Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Google AdSense Blog Terbaru 2020

cara mendapatkan uang dari google adsense melalui blog

Cariduit-dot – Kali saya akan berbagi tips dan pengalaman bagaimana cara mendapatkan uang dari Google AdSense melalui Blog. Cara ini merupakan pengalaman saya selama ini mulai dari membangun blog, kemudian optimasi blog dan monetisasi blog dengan program periklanan terbesar didunia, yaitu Google AdSense. Alhasil, alhamdulillah sudah bisa merasakan manisnya gajian perbulan dari AdSense walau nominalnya masih fluktuatif tidak sebesar para pemilik blog sultan atau youtuber sultan yang mendapatkan uang per bulan puluhan hingga ratusan juta rupiah. 

Dalam pembahasan materi saya tuangkan dengan bahasa sederhana, mudah dicerna dan tentunya beberapa tips jitu bagaimana cara mendapatkan uang online via AdSense dan Blog. Dengan bahasa dan pembahasan yang sederhana saya yakin teman-teman akan mudah mencerna dan mengaplikasikan secara langsung. Untuk itu, artikel ini cocok bagi pemula yang mau terjun dan ingin mengenal lebih dalam dunia bisnis online.

Bagaimana dengan profesi dan latar belakang saya yang masih gaptek dengan dunia online ?

Tak jadi masalah, yang penting ada niat dan keinginan, insyaAllah dengan artikel yang sedang anda baca justru akan termotivasi dan terjun langsung untuk mencoba. Apapun profesinya, baik itu guru di sekolah, pegawai swasta, ibu rumah tangga, pegawai negeri sipil, pedagang, petani, guru ngaji, siswa SMP, SMA, Mahasiswa dan profesi lainnya – dengan membaca artikel ini disamping membuka cakrawala dunia online dan internet maka semakin terbuka lebar untuk segera mencobanya.

Appun profesi anda saat ini ternyata semakin banyak peluang mendapatkan income tambahan dari dunia internet. Saya katakan uang dari AdSense ini hanyalah fasif income atau penghasilan tambahan saja disamping penghasilan utama selama ini.

Apakah memang benar dan bisa dibuktikan bahwa hanya dengan satu blog/website saja bisa mendapatkan uang setiap hari dan gajian tiap bulan? Benar ko, cara ini bukan tipu-tipu dan sama sekali tidak menggunakan cara-cara yang tidak dibenarkan. Mendapatkan uang dari AdSense melalui blog adalah reel dan bisa dibuktikan oleh saya sendiri.   

Disaat pandemi Covid-19 seharusnya di jadikan kesempatan dan peluang bagaiamana mendapatkan uang tambahan dari internet melalui Google AdSense dan Blog. Berbagai macam cara mendapatkan penghasilan dari bisnis online yang bisa anda lakukan saat ini. Jika saat ini anda sedang memegang HP, maka HP tersebut bisa anda jadikan fasilitas untuk mencari uang seperti menjadi reseller produk, menjual pulsa online dari rumah, buat vlog streaming, membuat konten video nyanyi, menjadi selegram dan menjadi blogger dengan blog.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Cari Uang Lewat HP di Internet dengan Cepat dan Modal Kecil 

Namun disini saya tidak akan menjelaskan cara mendapatkan uang dari HP, tapi bagaimana cara mendapatkan uang dari AdSense dan HP hanya fasilitas saja. Tak banyak syarat sih, yang penting anda punya keinginan kuat, belajar maksimal ditambah fasilitas yang sudah ada seperti HP dan Komputer/Laptop.

Sebelum saya sajikan bahasan utama cara mendapatkan uang dari AdSense melalui Blog, sedikit saya jelaskan terlebih dahulu apa itu Google AdSense dan kenapa mendapatkan uang harus dengan Google AdSense, padahal masih banyak model periklanan mirip adsense dan bisa menghasilkan uang -- atau cariduit dengan berbisnis online lain. 

Sebenarnya tujuan utama membuat blog itu bukan sekedar cari pendapatan dari AdSense saja. Ada tujuan lain yang lebih penting yaitu share ilmu dan pengalaman. Menurutku sebuah tujuan mulia dan penuh berkah walaupun anda hanya memiliki sedikit ilmu tapi diamalkan. 

Ketika anda share ilmu via blog, maka tak ada salahnya blog tersebut anda jadikan peluang untuk mendulang pendapatan pasif income melalui Google AdSense. Satu sisi kita bisa berbuat kebajikan melalui berbagi ilmu, disisi lain keberkahan selalu datang tiba-tiba dari Allah SWT melalui rezeki yang Allah SWT berikan kepada anda via Blog dan AdSense.

