Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Paling Mudah Menghapus Kelas Online di Google Classroom (Untuk Pengajar)

Cara Paling Mudah Menghapus Kelas Online di Google Classroom (Untuk Pengajar)

Cariduit-dot -- Bingung mau menghapus kelas online di Google Classroom? Caranya sangat mudah dan simpel. Berbagai alasan guru mau menghapus kelas online yang sudah dibuat di Classroom sebelumnya, salah satunya mungkin saja kelas online tersebut terbengkalai dan sudah tidak digunakan lagi. Terutama kelas yang tidak ada data siswa didalamnya. Atau mungkin saja kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA yang sudah keluar dan lulus disekolah tersebut. Dengan cara menghapus kelas yang sudah tidak aktif di Classroom, guru lebih leluasa lagi membuat kelas baru setelah tahun ajaran baru.

Sebenarnya bisa saja kelas-kelas yang sudah dibuat pengajar tersebut diarsipkan. Jika data kelas masih ada dan masih aktif dalam proses belajar mengajar. Caranya guru cukup mengarsipkan kelas yang sudah tidak aktif dengan setting arsipkan di Classroom.

Setelah selesai mengajar kelas, guru bisa mengarsikannya. Jika diarsipkan, kelas akan diarsipkan untuk semua siswa dan guru yang menjadi anggota di kelas tersebut. Jika tidak diarsipkan, siswa dan pengajar di kelas akan tetap dapat melihat di halaman Classroom.

Ketika kelas diarsipkan:
  • Kelas akan ditempatkan di area terpisah (bukan dihalaman utama Classroom). Materi dan tugas siswa serta postingan tetap tersimpan namun tak akan terlihat dengan kelas yang aktif
  • Semua materi dan tugas serta tugas-tugas siswa yang telah dikirim ke guru via Classroom masih tersimpan di Google Drive
  • Kalender kelas yang berada di Classroom tetap aktif sampai Anda menghapus permanen kelas tersebut
  • Untuk menggunakan kembali kelas yang diarsipkan, bisa dilakukan dengan cara memulihkan kelas. Caranya: buka Classroom > Pilih menu Classroom (tanda baris tiga) > Scroll kebawah lalu pilih kelas yang diarsipkan > Pilih kelas yang akan dipulihkan dengan cara klik titik tiga di kelas > Klik Pulihkan > ada notif " Pulihkan Kelas Penjas? Anda dan siswa akan dapat berinteraksi lagi dengan kelas ini > Maka Kelas akan ditampilkan di "Kelas" dan menu Kelas.

Baca Juga:

Guru juga dapat memulihkan kembali kelas yang diarsipkan jika ingin menggunakannya lagi, atau menghapusnya jika Anda tidak akan menggunakannya lagi. Untuk menghapus kelas, Anda terlebih dahulu perlu mengarsipkannya. Menghapus kelas online di Classroom hanya bisa dilakukan oleh pengajar utama atau yang memiliki akun Classroom. Rekan guru dan siswa tidak bisa mengarsipkan kemudian menghapus kelas tersebut.

Cara Menghapus Kelas Online di Google Classroom
  1. Login ke Classroom dengan akun email
  2. Setelah masuk Classroom, klik menu Classroom (tanda tiga baris)
    cara menghapus kelas online di classroom
  3. Kemudian pilih kelas. Maka akan muncul beberapa kelas yang sudah dibuat sebelumnya.
    cara menghapus kelas online di classroom
  4. Pilih kelas yang akan di arsipkan terlebih dahulu (belum proses menghapus kelas). Caranya klik tanda "titik tiga" di kelas. Kemudian pilih arsip
    cara menghapus kelas online di classroom
  5. Akan ada notifikasi: "Kelas yang diarsipkan tidak dapat diperbarui, kecuali memulihkannya" File akan tetap tersimpan di Google Drive Anda". Silahkan klik "Arsipkan"
    cara menghapus kelas online di classroom
  6. Selanjutnya kembali dan klik menu kelas "tanda tiga baris". Cari kebagian bawah dan Pilih "Kelas yang diarsipkan"
    cara menghapus kelas online di classroom
  7. Silahkan jika Anda sudah yakin akan menghapus kelas tersebut, klik hapus.
    cara menghapus kelas online di classroom
  8. Selesai menghapus kelas, maka otomatis kelas akan terhapus termasuk data siswa yang ada dalam kelas tersebut.

Demikian cara menghapus Kelas Online di Google Classroom (Untuk Pengajar). Mudah bukan! Sangat mudah dan simpel. Materi-materi lainnya terkait tutor Classroom silahkan bisa buka di menu realated post dibawah atau di beberapa link yang terdapat pada artikel. Terima kasih semoga bermanfaat, Aamiin.

Post a Comment for "Cara Paling Mudah Menghapus Kelas Online di Google Classroom (Untuk Pengajar)"