Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghasilkan Uang Online dari Youtube Puluhan Hingga Ratusan Juta Per Bulan (Update 2020)

cara cari uang online dari youtube update terbaru 2020
image:pixabay.com

Cariduit-dot -- Halo sahabat bisnis, bertemu lagi dengan Saya disini untuk membahas seputar dunia bisnis online yang semakin di lirik kalangan masyarakat karena prospeknya benar-benar menggiurkan untuk masa depan. Nah, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi informasi menarik kepada Anda semua tentang cara mudah mencari uang online dari Youtube yang tentunya sudah banyak diterapkan oleh masyarakat di Indonesia.

Contoh saja sekarang ini, tidak sedikit artis yang memiliki channel youtube karena dirasa lebih menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan, youtuber terkenal seperti Baim wong, Rafi Ahmad, Jess No Limit, penghasilan mereka bisa sampai ratusan juta hingga milyaran rupiah dalam sebulan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense Melalui Blog

Menggiurkan bukan? Sayangnya, membuat channel youtube dan berkembang dengan pesat itu tidak mudah dilakukan dan butuh sekali perjuangan serta kerja keras yang maksimal.

Nah, artikel ini kami buat secara rinci untuk membantu Anda dalam membuat channel youtube yang sukses dan menghasilkan uang setiap bulannya. Biar tidak semakin penasaran, berikut ini adalah persiapan dan langkah-langkah mencari uang online dari Youtube.

Persiapan Membuat Channel Youtube Yang Menarik

Artikel seperti ini sebenarnya sudah banyak dibahas secara umum oleh blogger di Internet, sayangnya tidak semua informasi yang ada bisa diterapkan dan mudah di pahami pembaca. Kami sebisa mungkin memberikan penjelasan kepada Anda yang lebih detail agar pembuatan channel youtube benar-benar bisa menghasilkan di kemudian hari.

Langsung saja kita mulai persiapannya dari poin pertama. 

1. Tentukan konsep channel youtube Anda dengan baik

Langkah pertama yang harus dilakukan disini adalah membuat konsep untuk channel youtube Anda. Channel youtube ini adalah tempat dimana seluruh video yang akan Anda buat berada, secara sistematis seperti sebuah website yang mana di dalamnya ada banyak konten artikel, kalau di youtube maka semua isinya adalah video yang Anda buat. Konsep channel youtube inilah yang menentukan kesuksesaan Anda di masa mendatang.

  • Buatlah channel sesuai dengan passion maupun hobi yang sering Anda lakukan. Contoh, kalau suka bermain games maka jangan ragu untuk membuat channel tentang gaming, jika Anda suka menyanyi silahkan buat channel cover lagu dan masih banyak lagi konsep lainnya. Intinya, carilah konsep yang benar-benar unik dan menunjukkan ciri khas dari diri Anda sendiri.
  • Pertimbangkan juga minat dari penonton youtube, terkadang banyak orang yang suka dengan beberapa channel yang membahas tentang komedi, prank, review, tutorial dan lain sebagainya. Coba cari peluang yang tepat, namun harus disesuaikan juga dengan kemampuan Anda dalam membiuat video kedepannya.
  • Deskripsi channel youtube juga harus menunjukkan ciri khas sendiri, jangan menggunakan desain yang biasa, cobalah buat seunik mungkin.
  • Tentukan nama channel yang mudah di ingat penonton, unik dan tidak terlalu absurt. Menentukan nama channel memang gampang-gampang susah, Anda harus mencari nama yang belum pernah di pakai orang lain di video mereka, mungkin bisa pakai bahasa yang sedikit lucu + aneh, namun jangan terlalu absurt.

2. Mulai buat video pertama Anda dengan durasi yang tepat

Video perdana merupakan awal dimana kesuksesaan youtube dimasa depan, impresi dari penonton di youtube ketika melihat video pertama Anda sudah takjub, secara tidak langsung tanpa meminta subscribe dan like, mereka dengan sendirinya akan mengikuti Anda.

Inilah yang dinamakan kekuatan konten menjadi segalanya, baik dari konten video dan konten untuk website. Anda bisa membuat video dengan berbagai peralatan yang ada. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang seringkali digunakan seorang youtuber dalam membuat video.
  • Kamera DSLR, Kamera Handphone atau kamera digital
  • Microfone + Audio
  • Gimbal / Stabilizer
  • Laptop + Aplikasi desain video ( Adobe premier, Movie maker dan Filmora )
  • Lighting atau pencahayaan
  • Skenario + Alat peraga lainnya

Perhatikan juga dalam membuat video youtube tetap melihat durasi waktu, biasanya penonton akan mudah sekali bosan dengan durasi waktu yang terlalu panjang. Minimal sekitar 5 menit – 10 menit sebenarnya sudah sangat cukup untuk sebuah video youtube, tergantung juga dari jenis konten yang Anda buat sebenarnya.

Setidaknya Anda harus bisa memposisikan diri juga sebagai penonton, dengan durasi video yang panjang dan isi konten, apakah penonton masih betah atau tidak. Ini perlu di pikirkan dengan baik, sehingga kualitas video Anda benar-benar maksimal.

Jangan lupakan juga untuk cara pengambilan gambar ketika membuat video, pusatkan pada hal-hal yang dianggap penting dan jangan terlalu banyak bertele-tele, ini akan membuat penonton cepat boring.

3. Usahakan mempromosikan video dengan Google Ads

Karena disini kita baru pertama kali membuat sebuah video youtube, jelas cukup sulit untuk mendatangkan penonton dan subscriber.  Namun Anda bisa menggunakan cara lain agar video Anda ditonton banyak orang, manfaatkan youtube ads dengan sistem berbayar, biasanya youtuber di Indonesia juga menggunakan cara ini untuk mendapatkan banyak penonton.

Meskipun berbayar, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yaitu viewer dan subscriber. Menarik bukan ? Cara lain mempromosikan video tanpa berbayar bisa dengan sosial media, berbagi ke teman melalui IG dan Whatsapp.

4. Kaitkan Youtube dengan program Google Adsense

Banyak pemula yang belum memahami cara kerja channel youtube bisa menghasilkan uang, mereka bertanya-tanya kenapa youtuber selalu mendapatkan uang dari video yang mereka buat.

Jawabannya tentu ada dipoint ke 4 ini. Anda bisa mengaitkan atau menghubungkan channel dengan google adsense, yang mana merupakan program periklanan daring yang membantu para pembuatan konten untuk mendaptkan reward dari google.

Hanya saja sebelum Anda menghubungkan channel youtube ke google adsense, perhatikan dahulu syarat dan ketentuannya. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan sebelum gabung dengan Google Adsense.
  • Youtube sudah harus memiliki minimal 1000 subscriber
  • Jumlah tayangan di video harus 4000 jam
  • Jumlah video setidaknya sudah 30 an di channel Anda
  • Channel tidak boleh mengandung konten sara, pornografi, rasis dan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebijakan komunitas Youtube.
Jika keempat point tersebut sudah terpenuhi, tentu peluang bekerjasama dengan pengiklan melalui Google AdSense sangat terbuka lebar. Tugas Anda selanjutnya adalah mengoptimalkan konten video youtube Anda.

Untuk pemula bukan perkara mudah mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang video perlu kerja keras dan kesabaran. Solusinya buatlah konten yang beda dari yang lain dan sajian menarik sehingga penonton semakin penasaran.

5. Optimasi Video Youtube secara Organik

Sama halnya sebuah website/blog ketika ingin dinilai baik oleh google, maka harus mendatangkan pengunjung secara organik. Pengunjung organik adalah pengunjung yang secara langsung mencari di mesin pencari Google tanpa perantara media sosial seperti facebook, whatsapp dan lainnya.

Sama halnya jika Anda bermain youtube, pengunjung organik merupakan target utama ketika membuat konten youtube. Karakteristik pengunjung organik selalu melihat konten video terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk mensusbscribe atau jadi pengikut setia video yang Anda buat. Dengan konten yang kurang baik jangan harap video akan ramai.

Berikut beberapa optimasi youtube organik yang bisa diterapkan:
  1. Buatlah video dengan keyword
  2. Selalu optimasi judul dan deskripsi
  3. Buat thumbnail menarik 
  4. Ajak para pengunjung untuk berkomentar
  5. Gunakan link konfirmasi subscriber

Nah itulah cara mudah membangun bisnis online dari channel youtube, mudah bukan ? Yuk mulai bisnis online sekarang.

Post a Comment for "Cara Menghasilkan Uang Online dari Youtube Puluhan Hingga Ratusan Juta Per Bulan (Update 2020)"