Apa itu AdSense?

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui internet yang diselenggarakan Google. Jika anda memiliki situs blog/web atau konten video seperti Youtube maka diperbolehkan memasang unit iklan dengan syarat dan kebijakan yang telah diatur pihak Google AdSense. Bagi pemilik blog maka pendapatannya berdasarkan bagi hasil dari Google untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung dengan sistem bayar per klik atau PPC (Pay Per Click).

Contoh simpelnya seperti ini: Jika dalam satu hari blog anda dikunjungi 4000 visitor (pengunjung) kemudian pada halaman blog, user mengklik iklan sebanyak 500 klik valid -- dengan rasio harga per klik iklan sebesar Rp. 500,- (lima ratus rupiah), maka penghasilan anda dalam satu hari: 500 x Rp. 500,-= Rp. 250.000,-. Dalam satu bulan Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah). Inilah pasif income dari Google AdSense 💪

Bagaimana dengan pendapatan Youtube? 

Dalam youtub ada istilah Biaya Per Seribu dan Biaya Per Klik. Biaya per seribu tayangan adalah uang yang dihasilkan per 1000 tayangan (view) video anda. Harga per 1000 tayang kurang lebih sebesar 2 USD atau Rp. 30.000,-. Jika dalam satu hari video youtube anda ditonton mencapai 30.000 tayangan berarti: 30.000 x 30 = Rp. 900.000 (sembilan ratus ribu rupiah) pendapatan per hari. Maka dalam satu bulan anda bisa menghasilkan uang Rp. 2.700.000,-

Harga per 1000 tersebut adalah kisaran harga BPS Amerika. Bagaimana dengan harga BPS Indonesia, saya kira lebih rendah. Perkiraan BPS Youtube Indonesia sebesar 0.5 USD.

Tak ada angka dan aturan yang pasti bagaimana cara Google AdSense membayar channel youtube anda karena besar kecil CPC dan BPS nya juga selalu berubah. Banyak faktor kok yang mempengaruhinya.

Nah, itulah gambaran sekilas bagaimana anda mendapatkan uang dari AdSense melalui situs blog dan channel youtube. Kok besar juga ya penghasilan dari blog dan youtube! Anda mulai tertarik? 

Untuk itu jangan kemana-mana, mari kita bahasa secara lengkap bagaimana cara mendapatkan uang dari Google AdSense melalui Blog lengkap serta pembahasan dari A sampai Z hanya di Cariduit-dot.

CARA MENDAPATKAN UANG DARI ADSENSE MELALUI BLOG

Secara garis besar, ada 3 (tiga) tahapan penting yang harus anda lakukan agar blog kita benar-benar produktif dan menghasilkan uang. Dari ketiga tahap tersebut ada beberapa sub materi utama serta turunannya. Dimohon anda tetap disini dan membaca artikel ini sampai tuntas 😀😀😀.

  • Tahap Pertama; Menentukan Niche Blog
  • Tahap Kedua: Membuat Blog serta Optimasi SEO Blog
  • Tahap Ketiga: Monetisasi Blog


TAHAP 1: MENENTUKAN NICHE/TOPIK BLOG

Sebelum membuat blog, hal penting yang harus dipersiapkan adalah menentukan niche blog. Niche blog berkaitan dengan topik pembahasan utama dalam sebuah blog. Berbagai macam topik blog yang bisa anda pilih seperti blog yang khusus membahas seputar pendidikan, internet, seputar blog, komputer, pertanian, burung, industri, perbankan, kesehatan, properti dan topik-topik lainnya

Pilihlah topik tersebut sesuai dengan basic keilmuan dan kemampuan anda dalam menulis, meramu serta mengembangkan sebuah artikel yang bermanfaat bagi umum. Dalam menentukan topik blog ada 2 (dua) istilah umum yang kita kenal saat ini, yaitu: Pertama, Blog Micro Niche dan yang kedua adalah Blog Macro Niche.

Baca Juga: Cara Meningkatkan CPC Blog Indo dan Gado-gado

Pertama: Blog Micro Niche

Micro Niche adalah blog yang hanya membahas satu topik saja sehingga artikelnya hanya akan membahas seputar topik itu saja. Misalkan anda cari di Google situs Winpoin. Situs ini hampir 90 % kontennya membahas seputar Windows. Bisa anda cek juga menu header Winpoin hanya menampilkan menu-menu yang ada kaitannya dengan Windows. 

