Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Malware Berbahaya Bagi PC/Laptop dan HP yang Perlu Anda Ketahui

4 Jenis Malware Berbahaya Bagi PC/Laptop dan HP yang Perlu Anda Ketahui

Cariduit-dot – Perkembangan teknologi informatika dan dunia digital saat ini begitu pesat diseluruh penjuru dunia tak terkecuali di indonesia. Hampir separo penduduk bumi sudah ketergantungan dengan teknologi tersebut. Bahkan Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna internet kategori tinggi di dunia. Sebagaimana saya kutip dari Kumparan, bahwa hasil riset yang dirilis pada bulan Januari 2020, menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 175,4 juta orang.

Dengan jumlah angka fantastis tersebut mayoritas menggunakan HP sebagai alat komunikasi utama dan tentunya berselancar di internet dengan segala keperluannya. Sisanya menggunakan PC dan laptop sebagai fasilitas utama untuk berselancar didunia ghaib internet. Dengan Teknologi internet faktanya memudahkan kita untuki mencari segala hal yang kita inginkan saat ini karena hampir seluruh aktivitas sehari hari sudah tidak bisa lepas dari digital, seperti transaksi, jual beli, belajar dan kegiatan lainnya.

Namun, tahukah Anda bahwa jika seluruh aktivitas dunia internet cukup berbahaya juga terutama dari serangan virus malware yang secara tiba-tiba menyerang data anda baik itu di HP maupun komputer.

Apa Itu Malware?

Malware adalah sejenis program komputer untuk tujuan kejahatan terutama mencari kelemahan software atau aplikasi yang ada di perangkat kita yang akhirnya terkena virus.  Seberapa bahayakah malware bagi HP dan komputer? Yang pasti malware sangat berbahaya buat perangkat elektronik seperti PC (Personal Computer), Laptop, Tablet maupun handphone yang kita pegang sehari-hari.

Bagaimana cara mengatasi serta mengamankan data kita dari serangan malware? Tentunya harus diatasi dengan Antivirus atau anti malware.

Baca Juga: Download anti virus Smadav Pro Terbaru 2020

Nah, didunia internet ada berbagai macam Malware yang pekerjaanya suka merusak data anda baik menyerang PC, laptop maupun HP. Jenis malware tersebut harus anda ketahui dengan detail agar saat ini juga bisa mengantisipasinya terutama demi kemanan data dan rahasia komputer.

Jenis Malware Berbahaya untuk PC/Laptop
 

Berikut ini 4 jenis malware yang wajib anda ketahui yaitu:

1. Ransomware

Ransomware adalah virus komputer kecil yang mengenkripsi semua file di mesin yang terinfeksi. Setelah dienkripsi, komputer menjadi tidak dapat digunakan karena tidak ada data yang disimpan di dalamnya yang dapat diakses.

Jika komputer Anda disusupi oleh ransomware, Anda akan melihat pesan di layar yang menawarkan untuk melepaskan kunci dekripsi yang akan membuka kunci file Anda. Masalahnya adalah Anda harus membayar biaya tebusan Bitcoin untuk mendapatkan kunci tersebut.

Membayar uang tebusan biasanya bukan ide yang bagus - tidak ada jaminan bahwa peretas akan melepaskan kunci dekripsi. Sebaliknya Anda harus memastikan Anda selalu memiliki cadangan file Anda saat ini. Memulihkan data Anda sendiri jauh lebih dapat diandalkan dan lebih aman daripada memercayai penjahat.

2. Trojan

Trojan, dinamai menurut legenda Yunani Kuda Troya, adalah bentuk malware yang menyelinap ke komputer korban. Setelah terinstal, trojan hampir tidak melakukan apa-apa sampai ia diaktifkan.

Sama seperti tentara yang bersembunyi di kuda kayu, trojan menyelinap di belakang pertahanan Anda dan kemudian melancarkan serangan dari dalam. Bentuk malware ini dapat menghapus atau merusak data, atau hanya bertindak sebagai pintu keluar masuk, memungkinkan peretas untuk mengakses dan menggunakan komputer yang terinfeksi kapan pun mereka mau.

Trojan adalah cara populer untuk menghubungkan komputer ke botnet, atau untuk meluncurkan serangan penolakan layanan terdistribusi (DDoS) - serta mencuri data secara langsung

3. Spyware

Sistem modern yang dirancang untuk melindungi kata sandi sangat efektif; jika peretas membobol jaringan dan mencuri database, sebagian besar kata sandi tidak dapat digunakan karena sangat terenkripsi. Spyware dirancang untuk membantu mereka mengatasi enkripsi.

Setelah terinstal, spyware mulai mengumpulkan dan mencatat semua jenis informasi termasuk situs web yang Anda kunjungi - dan setiap huruf yang Anda tekan di papan tombol. Spyware kemudian secara berkala mengirimkan informasi ini kembali ke kriminal yang mengendalikannya.

Yang penting, data ini dapat dipasang kembali, memungkinkan peretas membaca kata sandi Anda - dan menggunakannya untuk membobol akun online Anda.

4. Worm

Worm komputer adalah jenis virus komputer yang dirancang untuk menggandakan dirinya di komputer yang terinfeksi dan kemudian menyebarkan infeksi ke komputer lain di jaringan yang sama. Ini berarti bahwa infeksi pada PC rumah Anda dapat dengan cepat menyebar ke laptop Anda - dan sistem lain yang terhubung ke jaringan yang sama.

Worm juga dapat menggunakan buku alamat digital Anda untuk mengirim email ke orang lain yang Anda kenal, berpotensi menginfeksi komputer mereka juga. Infeksi mungkin tidak merusak atau menghapus file, tetapi dapat menyebabkan PC dan jaringan Anda melambat atau menjadi tidak responsif.

Infeksi worm Mydoom yang legendaris memengaruhi jutaan komputer di seluruh dunia, membajaknya untuk menyampaikan spam email.

Bagaimana cara mencegah malware? salah satunya dengan memasang antivirus Panda. Panda merupakan antivirus ringan untuk mencegah malware komputer.

Unduh Antivirus Gratis Panda untuk Mencegah Malware, DISINI.

Lindungi diri Anda dari empat varian malware ini. Malware yang dijelaskan di sini menyebabkan berbagai tingkat kerusakan, dari kehilangan data total, hingga yang mengganggu. Tetapi tidak ada infeksi malware yang harus diabaikan atau ditoleransi.

Sejauh ini, cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari infeksi adalah dengan mengunduh uji coba gratis perangkat keamanan salah satunya adalah Panda Dome. Panda Dome mencegah penginstalan malware, dan mendeteksi, memblokir, serta membersihkan virus apa pun yang mungkin sudah diinstal di komputer Anda.

Post a Comment for "4 Jenis Malware Berbahaya Bagi PC/Laptop dan HP yang Perlu Anda Ketahui"