Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Verifikasi Rekening Bank di Google AdSense (Setoran Percobaan Uang dari Google)

Cara Verifikasi Rekening Bank di Google AdSense

Cariduit-dot -- Setidaknya ada tiga tahap verifikasi Google AdSense yang harus anda lakukan jika benar akun AdSense anda ingin divalidasi kebenarannya bahwa akun adalah benar milik anda. Yang jelas, ketiga tahap verifikasi tersebut setelah sebelumnya anda diterima sebagai publisher AdSense dan berhak menayangkan iklan baik di website maupun di Youtube. 

Kenapa harus verifikasi Google AdSense ? Alasan paling logis dan paling simpel adalah karena status anda disini adalah sebagai partner dan publiaher AdSense dimana kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan berupa uang. Uang tersebut akan dikirim langsung ke nomor rekening anda melalui transper bank, untuk itu wajib di akun AdSense di verifikasi terlebih dahulu.

Ketiga verifikasi Google AdSense tersebut adalah verifikasi rekening bank, verifikasi identitas dan verifikasi alamat melalui PIN AdSense yang dikirimkan Google.

Nah, disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara verifikasi rekening bank untuk Google AdSense.

Apa itu Verifikasi Rekening Google AdSense?

Verifikasi rekening Google AdSense merupakan proses input nomor unik yang telah disetorkan oleh pihak AdSense ke nomor rekening bank publisher AdSense. Nomor unik tersebut merupakan jumlah uang setoran percobaan yang dikirim oleh AdSense. Nah, berapa nominal uang setoran percobaan yang dikirim Google AdSense? Nominalnya berbeda-beda, bisanya tak lebih dari Rp. 1000,-.

Jadi, anda sebagai publisher AdSense wajib memverifikasi rekening bank menggunakan setoran percobaan yang telah dikirim pihak AdSense. Setoran percobaan adalah uang dengan jumlah sedikit, yang dikirim Google untuk menguji rekening bank Anda.

Baca Juga: Daftar Bank untuk Pembayaran Google AdSense

Pihak Google sangat hati-hati dan perlu memastikan bahwa rekening tersebut benar-benar milik anda dan masih aktif. Setoran percobaan ini tidak langsung muncul dalam laporan mutasi rekening bank Anda, biasanya memerlukan waktu 2-5 hari kerja. 

Apakah bisa verifikasi bank tanpa setoran percobaan? Adakah cara lain!

Rekening bank Anda tetap harus diverifikasi dengan jumlah setoran percobaan yang dikirim Google AdSense. Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan dari berbagai macam penipuan sehingga uang yang dikirim AdSense benar-benar sampai ke tangan Anda. Kecuali beberapa negara seperti: Bulgaria, Islandia, Latvia, Lituania, Rumania, Gibraltar dan beberapa negara Afrika Selatan.

Waktu Verifikasi Rekening Bank

Verifikasi rekening bank Google AdSense tentunya tidak berdasarkan keinginan Anda sendiri, melainkan beberapa tahapan sebelumnya sesuai dengan syarat AdSense. Agar mudah dipahami, sedikit saya uraikan kembali beberapa tahap sampai Anda harus verifikasi rekening bank. Berikut ini tahapannya:

Mempunyai Blog/Website/Youtube

Karena Anda bekerja sama dengan periklanan berbasis online yaitu Google AdSense, maka iklan tersebut bisa Anda pasang di sebuah blog/website atau channel Youtube. Dari blog/youtube anda bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah. Bagaimana caranya? Silahkan baca prosesnya dibawah ini.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Penghasilan dari Google AdSense Melalui Blog/Website

Daftarkan Blog/Website atau Youtube ke Google AdSense

Jika Anda sudah mempunyai blog/website yang sudah memenuhi syarat untuk didaftarkan ke Google AdSense, segera daftarkan sekarang juga dengan tujuan agar blog anda mendapatkan penghasilan (uang) dari AdSense.

Verifikasi rekening bank

Pada tahap ketiga ini berarti blog anda sudah diterima Google AdSense, otomatis penghasilan Anda setiap harinya terus bertambah. Bagaimana cara melihat penghasilan per hari? Silahkan login ke akun AdSense Anda. 

Nah, jika penghasilan sudah mencapai minimal 10 USD atau sekitar Rp. 130.000,- maka Google akan mengirim notifikasi via email, bahwa Anda harus melakukan verifikasi rekening bank.