Setelah saya cek ranking Alexa, Winpoin ternyata berada di ranking 5000 (Ranking Global). Pantas lah situs ini selalu tampil pada halaman muka Google karena terus kosisten dengan satu topik. Bagaimana dengan penghasilannya? Ya pasti besar kok…

Contoh lain sebuah blog gratis dengan platform blogspot, ainamulyana.blogspot.com. Blog ini tidak memakai domain berbayar (TLD), blog ini murni gratis tapi anda bisa cek jumlah pengunjungnya dalam sehari bisa mencapai puluhan ribu visitor. Blog ini khusus membahas seputar pendidikan saja. Ranking Alexa global berada di urutan 38.000. Artinya, selama 24 jam blog ini tak pernah sepi pengunjung. Coba tebak berapa pendapatan perharinya? 

Anda suka burung? Ada kok blog yang membahas seputar burung, nama situsnya OM KICAU. Blog ini referensi terpercaya seputar burung. Jarang-jarang kok ada blog yang membahas seputar burung, unik juga hehe. Traffik pengunjung harian dari jam 07.00 pagi sampai jam 15.00 sore saja sudah disesaki 10.000 pengunjung sehingga penghasilan dari AdSennya juga mencapai puluhan juta per bulan.

Masih banyak blog yang membahasa seputar topik tertentu (Micro Niche) yang bisa anda cek langsung di mesin penelusuran Google. Kelebihan blog dengan tema micro niche harga CPC Google AdSense relatif besar.

Kedua: blog dengan topik Macro Niche

Blog ini lebih familiar dengan sebutan blog gado-gado. Karena namanya juga gado-gado maka topik yang dibahas tidak sebatas satu topik saja namun berisi beberapa topik yang mungkin masih relevan dengan deskripsi blognya. Kelebihan blog gado-gado adalah anda bisa menulis artikel apa saja yang sekiranya bermanfaat dan banyak dibaca sehingga ide menulis artikel tidak akan sampai kehabisan. Kekurangannya, nilai CPC Google AdSense sedikit rendah.

Salah satu blog dengan tema macro niche yang cukup populer adalah Mastimon.com. Blog ini tak hanya membahas dunia blogging saja, namun membahas beberapa materi yang di luar topik utama. Blog ini banyak sekali pengunjungnya, dalam 1 hari saja mencapai puluhan ribu pengunjung. 

Selanjutnya ada blog Cariduit-dot. Topik dan pembahasan utama blog ini sebenarnya dunia bisnis online maupun offline tapi ternyata pembahasannya tak cuman itu saja. Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan blog micro niche dan macro niche saatnya anda tentukan sekarang mana yang akan anda pilih.

Melihat Potensi Penghasilan

Setelah anda pastikan memilih blog dengan tema micro niche atau macro niche saatnya melihat peluang dan potensi paling menguntungkan dalam mendulang pundi-pundi rupiah. Segera buat dan tentukan judul blog serta deskripsinya. 

Kenapa harus melihat peluang yang paling menguntungkan?

Begini, jika saat ini anda akan membuat blog, kira-kira hanya sekedar hobi menulis saja, ngasal atau bener-bener serius bahwa blog tersebut ingin lebih produktif salah satunya satunya mendapatkan penghasilan?

Jika serius, buatlah blog berharga tinggi. Blog berharga tinggi disini maksudnya peluang mendapatkan uang jauh lebih besar. Untuk mengetahui blog berharga tinggi maka pilihlah topik berharga tinggi juga.

Alasannya kenapa? 

Karena blog yang anda buat ada kaitannya dengan Google AdSense. Sehingga anda bisa menentukan konten yang dibayar mahal dengan konten yang dibayar rendah karena memang permintaan AdSense.

Google AdSense akan menghargai konten yang berkualitas walaupun membuat konten tersebut membutuhkan waktu, pikiran dan kejelian dalam meramu dan menyajikannya. Jaminan dari AdSense bahwa jutaan pengiklan akan bersaing mendapatkan ruang iklan blog anda. Artinya, bahwa lebih banyak uang, lebih banyak iklan yang relevan dan lebih banyak ruang iklan yang terisi. (Tim AdSense)

Bagaimana cara melihat peluang penghasilan besar dari Google AdSense?

  • Silahkan anda kunjungi link berikut ini: https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/
  • Setelah terbuka, pilih Wilayah. Misalkan negara Asia Fasifik termasuk Indonesia.
  • Selanjutnya pilih kategori. Disini anda tentukan kategori apa yang akan dipilih. Misalkan pilih topik “Pekerjaan dan Pendidikan” lalu klik Hitung. Nah berapa kira-kira penghasilan anda dalam satu tahun jika yang dibahas topik pendidikan!.
  • Maka akan tampil hasil penelusuran kata kunci “Pekerjaan dan Pendidikan” serta penghasilannya dalam satu tahun dengan jumlah kunjungan halaman per bulan 50.000 pengunjung. Maka estimasi penghasilannya sebesar $5.922. Jika dirupiahkan dengan kurs rupiah 15.000 kurang lebih Rp. 88.850.403,- Angka tersebut bisa jadi lebih besar atau berkurang tergantung jumlah pengunjung dalam satu bulan.

Berikut ini daftar Niche/Konten Artikel Berharga Tinggi serta perbandingan potensi penghasilan Google AdSense dalam satu tahun dengan estimasi jumlah pengunjung halaman 50.00 per bulan pada tahun 2020:

  • Pekerjaan & Pendidikan >> 50.000/bulan $ 5.922
  • Belanja >> 50.000/bulan $ 6.642
  • Berita  >> 50.000/bulan $ 3.432
  • Bisnis & Industri  >> 50.000/bulan $ 6.558
  • Buku & Sastra  >> 50.000/bulan $ 2.418
  • Game  >> 50.000/bulan    $ 4.410
  • Hewan Pelihataan dan Binatang  >> 50.000/bulan $ 7.680
  • Hobi & Waktu Luang  >> 50.000/bulan  $ 6.456
  • Hukum & Pemerintahan  >> 50.000/bulan $ 5.820
  • Internet & Telekomunikasi  >> 50.000/bulan $ 7.128
  • Kecantikan & Kebugaran  >> 50.000/bulan $ 10.158
  • Kesehatan    50.000/bulan >> $ 10.980
  • Kuangan  >> 50.000/bulan $ 12.708
  • Komputer & Elektronik  >> 50.000/bulan $ 5.430
  • Komunitas Online  >> 50.000/bulan $ 4.428
  • Makanan & Minuman  >> 50.000/bulan $ 6.762
  • Olahraga  >> 50.000/bulan $ 5.724
  • Otomotif & Kendaraan  >> 50.000/bulan $ 6.540
  • Perjalanan  >> 50.000/bulan $ 6.474
  • Properti  >> 50.000/bulan $ 9.114
  • Referensi  >> 50.000/bulan $ 6.228
  • Rumah & Taman >> 50.000/bulan $ 12.588
  • Sains  >> 50.000/bulan $ 4.926
  • Seni & Hiburan  >> 50.000/bulan $ 4.338
  • Tokoh & Masyarakat  >> 50.000/bulan $ 5.322


Nah, setelah anda melihat tabel potensi penghasilan dari berbagai macam topik atau konten diatas, menunjukan bahwa konten paling mahal yang berpotensi mendapatkan uang lebih besar dari AdSense yaitu topic kecantikan, keuangan, kesehatan, rumah & taman, property, hewan, internet & telekomunikasi, bisnis & industry, makanan & minuman dan perjalanan. Beberapa konten menengah kebawah diantaranya pendidikan, game dan hukum pemerintahan.

Bagaimana jika blog yang saya buat topiknya tidak sesuai daftar diatas? 

Boleh-boleh saja yang penting konten tersebut ada kaitannya dengan topik tersebut. Gak usah kaku dengan tabel diatas ko -- karena bisa saja berubah setiap saat. Hari ini konten property dibayar mahal, dua atau tiga bulan kedepan tak mustahil konten pendidikan lebih mahal.

Setelah anda yakin dan sudah menentukan judul serta topic blog, saatnya buat kerangka blog. Dalam membuat kerangka blog hal terpenting adalah membuat label serta beberapa judul artikel berdasarkan label atau kategori. Contohnya seperti ini:

  • Judul Blog: Seputar Tekno
  • Label/Kategori: Android, Komputer, Operating System, Hardware, Software
  • Artikel: Buatlah artikel-artikel tentang Android, Komputer, OS, dan lainnya berdasarkan label yang sudah dibuat

Selesai tahap pertama, kita lanjut pada tahap kedua yaitu membuat Blog di blogspot.com. Sekali lagi artikel ini hanya sekedar curat coret saja dan cerita pengalaman saya sebagai pemula.
 

TAHAP 2: MEMBUAT BLOG

Apa itu Blog? Blog merupakan aplikasi web yang didalamnya memuat tulisan-tulisan sebagai postingan halaman yang dimuat pada halaman web. Situs blog ini bisa diakses melalui internet secara online oleh siapapun dan darimanapun pengunjungnya. Salah satu fungsi blog diantaranya sebagai catatan harian personal, media sharing ilmu dan berbagi pengalaman. Blog juga berfungsi sebagai wadah silaturahmi antara pemilik dan para pengunjungnya. Nah blog seperti ini reputasinya baik dimata Google.

Apakah membuat Blog itu gratis atau berbayar? 

Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Tapi jangan salah, blog gratisan juga bisa dapatkan uang bahkan reputasi di Google juga sangat baik, kuncinya nanti ada pada artikel dan konten yang berkualitas.

Sebelum membuat blog, ada 2 (dua) platform terbaik membuat blog saat ini, yaitu Blogger dan Wordpress. Kedua platform ini paling saya rekomendasikan, alasannya karena jaminan keamanan serta daya dukung lainnya. Yuk kita intip keduanya … 

Blogger 

Platform Blogger sangat popular dan banyak digunakan di Indonesia, termasuk saya. Platform Blogger merupakan produk asli Google yang paling mudah digunakan dan sudah terintegrasi dengan Google AdSense dalam bentuk layanan iklan serta Google Analytic sebagai layanan dalam melihat performa traffic blog.

Jika anda membuat blog dengan platform blogger maka akan mendapatkan sub domain blogspot.com dengan fasilitas gratis. Syaratnya hanya dengan email yang sudah anda buat sebelumnya. Contoh subdomain blog: https://bisnisbusanamslim.blogspot.com/. Contoh domain berbayar atau Top Level Domain (TLD): https://bisnisbusanamuslim.com/

WordPress

Mohon maaf artikel kali ini Saya tidak akan menjelaskan cara monetisasi AdSense melalui Wordress, insya Allah akan saya bahas pada materi khusus.


1. Membuat Blog Terbaru 2020

Ok kita langsung saja sekarang buat blognya, ikuti caranya dibawah ini:

  • Kunjungi situs Blogger, disini: https://www.blogger.com/about/?bpli=1
  • Silahkan klik buat blog serta login untuk masuk ke blogger dengan akun email
    Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense dengan Blog


  • Pilih nama untuk blog anda. Silahkan isi pada judul
    Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense dengan Blog

  • Pilih URL untuk blog anda, silahkan tulis nama url sesuai dengan judul/topic anda. Cek dulu apakah tersedia atau tidak urlnya, misalkan:atributsekolah.blogspot.com. lalu klik simpan.
    Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense dengan Blog


  • Konfirmasikan nama panggilan blog. Isi dengan nama blog
    Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense dengan Blog


  • Blog selesai dibuat. Maka tampil menu tampilan utama blog anda


2. Optimasi SEO On Page Blog

Dalam ilmu SEO Blog ada 2 (dua) cara optimasi blog yang harus dilakukan, yaitu SEO On page dan SEO off page. Nah, apa itu SEO? Jika saya terjemahkan dengan bahasa yang sederhana, SEO adalah cara mengoptimalkan sebuah blog/website. Contohnya, bagaimana agar blog diindex (dibaca) mesin pencari Google, bagaimana cara agar artikel tampil di halaman pertama Google, bagaimana cara agar ranking blog tinggi dan tehnik lainnya, itulah SEO Blog.

Berarti SEO on page adalah cara mengoptimalkan halaman dan konten web/blog untuk mesin pencari. Tujuan dasar SEO tentunya agar popularitas blog baik dimata mesin pencari dan tampil di halaman pertama Google. Popularitas serta tampil dihalaman pertama Google merupakan dambaan pemilik blog/website karena disinilah kunci utama dalam medapatkan income. 

Beberapa teknik SEO On page akan saya jelaskan secara ringkas dibawah ini. Yuk kita cek apa saja, berikut penjelasannya:

Riset Keyword

Kenapa riset keyword (pencarian kata kunci) saya tempatkan paling awal? 

Karena anda akan membuat konten berkualitas, mengetahui peta persaingan dan mendapatkan keuntungan besar secara finansial. Apalagi anda akan terjun kedunia bisnis online dimana saingannya begitu ketat. Begitupun sebuah konten yang anda tulis di blog harus berdasarkan riset keyword. Dengan riset keyword anda akan menemukan kata kunci yang sedang dicari dan berharga tinggi.

Riset kata kunci dalam dunia SEO sangat erat kaitannya dengan Google AdSense. Jika anda menulis artikel tentang Properti kemudian riset keyword, maka peluang mendapatkan uang yang lebih besar sangat terbuka lebar, kenapa? Karena harga artikel tersebut relatif mahal. Sebagaimana yang sudah saya tulis beberapa konten dengan bayaran mahal pada daftaran diatas.  

Bagimana cara mencari kata kunci paling mudah ?

Silahkan buka Google, lalu ketik kata kunci yang anda cari, misalkan “Covid 19” maka akan muncul beberapa keyword turunan ke samping dan ke bawah. Selanjutnya berapa jumlah pencarian dalam /sekian detik, jika mencapai jutaan dalam pencarian kata kunci tersebut banyak dicari dengan CPC AdSense lumayan tinggi.

Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense dengan Blog

Cara riset keyword yang biasa saya lakukan dengan memakai tool ubersuggest. Tool ini bisa anda gunakan secara gratis dan hanya cukup login memakai email saja. 

Cara riset keyword dengan ubersuggest 2020:

  1. Login ubersuggest dengan akun email (Sign in with google)
  2. Pada menu utama, pilih keyword idea. Selanjutnya tuliskan kata kunci yang anda cari, misalkan “cara mendapatkan uang dari AdSense”.
    Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense dengan Blog

  3. Maka tampil kata kunci utama dan turunannya. Silahkan download kata kunci tersebut untuk dijadikan judul artikel serta sub judulnya.
  4. Terdapat 4 info penting dalam keyword ideas. Volume, seberapa besar pencarian dalam satu bulan. CPC, biaya yang dikeluarkan untuk setiap satu klik iklan. Paid Difficulty (PD), tingkat kompetisi google adwords. SEO difficulty (SD), tingkat kompetisi untuk kata kunci.

Saran saya jika anda membuat artikel di blog baru, cari kata kunci dengan SD dibawah nilai 40, alasannya tingkat persaingan kata kunci tersebut rendah dan ada peluang artikel tampil dihalaman pertama Google.  

Buat Judul konten paling menarik?

Setelah riset keyword dan dapatkan ide beberapa kata kunci, selanjutnya membuat judul konten artikel. Judul sebuah artikel sangat penting anda perhatikan, tak cukup dengan kata kunci dalam judul, namun judul juga harus menarik sehingga para pembaca timbul rasa penasaran ingin membaca konten anda. Inilah karakteristik judul artikel berita. Bagaimana dengan karakter artikel SEO?

Karakter judul artikel blog tak perlu anda tulis dengan kata-kata menarik dan timbul rasa penasaran, cukup dengan menuliskan kata kunci utama karena pada dasarnya pengunjung blog itu sedang mencari apa yang dibutuhkan.

Beberapa tips dalam membuat judul artikel blog yang bisa anda pelajari, seperti:

  1. Meletakan kata kunci pada kalimat pertama. Contoh: Cara Membuat Blog Paling Mudah, 10 Cara paling Mudah Membuat Blog, Tips dan Trik Membuat Blog Paling Mudah. Dari ketiga kata kunci tersebut mana yang akan anda pilih!
  2. Cari kata kunci yang paling banyak dicari dan diminati pengunjung
  3. Gunakan long tail keyword.

Permalink sederhana

Salah satu tehnik SEO on page yang harus anda optimasi adalah permalink. Buatlah permalink sederhana yang penting mengandung kata kunci. Contoh permalink sederhana: https://cariduit-dot.blogspot.com/2015/10/cari-duit-halal-di-internet.html

Kata kunci yang ditarget adalah “cari duit di internet” sedangkan dalam judul artikel bisa ditambahkan kata lain yang ada kaitannya dengan permalink. Contohnya: Cari duit di internet tanpa modal besar alias gratis 

Apa itu permalink? Permalink adalah link (URL) permanen yang mengarah pada postingan blog. Sebaiknya ketika membuat permalink, kata kunci tersebut jangan terputus. Car membuat permalink sangat mudah, anda bisa lihat tutor lengkapnya dibawah ini:

Baca Juga: Cara Membuat Permalink Postingan Artikel SEO Friendly

Tambahkan gambar dan video serta optimasi

Saat ini algoritma Google dalam pengenalan gambar sudah semakin canggih. Anda tak perlu melakukan optimasi gambar seperti menambahkan alt text, tittle text, kemudian memasukan kata kunci pada gambar tersebut. Apakah cara-cara ini tidak tepat? Ya benar juga, karena cara tersebut sampai saat ini selalu saya terapkan dalam optimasi gambar. Intinya saat menambahkan gambar pada postingan blog, buatlah gambar yang ada kaitannya dengan artikel.

Beberapa cara optimasi gambar seperti: Memberikan nama gambar sesuai dengan kata kunci, Isi deskripsi gambar (alt text dan tittle text), Kompress gambar secara online, silahkan lakukan disini, Format gambar berupa PNG atau JEPG (PNG lebih direkomendasikan)

Gunakan Heading dan Sub Heading

Apa itu Heading dan Sub Heading? Heading dan Sub heading adalah teknik SEO untuk menyusun Judul dan sub judul pada sebuah artikel. Untuk menentukan heading dan sub heading bisa anda lakukan langsung di menu heading halaman blog saat membuat artikel.

Caranya: masuk ke halaman postingan blog, kemudian cari menu heading dan sub heading. Berikut ini struktur heading dan sub heading lengkap pada tampilan blog terbaru 2020:

  • Judul Utama
  • Judul
  • Sub Judul
  • Judul Kecil
  • Paragraf
  • Normal

Tehnik ini bisa anda gunakan atau sebaliknya terutama untuk meningkatkan kualitas SEO halaman blog anda. Jika tidak digunakan, gak apa-apa kok karena tidak terlalu signifikan dalam mempengaruhi peringkat halaman.

Template responsive dan past loading

Bagi anda yang baru saja membuat blog agar tampilan dan template lebeih SEO dan past loading, sebaiknya ganti dengan template premium. Salah satu template terbaik untuk blog dan monetisasi AdSense adalah template VioMagz. Jika berminat bisa anda baca terlebih dahulu kelebihan berikut harganya, DISINI.

Salah satu faktor utama agar blog bisa tampil dihalaman pertama Google dipengaruhi oleh template yang sudah di optimasi SEO dan past loading. Template yang responsive adalah template yang bisa beradaptasi di berbagai perangkat, seperti komputer dan HP.

  • Buat Outbond link
  • Maksimalkan internal link
  • Jumlah kata konten
  • Share media social


3.  Otimasi SEO Off page

  • Mencari Backlink (segera update)
  • Mempromosikan Blog (segera update)


TAHAP 3: MONETISASI BLOG DENGAN ADSENSE 

Setelah anda menentukan Niche (topik) blog, membuat blog dan optimasi blog baik optimasi SEO on page maupun off page, tahapan berikutnya adalah monetisasi blog. Monetisasi adalah cara agar blog tersebut mendapatkan keuntungan.

Membuat blog itu tidak hanya sekedar hobi, tapi harus produktif. Salah satu blog yang produktif sudah barang tentu blog tersebut mendapatkan keuntungan/penghasilan. Keuntungan dari blog bisa didapatkan dalam berbagai macam cara seperti:

  • Monetisasi blog dalam bentuk kerjasama melalui program afiliasi
  • Monetisasi blog dengan pasang iklan Google AdSense
  • Monetisasi blog dengan menyewakan ruang iklan
  • Mengiklankan sebuah produk tertentu
  • Endorsement


Anda bisa memilih salah satu program monetisasi yang cocok dan tentunya menghasilkan keuntungan besar. Salah satu program monetisasi paling banyak diminati pemilik situs web/blog saat ini adalah program periklanan dari Googe AdSense.

Namun, tak semudah yang kita bayangkan bisa bekerjasama dengan Google AdSense. Ada beberapa syarat yang harus ditempuh oleh pemilik blog seperti:

  • Anda harus mempunyai blog walaupun blog gratis,
  • Optimasi blog dengan SEO On page dan Off page seperti yang sudah saya jelaskan dalam pembahasan sebelumnya,
  • Konsisten menulis artikel berkualitas, dan lolos plagiat
  • Umur blog setidaknya 6 sampai 1 tahunan
  • Mendatangkan traffik
  • dan mematuhi seluruh kebijakan Google AdSense
Itulah beberapa syarat yang harus anda tempuh jika ingin kerjasama dengan AdSense disetujui dan berjalan lancar. Sebenarnya ada tips dan trik agar blog cepat diterima Google AdSense.

Caranya cukup mudah dan saya yakin teman-teman bisa melakukannya, yang paling penting selalu patuhi kebijakan AdSense. Anda bisa cek TOS AdSense terbaru 2020 disitus resminya. Salah satu  aturan dan kebijakan AdSense yang harus anda perhatikan adalah tidak diperbolehkan membuat konten bermuatan sara, kekerasan, pornografi dan plagiat content.

Sebelumnya saya sudah jelaskan diatas cara optimasi  Blog dan rahasia artikel SEO. Nah, cara tersebut merupakan syarat dan tips jitu agar blog diterima Google AdSense. Disini saya tidak akan menjelaskan secara detail satu persatu tips dan triknya. Lebih lengkapnya silahkan bisa anda baca artikel cara jitu diterima Google AdSense dibawah ini.

Cara Daftar Google AdSense Blog Terbaru 2020

Sebelum daftar Google AdSense silahkan periksa kembali apakah blog sudah memenuhi syarat atau belum? Jika belum memenuhi syarat, segera perbaiki kekurangannya dari sekarang. Usahakan jangan terburu-buru yang paling penting terus konsisten menulis artikel dan lakukan optimasi SEO.

Apabila sudah yakin bahwa blog anda  sudah memenuhi syarat AdSense, silahkan daftarkan sekarang juga. Cara daftarnya lihat panduannya dibawah ini:

Cara Daftar Google AdSense Lengkap dengan Gambar:

  1. Kunjungi akun AdSense disini
  2. Setelah terbuka halaman utama situs AdSense, silahkan klik “Mulai”
    cara mendapatkan uang dari Google AdSense dengan Blog terbaru 2020

  3. Silahkan masukan nama url situs dan alamat email. Contoh alamat situs: https://madinatuna.blogspot.com/. Lalu klik simpan dan lanjutkan 
    cara mendapatkan uang dari Google AdSense dengan Blog terbaru 2020


  4. Google AdSense mengkonfirmasi bahwa url situs anda adalah ….., lalu klik “lanjutkan ke blogger”
    cara mendapatkan uang dari Google AdSense dengan Blog terbaru 2020


  5. Masuk ke menu blogger. Pilih menu “setelan” lalu pilih “Bahasa dan pemformatan”. Silahkan ubah format bahasa indonesia ke Bahasa Inggris (Inggris Raya) English (United Kingdom) lalu klik “Simpan Setelan” silahkan refresh blog anda
    cara mendapatkan uang dari Google AdSense dengan Blog terbaru 2020

  6. Masih di menu utama blogger. Pilih menu “$Penghasilan”. Kemudian klik “Daftar ke AdSense”.
    cara mendapatkan uang dari Google AdSense dengan Blog terbaru 2020


  7. Masuk kembali via akun email anda yang sudah didaftarkan diawal tadi. Selanjutnya silahkan centang beberapa pertanyaan seperti “Dapatkan lebih banyak manfaat dari AdSense”, kemudian pilih wilayah/ negara Indonesia, lalu ceklis Ya, Saya setuju persyaratan dana ketentuan AdSense. Klik “BUAT AKUN”
    cara mendapatkan uang dari Google AdSense dengan Blog terbaru 2020

  8. Pada Akun AdSense, isi dengan Nama Lengkap sesuai KTP, Alamat Lengkap (Wajib diisi), Kota, Provinsi, Kode Pos dan Nomor Telepon (Opsional), Lalu klik “KIRIM”
    cara mendapatkan uang dari Google AdSense dengan Blog terbaru 2020

  9. Selesai kirim data, tunggu beberapa hari diterima atau tidaknya blog oleh Google AdSense. Biasanya kurang lebih satu minggu bahkan bisa lebih cepat. Tahapan ini disebut tahap review blog.

Apabila diterima sebagai program partner AdSense ada beberapa tahapan berikutnya yang harus anda lakukan. Tahapan tersebut selalu ada informasi update dari AdSense melalui email. Beberapa tahapan yang tak boleh anda lewatkan seperti verifikasi Bank, verifikasi alamat dengan kartu identitas semisal KTP, SIM dan verifikasi PIN dari Google AdSense.

Baca Juga: Cara Verifikasi Rekening Bank Google AdSense

Selesai verifikasi PIN maka pendapatan blog anda dari Google AdSense akan segera dikirimkan via rekening Bank dengan nominal minimal $100 penghasilan per bulannya. Jika dirupiahkan senilai Rp. 1.300.000,-. Bagaimana jika kurang dari $100, penghasilan ditambahkan pada bulan berikutnya.

Kesimpulan

Cara mendapatkan uang dari Google AdSense melalui blog tidak semudah yang dibayangkan selalu membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Dibutuhkan kesabaran, konsisten dan tentunya ilmu seputar dunia blog dan adsense. Namun tak ada salahnya walaupun anda pemula segera untuk memulainya sekarang juga dan jauhkan kata terlambat. 

Untuk memulainya anda bisa membaca tuntas artikel ini mulai dari tahap pertama hingga tahap ketiga. Dengan demikian sedikit ada gambaran yang anda dapatkan sebagai bahan dasar cara memulai bisnis online atau mendapatkan uang dari AdSense via blog. Banyak cara mendapatkan uang via internet yang bisa anda coba selain Google AdSense. Artikelnya bisa anda baca disini.

Silahkan share artikel ini melalui media sosial semoga bermanfaat, Aamiin

Tag:

  • Cara Mendapatkan Uang dari Adsense Blog di Blogspot
  • Cara Menadaptkan Uang dari Google AdSense melalui Blog
  • cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula
  • contoh blog yang menghasilkan uang dengan Cepat
  • cara menghasilkan uang dari blog google adsense
  • cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal
  • cara menghasilkan uang dari blog 2020 Hingga Ratusan Juta Rupiah
  • syarat blog bisa menghasilkan uang
  • cara mengambil uang dari blog
  • Cara Monetisasi Blog dengan Google AdSense Terbaru 2020

2 comments for "Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Google AdSense Blog Terbaru 2020 "

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya