Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Mengatasi PIN Google AdSense 3 Bulan Tidak Sampai Ke Alamat Rumah

PIN Google AdSense Terlambat Sampai Rumah


Cariduit-dot -- Hai teman Publisher AdSense, apakah PIN AdSense Anda sampai saat ini belum sampai juga kerumah? Jika belum sampai, disini admin kasi tips bagaimana cara mengatasi PIN Google Adsense 3 bulan tidak datang ke alamat rumah. PIN Adsense merupakan nomor rahasia yang dikirim langsung pihak Google AdSense ke alamat rumah para publisher AdSense yang sudah monetisasi website/blog maupun youtube.  

PIN google Adsense terdiri dari 6 digit nomor unik yang telah diberikan Google AdSense. PIN Adsense akan dikirim ke alamat rumah sesuai dengan alamat yang tertera pada permohonan pertama kali daftar AdSense di masing-masing akun AdSense.

PIN Google AdSense merupakan tahapan terakhir verifikasi akun untuk pencairan gajian. Jika PIN belum juga datang maka gajian dari AdSense akan ditangguhkan. Untuk itu pertama kali daftar AdSense data alamat harus benar-benar valid dengan identitas aktif juga.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense Melalui Blog

PIN Google Adsense tersebut dikirim via POS Indonesia (Postage Paid) yang sudah tertera didalamnya Nomor ID pengiriman resmi. Artinya PIN google Adsense tidak bisa dipalsukan dan dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab karena sangkut paut rahasia para publisher AdSense.


Kapan PIN Google Adsense Tiba di Rumah ?

Solusi Mengatasi PIN Google Adsense 3 Bulan Tidak Sampai Ke Alamat Rumah

Sebelum publisher Adsense meminta/merequest PIN Google Adsense, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, diantaranya:
  1. Saldo pembayaran (payment) Google AdSense sudah mencapai ambang batas minimal pembayaran yaitu 10 dollar. Jika dirupiahkan kurang lebih sebesar Rp. 140.000,- (seratus empat puluh ribu rupiah).  Silahkan cek pada akun AdSense masing-masning di menu pembayaran (payment)
  2. Sebelum request PIN Google Adsense jangan lupa periksa alamat pembayaran sekaligus alamat pengiriman PIN Adsense (alamat rumah) yang sudah Anda tulis sebelumnya pada alamat pembayaran di akun AdSense.


Nah, kapan PIN Google Adsense yang telah anda request sampai kerumah?

Menurut pengalaman beberapa publisher Adsense, PIN Adsense akan tibah dirumah kurang lebih 2-3 minggu semenjak request PIN pertama. Ada juga yang baru sampai setelah 1 bulan lebih, bahkan sampai 3 bulan setelah request PIN yang ketiga kalinya. Pengalaman admin juga sampai harus nunggu 3 bulan dan baru datang.

Masalahnya, Mengapa PIN Google Adsense Lambat Datang Kerumah?

Masalah ini sangat ramai sekali di forum-forum Publisher Google Adsense. Terutama para publisher yang sampai saat ini masih menunggu datangnya PIN Adsense, bahkan sampai 3 bulan belum juga datang.

Bagaimana tidak pusing tujuh keliling, jika PIN Google AdSense tidak sampai maka payment sebesar apapun jika belum bisa verifikasi PIN Alamat, maka pihak Google AdSense tidak akan mencairkan uang ke rekening Bank Anda.

Jauh atau dekat alamat rumah, baik itu dipedesaan atau diperkotaan tidak menjadi jaminan PIN Google Adsense cepat sampai ke rumah. Kadang rumah di desa lebih cepat sampai daripada di kota. Nah, untuk mengatasi masalah PIN Google AdSense yang terlambat datang sampai berbulan-bulan coba cek kembali mungkin ada beberapa keteledoran kita sendiri

Berikut ini beberapa solusi jika PIN Google Adsense Anda tak kunjung sampai kerumah:

1. Periksa kembali Alamat Pengiriman PIN Google Adsense di akun Google AdSense

Contoh alamat lengkap untuk verifikasi Adsense:

Rangga Angga Dipraja
Jl. Kerkof RT 07 RW 08 Kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi Jawa Barat Kode 40523. (Penting: cantumkan nomor telepon/HP)

Coba ulangi dan periksa lagi penulisan alamat rumah yang benar sesuai dengan pertama kali daftar ke AdSense. Alamat pengiriman sebaiknya sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau dengan identitas lain, misalkan SIM, dll. Disini Anda jangan asal nulis alamat periksa kembali alamat sesuai KTP.

Baca Juga: Cara Daftar Google AdSense untuk Blog Terbaru 2020

Verifikasi KTP atau tanda pengenal lainnya biasanya berupa file gambar hasil scan kemudian upload langsung via akun AdSense.

Aturan Baru Verifikasi Identitas PIN AdSense

Perlu diketahui bahwa Aturan terbaru verifikasi tanda pengenal seperti KTP atau SIM ialah setelah verifikasi Bank. Aturan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana verifikasi alamat melalui SIM/KTP dilakukan setelah 3 kali request PIN.

Baca Juga: Cara Verifikasi Rekening Bank Google AdSense

Jika Saya gambarkan bagaimana proses mendapatkan PIN Google AdSense, bisa Anda lihat pada info grafik dibawah ini:

Solusi Mengatasi PIN Google Adsense 3 Bulan Tidak Sampai Ke Alamat Rumah
Solusi Mengatasi PIN Google Adsense 3 Bulan Tidak Sampai Ke Alamat Rumah


2. Cek PIN Google AdSense Ke Kantor POS Terusan

Salah satu penyebab PIN Adsense tidak sampai ke rumah karena terhambat pendistribusian surat dari Kantor Pos. Penyebabnya bisa jadi alamat kurang lengkap, seperti tidak mencantumkan RT/RW, atau kecamatan.  Caranya silahkan Anda tanya ke Kantor POS terdekat, setelah sampai dikantor Pos tanyakan kepada petugas surat dari luar negeri. Maka pihak kantor Pos akan mengarahkan ke Kantor Pos Terusan.

Kantor Pos Terusan merupakan tempat masuk keluarnya kiriman/surat baik dari dalam atau dari luar negeri. Disana Anda bisa melacak surat yang masuk dari luar negeri salah satunya PIN Google Adsense ke salah satu petugas atau kurir kantor Pos.

Pengalaman Saya ketika mencari PIN Adsense karena khawatir selama 2 (dua) bulan tidak kunjung sampai, dan Saya tanya ke kurir, meraka akan menjawab apa adanya apabila surat belum atau sudah datang.

Jika PIN Google AdSense belum juga datang silahkan Anda tinggalkan jejak ke petugas/kurir pengiriman surat dengan alamat lengkap ditambah nomor Handphone.


3. PIN Google AdSense Akhirnya Sampai

Pengalaman Saya setelah nanya ke Kantor Pos, kata petugas sabar aja Kang Nanti Juga Akan diantar ke Rumah Kalau Sudah Datang Ke Kantor Pos, Kata kurir Pos. benar juga, setelah 3 kali request PIN Adsense dan hampir 3 bulan lama menanti tak kunjung datang, alhamdulillah akhirnya sampai juga kerumah.

Mudah-mudahan pengalaman saya diatas menjadi solusi atau pencerahan bagi teman publisher AdSense yang sekarang lagi nunggu-nunggu PIN AdSense sampai kerumah. Kendala dan godaan selalu ada yang penting kita selalu sabar dan berusaha. Trims semoga bermanfaat, Aamiin

35 comments for "Solusi Mengatasi PIN Google AdSense 3 Bulan Tidak Sampai Ke Alamat Rumah"

  1. dikirim dari google Indonesia kang atau Malaysia? Pada saat daftar saya menggunakan alamat sesuai e-KTP, sekarang kami pindah ke kota lain solusinya bagaimana ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, PIN akan sampai pd alamat pertama, coba di cek terus dialamat pertama, solusi kedua: Coba dirubah saja alamat pengirimannya Kang di akun AdSense, cuman jika diminta verif alamat sesuai KTP atau identitas lain seperti SIM harus sesuai alamat.

      Delete
  2. Saya ko ga diminta verifikasi buat pengiriman pin ya,padahal penghasilan sudah memenuhi syarat verifikasi alamat $10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba verifikasi rekebing dulu ke Bank yg didaptarkan untuk adsense

      Delete
  3. CURHAT Pengalaman waktu dulu ambil surat dan liat di kantor pos
    sebenarnya banyak tuh tumpukan surat kaya gini, tapi entah kenapa ga dianterin
    apa nunggu banyak dulu baru dianterin :D. Hadeuh tega bener kalo bener
    3 bulan tak kunjung tiba yah jemput bola, pas cek di kantor pos ditanya no resi bingung deh kasih aja ktp post card google adsense dicariin ma pos lalu bilang "tidak" ada, dag dig dug mending kalo bilang "belum" ada beberapa jam kemudian, pulang deh karena kesel.
    Tapi entah kenapa 2 hari kemudian suratnya sampe dirumah dianterin.
    "Ya elah dianterin emang itumah tanggung jawabnya pos yang nganterin,
    kalo lo yang ambil buat apa ada tulisan pos pengiriman", kata mandra
    seneng tapi campur kesel juga eq nunggu 3 bulan
    (ga semua kantor pos kaya contoh pengalaman eq ya)
    so alhamdulillah

    Pesen aja buat #posindonesia
    Post card google adsense ini penting dan ditunggu publisher
    secara yang dapat surat ini sudah melewati ujian jalan panjang menjadi mitra google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar juga, PIN Adsense memang paling dak dig dug selama bergelut di dunia blog terutama blognya yang sudah diterima AdSense, ternyata masih ada tahapan lain yang yaitu nerima surat cinta dari AdSense (PIN AdSense). Cuman dalam perjalanannya selalu ada rasa khawatir takut PIN tersebut tidak sampai kerumah, terlebih jika kita sebagai publisher tidak jemput bola nanya atau datang langsung ke pihak POS Indonesia. Mungkin karena terlalu banyak surat dari luar negeri, pihak Pos juga lupa tidak langsung mengirim PIN tersebut padahl sudah datang. Saran Saya: Selalu cek atau tanyakan langsung ke POS TERUSAN jika dalam 1 bulan PIN tidak datang. Trims

      Delete
  4. Saya sudah 3 Bulan pin AdSense nya belum kunjung datang gimana ya caranya padahal alamat sudah benar udah ditanya kekantor pos ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana udah ke Kantor Pos terusan Mas, coba cek dan tanyain lagi kalo belum. Insya Alloh PIN datang juga klo alamat udah lengkap sesuai KTP

      Delete
  5. punya saya juga sudah kurang lebih 3 bulan belum dikirim sejak pemberitahuan kalau surat sudah dikirim, nanyain nya kemana ya om? kantor pos terusan itu apakah sama seperti kantor pos biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tanyainnya ke kantor POS terusan aja Mas. Setiap daerah pasti ada. Kantor Pos terusan itu tempat barang atau surat kiriman yang datang dari luar negeri. Silahkan bisa tanyain ke pegawainya/ke kurir di gudang kantor POS Terusan. Sukses Mas

      Delete
    2. Kalo PIN setelah di cek ke Kantor Terusan belum ada, Ke Kurir atau ke bagian pengecakan surat dari Luar Negeri coba nyimpan alamat kita + no HP Mas kasi tau aja surat dari Google.

      Delete
  6. saya idah mgajukan 3x gfa sampe sampe alamat dah sesuai pdahal dah mau 1 tahun gmn uya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di cek ke Kantor Pos mas, coba di cek dulu. Itu 3x ngajuin pakae alamat berbeda gk ya

      Delete
  7. makasih gan, mampir jg gan,.
    https://galleryadnan.blogspot.com/
    https://lixmedia.blogspot.com/
    https://arabitzone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. Mas mau tanya, kalau untuk verifikasi bank itu seperti apa ya prosedur nya. Kemarin Q udah masukan norek banknya tapi gagal. Kenapa ya? Terima kasih atas jawaban nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasar pengalaman saya, langkah2nya seperti ini: (1) Di menu pembayaran, pilih metode pembayaran via Bank, silahkan Bank apa saja sesuai rekening yang kita punya. (2) Setelah penghasilan mencapai batas minimal 10 dollar, kurang lebih 140 ribuan, maka ada notifikasi dari Adsense via email untuk melakukan verifikasi, silahkan ke Bank dan print out rekeningnya. Setelah print out cek uang yang masuk, biasanya AdSense akan mengirim uang sebesar 3 digit (ratusan perak) (3) Jika uang 3 digit sudah dikrim pihak Google AdSense, lakukan verifikasi dengan memasukan angka 3 digit tadi di akun AdSense....dan kirim. Selesai.

      Delete
  9. Bang pin saya gak nyampe2 udah mau 4 bulan udah cek ke pos ktnya gak ada.. Terancm pnghasilan hilang semua.. Solusi bang😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara berikut mudah2an jado solusi: 1. Untuk cek ke Kantor Pos, ceknya ke kantor POS terusan 2. cek kembali alamat sesuai KTP 3. atau kirim permintaan PIN ke 2 4. Jika PIN tidak sampai setelah permintaan PIN ke 2 dan 3 biasanya harus verifikasi dengan KTP 5. atau coba cari solusi lain di grup AdSense

      Delete
  10. Apakah saldo Adsense akan hangus jika selama 4bulan belum Verifikasi PIN, karena PIN belum sampai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak akan hangus mas kalo baru 1x permintaan verifikasi PIN, tunggu dulu aja pasti sampai

      Delete
  11. Saya sudah request pin selama 3x, dari awal november request nya, dan sekarang udah ga bisa resend pin, terus mau verifikasi lewat ID juga kok ga ada pilihannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu aja dulu Mas mudah2han berkah ramadhan pin bisa sampai, aamiin

      Delete
  12. Gue mau nanya nih gue kan sudah hampir 6 bulan udah minta pin penganti juga tapi di kantor pos terdekat saya tidak bisa menerima surat dari google adsen lah pas aku cek ke kantor pusat wilayah kota bandung disana juga ngmong disini bukan wilayah pengiriman alamat anda ke gitu trs aku chat lagi di kantor pos terdekat saya bilangnya gak bisa padahal dlu aku ngirimin kode pos.nya kode pos ke alamat terdekat saya padahal udah lumayan hampir 6 k terus ke gimna harusnya aku bingung jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah cek ke Kantor Pos Terusan Gan, bagian ekspedisi surat masuk dari luar negeri. Mudah2han segera sampai gan, aamiin

      Delete
  13. Begini mas...ini barusan saya request PIN kedua kali, karena request pertama 2 Februari, asumsinya kan 2 Maret atau sebelumnya dah sampai ya...cuma gak pernah saya cek memang...nah,saya minta resend aja...cuma memang aslinya kan alamat saya secara KTP di Jogja...nah, saya pindah ni di Kota Kudus...begitu nggak bisa ya? Lalu bisakah saya ganti menjadi nama salah satu keluarga di Kudus, alamat dan KTP dia begitu...

    catatan lain, metode pembayaran menggunakan rekening bank saya...

    mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menunggu PIN AdSense memang harus sabar gan, pengalaman saya juga hampir 3 bulan baru sampai setelah request PIN pertama. Kalo request pin yang ke-2 pake alamat pertama lagi, otomatis akan sampai pada alamat pertama. Mengganti alamat boleh saja pakai KTP keluarga... Metode rekening bisa gunakan bank yag ada dalam daftar akun adsense ... semoga cepat sampai PIN nya

      Delete
  14. Ane udah 6bulan pin gak sampe
    udah 3x minta pin ulang
    dan udah 2x ke kantor pos, hasilnya nihil

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah mudah-mudahan segera sampai Gan, Aamiin

      Delete
  15. saya juga belum terima surat google adsense udh 3 bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Gan semoga sampai tunggu dulu aja. Semenjak Covid memang jadi terhambat

      Delete
  16. kak mau tanya kenapa waktu masukkan pin sesuai pada surat tapi pas dimasukin salah ? padahal udah sesuai surat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya pernah masukin PIN Gan, seharusnya 1x harus sudah berhasil. Coba bersihkan browsernya tunggu 24 jam lalu masukin lagi PIN nya..semoga berhasil

      Delete
    2. nah itu dia kak, udah buat kyak gitu kak, tapi masih salah jadi kesempatan ngisinya sisa 1, takut salah lagi jadi belum isi yang ke 3x nya, tidak mungkin juga gogle ads salah ngirim pin kan :)

      Delete
  17. Kak saya mau nanyak penyebab nya apa ya kok saya tidak bisa request pin lagi, padahal sudah 5 bulan sejak saya request pin, dan pin belum juga sampai, setelah saya minta pin lagi tidak bisa, selalu muncul anda hanya bisa melakukan request pin setelah tiga Minggu, padahal sudah 5 bulan sejak saya request pin, dan saya masih punya 3 kali kesempatan minta pin lagi, mohon di bantu kak saya sangat kebingungan kak, say sudah hampir putus asa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas gan, saya kira kebijakan baru dari Google Adsense saat ini gan dampak dari sikon politik Ukraina sehingga membatasi monetisasi AdSense

      Delete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya