Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Windows Defender, Antivirus Terbaik untuk Proteksi Windows 7,8,10 Secara Maksimal

Windows Defender Antivirus Terbaik untuk Windows 2020

Cariduit-dot – Jika selama ini anda menggunakan Windows sebagai sistem operasi utama PC dan Laptop, pasti sudah sangat familiar dengan Windows Defender. Atau sama sekali belum pernah dengar apa itu Windows Defender –  padahal sehari-hari anda bergelut dengan Windows, baik Windows 7, 8 Vista bahkan Windows 10 saat ini. Windows Defender merupakan aplikasi proteksi keamanan Windows dari serangan virus dan malware yang sudah terintegrasi dengan Windows.

Windows Defender sebelumnya tidak sepopuler beberapa antivirus yang sudah beredar dipasaran seperti AVG, Avast, Avira, Eset, Nod-32, Kaspersky, Bitdefender, Norton, McAfee, Smadav, Panda Antivirus dan lainnya. Namun jangan ragu dengan kemampuan proteksi Windows Defender ini. Alasannya apa? Ya karena merupakan produk Microsoft yang sudah terintegrasi dengan Windows, bahkan beberapa fitur keamanan selalu diperbarui sampai sekarang.

Mengenal Windows Defender 

Microsoft SpyWare, atau saat ini dikenal dengan Windows Defender merupakan perangkat lunak (software) produksi Micrososft untuk melindungi sistem operasi Windows dari perangkat pengintai (SpyWare). SpyWare ini sangat berbahaya bagi kemanan komputer online, karena program ini dirancang masuk ke sebuah sistem untuk mencuri data pengguna kemudian data-data tersebut dikumpulkan kepada pembuatnya. Biasanya masuk melalui aplikasi-aplikasi beriklan. Untuk menangkal SpyWare maka Windows Defender jaminan keamanannya, walaupun 100% tak menjamin aman dari SpyWare.

Windows Defender atau sekarang dikenal dengan Windows Security adalah bagian dari Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Karena semakin berkembangnya virus-virus baru yang senantiasa mengintai komputer maupun android, maka Windows Defender selalu memperbarui dengan fitur terbarukan dalam menjamin kemaman Windows. Fitur apa saja yang tertanam pada Windows Defender? Yuk kita cek dibawah ini.

Fitur Windows Defender

Tak hanya perlindungan dari virus, Windows Defender disertai Windows Defender Firewall dengan keamanan tingkat lanjut. Kemudian perlindungan phishing yang sudah terintegrasi secara default dengan Microsoft Edge dan Internet Explorer.

Windows Defender memiliki real time scanning virus. Fitur ini fungsinya sacnning langsung file-file yang mencurigakan dimana Windows Defender langsung aktif memberikan notifikasi kepada user untuk melakukan scan dan menghapusnya.

Kelebihahan Windows Defender

  • Membersihkan virus secara maksimal bila dibandingkan dengan anti virus lainnya
  • Setelah membersihkan virus, Windows Defender akan melakukan restart secara otomatis jika menemukan virus berbahaya. Dengan melakukan restart maka virus bisa dibersihkan secara sempurna.
  • Real time protection seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Jika ada file berbahaya maka langsung dihapus.
  • Jika diinstall dengan antivirus lain, kinerja komputer cukup stabil dan tidak terlalu lemot. Mungkin berbeda dengan komputer yang anda gunakan saat ini. Tergantung spesifikasinya juga
  • Sudah terintegrasi dengan Windows 10 untuk saat ini. Jadi tak perlu lagi install secara manual.
  • Setting update otomatis dan update berkala. Syaratnya agar keamanan lebih terjamin gunakan Windows lisensi resmi ya jangan bajakan, hehe.


Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

  • Klik Start Windows dan pilih pengaturan/Settings, lalu silahkan klik
  • Pada tampilan menu Settings, pilih Update & Security
  • Selanjutnya pada menu Home (sebelah kanan) pilih “Windows Security” lalu klik “Virus threat protection dan pilih “Manage Settings”
  • Silahkan aktifkan beberapa fitur Windows Defender mulai dari: Realtime Protection, Cloud Delivered Protection, Automatic Sample Submission dan Temper Protection. Selamat Windows Defender sudah diaktifkan
  • Bagaimana jika ingin menon aktifkan Windows Defender. Caranya sangat mudah cukup hilangkan centang fitur-fitur yang sudah diaktifkan sebelumnya pada langkah nomor 4.


Bagaimana cara cek update Windows Defender?

  1. Klik Start Windows dan pilih pengaturan/Settings, lalu silahkan klik
  2. Pada tampilan menu Settings, pilih Update & Security
  3. Selanjutnya pada menu Home (sebelah kanan) pilih “ Windows Security” lalu klik “Virus threat protection dan pilih “Check For Updates”


Tunggu beberapa saat Windows Defender sedang cek update. Selesai cek update akan ada notifikasi belum dan sudahnya di update. Jika sudah update maka tampil versi update terakhir:  

Update Windows Defender Terakhir

  • Security Intelligence Version: 1.323.1456.0
  • Version Created On: 9/19/2020 7:47 AM
  • Last Update: 9/19/2020 4:25 PM

Apakah Windows Defender Masih Kuat untuk Pertahanan Windows di tahun 2020?

Windows Defender meruapakan antivirus gratis yang sudah terintegrasi dengan Windows. Yang pasti saya tidak menjamin 100% komputer anda aman dari macam virus canggih saat ini seperti malware. Maka untuk pertahahan pertama saya kira Windows Defender bisa anda manfaatkan. Karena Windows Defender bisa disandingkan dengan antivirus lain maka tak ada salahnya coba manfaatkan antirus semisal Avast, Smadav, Eset dan lainnya.

Sebaiknya untuk keamanan sempurna gunakan keamanan lapisan kedua dengan antivirus premium. Jika sama keduanya versi free maka sangat rentan kebobolan juga.

Saya kutip dari situs https://id.safetydetectives.com:

"Selama pengujian yang saya lakukan, Windows Defender gagal memblokir sejumlah program jahat agar tidak berjalan. Juga, dia tidak dilengkapi fitur tambahan yang menurut saya penting untuk keamanan data lengkap, seperti VPN terpadu. Walaupun Defender bagus, saat ini saya tidak akan mempercayainya untuk sepenuhnya melindungi PC saya".

Silahkan anda bisa simpulakn sendiri ya hehe...

Sekian informasi dan artikel tentang salah satu Antivirus Free Full Versi terbaik, Windows Defender. Keamanan komputer dan android harus benar-benar terjamin terutama dari ancaman malware dan virus yang setiap saat dapat merusak data penting anda.

Post a Comment for "Windows Defender, Antivirus Terbaik untuk Proteksi Windows 7,8,10 Secara Maksimal"