tentunya mudah dipahami siswa. Hindari overload materi apalagi materi yang menjenuhkan seperti berupa tulisan panjang.

Saat ini siswa lebih tertarik dengan materi berupa video, materi power point dan audio. Nah, jika memungkinkan maksimalkan tehnik dan media tersebut agar siswa semakin enjoy ketikan mengikuti jam pelajaran daring.

Sebelum ke topik utama bagaimana cara menambahkan materi dan tugas guru di Classroom, jika bapak/ibu guru masih kurang begitu paham bagaimana cara membuat kelas online di Google Classroom dan cara kerjanya, silahkan bisa baca beberapa artikel terkait Classroom dibawah ini.
  • Cara Membuat kelas online dengan Google Classroom
  • Cara Bergabung ke kelas sebagai siswa
  • Cara Membuat Absen Siswa Online (Daring) di Classroom
  • Cara Bergabung ke rapat video untuk pendidikan
  • Cara Menambahkan Materi Pembelajaran ke halaman tugas
  • Cara Membatalkan pendaftaran dari kelas
  • Cara Melihat informasi kelas
  • Cara Melihat kelas yang diarsipkan
  • Cara Melihat batas waktu dan acara di kalender
  • Cara Mengubah urutan kartu kelas
  • Memulai rapat video untuk pendidikan
  • Cara Menyalin kelas online di Classroom
  • Cara Melihat atau mengubah detail kelas
  • Cara Bergabung atau meninggalkan kelas sebagai rekan pengajar
  • Cara Menambahkan rekan guru atau pengajar ke kelas
  • Cara Menghapus siswa dari kelas
  • Cara Mengundang siswa ke kelas
  • Cara Menghapus rekan pengajar dari kelas
  • Cara Mengarsipkan atau menghapus kelas
  • Cara Menetapkan izin posting dan memberi komentar untuk siswa
  • Cara Mentransfer kepemilikan kelas

Dengan melihat materi seputar Google Classroom diatas ternyata masih banyak fitur-fitur classroom yang belum kita pelajari. Mudah-mudahan semua materi tersebut kita bisa pahami dan aplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar daring.

Cara Menambahkan Materi Pembelajaran Online di Classroom

Setelah guru membuat materi pembelajaran saatnya materi tersebut tugaskan ke siswa untuk dipelajari. Guru dituntut membuat materi dan tugas sesuai dengan jadwal tatap muka atau jadwal pembelajaran daring. Materi tersebut tentu berpatokan pada silabus pembelajaran dan RPP daring.

Cara menambahkan materi ke Classroom bisa Anda lakukan di komputer, HP, atau Iphone dengan cara yang sama kok gak berbeda jauh πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€Mari kita ukuti langkah-langkahnya dibawah ini:

πŸ“‘ Menambahkan Materi
  1. Login dengan akun email masing-masing, lalu buka Classroom. Untuk HP Aplikasi Classroom bisa diunduh di Playstore
  2. Lalu Klik Kelas >> Tugas Kelas (+)
  3. Selanjutnya, Klik Buat >> Pilih Materi
    Cara Menambahkan Materi Pelajaran Online ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom
  4. Masukan judul materi dan deskripsi materi. Contoh Judul: Materi 1 Bahasa Arab Tentang: Kata Ganti Orang (Dhomir). Lalu Deskripsi: 1. Silahkan adik adik pelajari materi yang bapa berikan lalu hafalkan materi tersebut. 2. Cari referensi lain yang berhubungan dengan materi yang bapa sampaikan!
    Cara Menambahkan Materi Pelajaran Online ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom
πŸ“‘ Menambahkan Lampiran Materi

Anda bisa menambahkan materi pembelajaran ke Classroom. Materi tersebut bisa berupa video, modul, power point dan lainnya. Fasilitas upload yang sudah disediakan yaitu upload Youtube, Google Drive, Link dan File. Untuk youtube berupa link youtube.

Caranya:
  1. Masih di materi Classroom. Selanjutnya Klik Tambhakan
    Cara Menambahkan Materi Pelajaran Online ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom
  2. Silahkan pilih sesuai materi yang telah Anda buat. Misalkan akan menambahkan materi dari youtube, maka upload via Youtube berupa video atau url.
    Cara Menambahkan Materi Pelajaran Online ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom
  3. Jika akan menambahkan materi berupa file atau link, maka pilih Drive atau link


πŸ“‘ Mengirim Materi ke Siswa

Setelah Anda membuat materi dan upload materi selanjutnya memposting materi ke siswa. Materi tersebut bisa kirim langsung ke satu atau beberapa kelas sesuai jadwal pelajaran daring yang telah dibuat. Sebaiknya guru memberikan materi sesuai dengan hari, tanggal dan jamnya.

Cara Mengirim materi ke siswa:
  1. Cari menu kirim disebelah kanan atas
  2. Pada menu Kirim, pilih beberapa opsi yang sudah tersedia.
  3. Jika Materi dan tugas akan langsung diberikan ke siswa, maka pilih opsi kirim langsung. Sebaliknya apabila materi dan tugas untuk beberapa hari kedepan, maka pilih opsi jadwalkan. Pada opsi jadwalkan silahkan tentukan tanggal dan waktunya. Terakhir opsi Draft. Opsi ini hanya berupa draft materi yang belum dikirim atau dijadwalkan.
  4. Selanjutnya, pada poin "UNTUK" pilih kelas mana saja yang akan diberikan materi. Disini kita bisa memberikan materi ke 40 atau 100 siswa secara langsung dengan syarat siswa tersebut sudah dikelompokkan berdasarkan kelas.
    cara mengirim materi di Classroom
Catatan jumlah materi:
  • Anda tidak dapat memposting ke siswa tertentu di lebih dari satu kelas. Postingan untuk lebih dari satu kelas akan dibagikan ke semua siswa yang ada di kelas.
  • Memposting ke siswa tertentu. Secara default, materi diposting ke semua siswa yang ada di kelas. Anda dapat memposting materi ke siswa tertentu. Namun, jika ada lebih dari satu kelas yang dicakup, Anda tidak dapat memposting ke siswa tertentu. Anda juga tidak dapat memposting ke lebih dari 100 siswa tertentu sekaligus.

πŸ“‘ Membuat Topik Materi

Salah satu fungsi topik materi adalah untuk memudahkan dan mengelompokkan materi yang sudah Anda buat yang didalamnya terdapat sub materi dari materi pokok. Dalam struktur blog materi mirip seperti label blog. Ilustrasinya seperti ini:

Materi: Matriks
Sub Materi:
  • Pengertian matriks dan vector
  • Kesamaan matriks dan kesamaan vector
  • Bentuk bentuk khas matriks
  • Pengubahan matriks
  • Matriks bersekat
  • Determinan matriks
  • Adjoin matriks
  • Penerapan matriks
Nah, sub materi tersebut merupakan materi pembelajaran yang akan kita sampaikan ke siswa melalui upload data Google Classroom.

Cara Membuat Topik Materi:
  1. Pada menu KIRIM, cari opsi topik
  2. Jika topik telah dibuat, pilih judul topik materi sesuai topiknya
  3. Apabila topik materi belum dibuat, silahkan tulis sesuai topik pembahasan materi. Lihat gambar:
    cara membuat topik dan sub topik google classroom

πŸ“‘ Menambahkan Tugas Guru untuk Siswa

Satu hal paling penting dalam proses belajar mengajar daring via Classroom adalah menambahkan tugas ke siswa. Cara ini dilakukan setelah guru memberikan materi pembelajaran lalu memberikan tugas siswa. Sebenarnya guru bisa langsung memberikan materi + tugas langsung kesiswa secara bersamaan. Bagaimana caranya? ikuti panduannya dibawah ini:
  1. Masuk Classroom
  2. Pilih menu "tugas kelas"
  3. Selanjutnya pilih" tugas" silahkan isi nama tugas dan deskripsinya kemudian upload materi dan tugas kelas via komputer atau media yang sudah anda siapkan seperti video, dll.
  4. Klik "posting" untuk dibagikan kesiswa
  5. Tunggu respon dari siswa

Demikian materi tentang Cara Menambahkan Materi Pembelajaran Online ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom. Apakah materi ini bermanfaat, jika bermanfaat silahkan share ya ke teman-teman. Kita bersambung dimateri berikutnya masih seputar google classroom.

Terima kasih semoga bermanfaat, Aamiin.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Materi Pembelajaran Online ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom"