Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan MATSAMA (MPLS) MI/MTs/MASMP Lengkap Terbaru 2021 Saat Masa Pandemi Covid-19

Panduan MATSAMA (MPLS) MI/MTs/MASMP Lengkap Terbaru 2021

Cariduit-dot -- Pelaksanaan MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) untuk sekolah dibawah Kementerian Agama seperti MI, MTs dan Madarasah Aliyah, atau MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk SD, SMP, dan SMA tahun 2021 dilaksanakan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Apapun istilahnya baik itu MATSAMA atau MPLS intinya adalah proses kegiatan pengenalan lingkungan sekolah/madrasah bagi siswa baru di seluruh Indonesia.

Tahun ini, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan pengenalan sekolah bagi peserta didik baru dilaksanakan secara daring. Dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, sangat tidak memungkinkan pelaksanaan Matsama/MPLS dilaksanakan tatap muka dikhawatirkan penularan Covid-19 berimbas pada peserta didik.

Baca Juga: Contoh Program Matsama MI, MTs, MA Terbaru 2021

Ada pengecualian bahwa pelaksanaan MPLS dan Proses Kegiatan Belajar (PBM) memungkinkan dilaksanakan di sekolah, yaitu bagi daerah dengan status zona hijau. Status zona hijau tersebut berdasarkan ketetapan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia per tanggal 7 Juni tahun 2020.

Dengan adanya penetapan tersebut, pemerintah pusat telah memberikan lampu hijau untuk kegiatan peserta didik secara new normal di daerah masing-masing. Namun tentu tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti sekolah harus menyediakan macam alat APD (Alat Pelindung Diri) sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19 seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, wajib memakai masker, dan disinfektan.

Panduan MATSAMA/MPLS 2021

Agar lebih memudahkan dalam penyusunan program Matsama/MPLS berikut ini gambaran daftar isi dalam program yang harus ada:

Daftar Isi:

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Waktu Pelaksanaan
  4. Tanggung Jawab Pelaksanaan
  5. Persiapan
  6. Pelaksanaan
  7. Evaluasi
  8. Materi Umum
  9. Materi Khusus
  10. Susunan Acara
Waktu Pelaksanaan MATSAMA/MPLS

MATSAMA dilaksanakan pada minggu pertama awal tahun ajaran baru. Jika mengacu pada kalender pendidikan tahun 2020/2021 bahwa masuk tahun ajaran baru pada tanggal 13 Juli 2021.

Awal pelaksanaan Masa Pengenalan Sekolah bisa dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2021 sampai dengan 14 Juli 2021 untuk sekolah/madrasah yang berada dalam naungan Kementerian Agama. Untuk jadwal bisa disesuaikan tergantung kesiapan sekolah itu sendiri asalkan pada minggu pertama masuk tahun ajaran baru.

Bagaimana untuk Madrasah berasrama?

Ada pengecualian waktu pelaksanaan MATSAMA kepada madrasah berasrama. Madrasah yang bersangkutan terlebih dahulu melaporkan kepada kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Kanwil Kementerian Agama Provinsi sesuai dengan kewenangannya.

Materi UMUM Matsama

Tentang Sekolah (Kemadrasahan)
  • Sejaran Madrasah 
  • Tata Tertib Madrasah
  • Struktur, Tenaga Pendidik dan Kependidikan
  • Peserta Didik (Jumlah, dll)
  • Jurusan/konsentrasi
  • Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
  • Kegiatan dan Organisasi Kesiswaan
  • Kegiatan Ekstrakurikuler
  • Prestasi dan Alumni 
  • KesetaraanAnti Demokrasi
Materi Khusus

Mengikuti kebijakan masing-masing wilayah dan madrasah sesuai dengan pengembangan kekhususan dan keunikan madrasah. Antara lain :
  1. Program Robotik di madrasah
  2. Program Riset di madrasah
  3. Program Keterampilan di madrasah
  4. Lain-lainnya 
Metode Penyampaian MATSAMA

Karena situasi sekarang sedang pandemi Covid-19, maka sekolah atau madrasah harus bijak dalam melaksanakan kegiatan masa pengenalan sekolah. Salah satunya adalah dalam hal metode penyampaian materi masa pengenalan lingkungan sekolah.

Jika penyempaian dilakukan tatap muka berarti kegiatan dilaksanakan sekolah. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terutama mencegah penyebaran Covid-19, alangkah baiknya dilakukan secara daring.

Bagi yang akan menyampaikan materi masa pengenalan lingkungan sekolah, baik tingkat sekolah dasar, menengah dan atas bisa menggunakan beberapa media dan metode seperti:
  • Ceramah melalui video converencing
  • Video Presentasi materi dengan animasi
  • Rekaman video
  • Film Pendek
  • Cerita, story telling video
  • Media gambar
  • Info grafik
  • Website sekolah
  • Video Musik
  • Foto-foto kegiatan sekolah
  • Channel Youtube Sekolah
  • dan lainnya

Aplikasi Video Conference yang bisa Anda gunakan

Kebutuhan aplikasi video conference saat ini semakin tinggi setelah penyebaran virus Covid-19 menghantam seluruh dunia yang sampai saat ini penyebarannya masih masif. Imbasnya kegiatan belajar mengajar di sekolah juga terganggu.

Sekolah dengan status zona kuning saja sudah tidak bisa melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka, apalagi zona merah. Salah satu solusi terbaik saat ini guru dan peserta didik melaksanakan PBM secara virtual dengan konsep Work From Home (WFH).

Ada beberapa aplikasi yang paling direkomendasikan tentunya dengan keunggulan masing-masing. Silahkan pilih aplikasi mana saja yang bisa sekolah gunakan. Cek dibawah ini:

Dengan beberapa metode dan media diatas insya Allah pelaksanaan MPLS/MATSAMA dapat berjalan dengan baik dan materi pun akan tersampaikan maksimal.

Salah satu media paling efektif dalam menyampaikan materi atau informasi terkait sekolah saat ini adalah melalui youtube dan website sekolah. Keunggulan youtube adalah sebagai wadah kanal video online terbesar saat ini yang bisa dokunsumsi publik dimanapun berada sekaligus sebagai alat promosi sekolah/madrasah.

Begitupula website sebagai media informasi online terbesar saat ini yang bisa diakses siapapun dan darimanapun. Untuk itu sekolah bisa memanfaatkan kedua media tersebut secara maksimal.

Contoh Alternatif Kegiatan MPLS Daring dan Luring

MPLS daring dan Luring saat Vandemi Covid 19

Sumber: ibadjournals.com

Pengisi Materi

Pengisi materi MATSAMA atau masa pengenalan lingkungan sekolah bisa dari unsur sekolah maupun luar sekolah. Dari sekolah seperti kepala sekolah, guru, waka kesiswaan, kurikulum. Dari luar sekolah seperti praktisi hukum, kepolisian, TNI, aktivis dan lainnya.
  • Download Panduan MATSAMA 2021, DISINI.
  • Download Contoh Desain Acara MPLS atau MATSAMA 2021, DISINI
Demikian Panduan MATSAMA (MPLS) MI/MTs/MASMP tahun 2021 yang bisa Saya share. Semoga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan siswa baru juga dapat mengikutinya dengan penuh semangat walaupun dalam keadaan seperti ini.

Post a Comment for "Panduan MATSAMA (MPLS) MI/MTs/MASMP Lengkap Terbaru 2021 Saat Masa Pandemi Covid-19"