Contoh notifikasi dari Google:

“Anda telah menambahkan Rekening Bank …..567 ke Google AdSense. Namun Anda harus memverifikasi rekening bank ini sebelum menggunakannya”

“Pertama-tama, tinjau rekening bank  Anda dan temukan setoran percobaan dalam jumlah kecil dari Google dalam waktu 2-3 hari kerja, lalu masukan jumlah tersebut di Google AdSense”

Nah, apa yang harus Anda lakukan setelah menerima informasi tersebut?

Silahkan Anda cek ke bank dan minta print out rekening ke teller untuk mengetahui mutasi uang yang masuk dari Google. Jika mempunyai internet banking, silahkan langsung Anda cek secara online. Biasanya nominalnya hanya tiga digit saja, seperti; 900, 800, 700 rupiah.

Langkah-langkah Verifikasi Rekening Bank

Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Login melalui akun AdSense Anda

2. Cari menu Pembayaran. Biasanya akun yang belum verifikasi rekening tampak notifikasi berwarna merah di tampilan atas.

Cara Verifikasi Rekening Bank di Google AdSense

3. Klik kelola metode pembayaran

4. Klik Verifikasi sekarang.

5. Pada menu tarik-turun, pilih jumlah setoran percobaan yang telah dikirim AdSense ke rekening Anda. Silahkan periksa kembali nominalnya di buku rekening/internet banking. Intinya, cocokan nominal yang ada pada akun dan uang di rekening.

Cara Verifikasi Rekening Bank di Google AdSense

6. Klik Verifikasi. Apabila jumlahnya sesuai, maka rekening bank Anda akan diverifikasi. Tunggu beberapa detik

7. Selesai, verifikasi berhasil saatnya Anda akan menerima pembayaran (gajian) hehe … setiap bulan dari Google AdSense dengan jumlah minimal 1.300.000,-

Bagaimana jika tidak menerima setoran percobaan setelah 10 hari kerja? Beberapa kemungkinan bisa saja terjadi. Sebaiknya coba lakukan cara-cara berikut ini:

  • Hubungi bank untuk memastikan bahwa rekening bank Anda masih aktif
  • Tambahkan metode pembayaran baru dengan rekening bank baru, dan tunggu setoran percobaan masuk
  • Hapus detail pembayaran lama (setelah diganti dengan rekening bank baru)
Bagaimana cara mengecek transper dari Google AdSense?

Silahkan bisa anda langsung cek di email. Biasanya gajian dari AdSense sekitar tanggal 21, 22 atau 23 setiap bulannya.

Contoh notifikasi transper ke rekening Anda:

Kami telah mengirim pembayaran ke rekening bank Anda untuk penghasilan AdSense (kode akun Anda) pada tanggal 22 ....

Jika Anda belum menerima pembayaran tersebut dalam waktu 5 hari kerja sejak tanggal pengiriman email ini, harap hubungi bank Anda untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, ternyata cara verifikasi rekening bank di Google AdSense sangat mudah sekali. Intinya silahkan segera lakukan verifikasi setelah pihak Google mengirim informasi, bahwa Anda harus melakukan verifikasi. Untuk itu cek secara berkala email Anda. Syarat lainnya adalah saldo penghasilan AdSense Anda sudah mencapai minimal 10 USD atau kurang lebih 130.000,-. Jika kurang, maka Google tidak akan terburu-buru mengirim pemberitahuan verifikasi. Selanjutnya cek ke bank untuk melihat jumlah setoran percobaan yang dikirim via rekening. Terakhir, lakukan tahap verifikasi sesuai yang sudah Saya jelaskan diatas.

Baca Juga: Cara Mengatasi PIN Google AdSense Terlambat datang ke Rumah

Demikian cara verifikasi rekening bank di Google AdSense. Setelah selesai verifikasi bank, tahap berikutnya Anda harus melakukan verifikasi alamat dengan mengirim kartu identitas seperti kartu tanda penduduk (KTP) atau SIM. Dan yang terakhir adalah verifikasi PIN. PIN Google AdSense dikirim via POS ke alamat yang sudah Anda input sebelumnya di akun AdSense.

Post a Comment for "Cara Verifikasi Rekening Bank di Google AdSense (Setoran Percobaan Uang dari Google)"