Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email

Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
Image:Pixabay.com
Cariduit-dot -- Kali ini saya kan share cara membuat sertifikat online dengan Google Formulir. Sertifikat ini secara otomatis langsung terkirim ke email peserta seminar atau pelatihan. Biasanya sertifikat dibuat setelah melaksanakan berbagai pelatihan baik disekolah, perusahaaan dan kegiatan lainnya. Namun dimasa pandemi seperti saat ini hampir 70 % aktivitas yang biasa kita kerjakan langsung bertatap muka, kali ini semuanya serba online. Salah satunya adalah dunia pendidikan dimana seluruh aktivitas yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan dilaksanakan secara daring atau dalam jaringan.

Admin kasi contoh saja, salah Satu kegiatan rutin disekolah yang setiap tahun ajaran baru dilaksanakan yaitu melaksanakan seminar atau semacam Workshop pelatihan khusus untuk guru dalam mengembangkan pendidikan berbasis internet dan teknologi. Karena kegiatan tersebut dpnadang resmi maka panitia perlu membuat Sertifikat peserta pelatihan sebagai tanda penghargaan bagi para peserta. Nah, dalam pembuatan sertifikat jika selama ini dilakukan secara manual maka saran saya coba deh sertifikat tersebut dibuat dengan aplikasi agar meringankan pekerjaan panitia hehe ....

Apalagi jika seminar tersebut dilakukan secara daring, maka sertifikat juga harus dibuat dengan aplikasi sehingga soft file sertifikat tersebut bisa langsung dikirim ke peserta sebelum bukti fisik sertifikat dibuat oleh panitia. Intinya cara ini hanya untuk mempermudah pekerjaan panitia apalagi pesertanya bukan hanya puluhan tapi ratusan.

Bagaimana cara membuat sertifikat online? Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Formulir dan aplikasi lainnya seperti Spreadsheet serta pengaya AutoCrat. Berbagai cara membuat sertifikat otomatis yang bisa anda gunakan selain dengan pengaya Auto Crat seperti dengan penyaya Form Publisher yang bisa anda install di Google Formulir. Namun disini saya akan membuat sertifikat dengan Google Form, Spreadsheet dan AutoCrat.

Baiklah, langkah apa yang harus kita lakukan sebelum membuat Sertifikat?

Langkah pertama yang harus anda siapkan adalah membuat template sertifikat itu sendiri. Template sertifikat merupakan dokumen utama sertifikat yang sudah didesain sedemikian rupa agar template tersebut menarik dilihat. Template sertifikat bisa anda buat versi anda sendiri dengan menggunakan apliakasi Microsoft Word, Power Point, CorelDraw, Photoshop dan apliakasi desain lainnya.

Untuk memudahkan pekerjaan anda dalam membuat template sertifikat silahkan bisa unduh kumpulan template dan desainnya dbawah ini:

Baca Juga: Download kumpulan template Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Langkah kedua, setelah template sertifikat sudah anda siapkan langkah selanjutnya adalah membuat kemudian setting sertifikat tersebut secara otomatis agar bisa langsung dikirim kepeserta.

Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email

Berikut ini cara membuat sertifikat online dengan Google Form:
  1. Siapkan sertifikat yang sudah anda buat. Contoh disini sertifikat dengan format Power Point. Selanjutnya setting Nama Siswa dan Kelas dengan contoh format penulisan berikut ini: Nama Kelas: <<Gita Suci Ramdani>> , Kelas: <<9B>>. Atau dengan format: <<Nama Siswa>>, <<Kelas>>. Jangan lupa save ya ...
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
  2. Masuk ke Google Drive, silahkan buat folder dengan judul "Sertifikat Pelatihan Office". Judul terserah anda. Selanjutnya file template sertifikat Power Point drag/upload ke folder Google Drive
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
  3. Klik "File Sertifikat" yang ada di Google Drive, lalu Klik kanan pada file template sertifikat dan buka dengan Google Slide. Lihat gambar:
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
  4. Selanjutnya buat formulir peserta seminar dengan Google Formulir. Form pertanyaan misalkan cukup dengan: Nama Siswa, Kelas dan Email. Email disini berfungsi untuk mengirim data otomatis ke para peserta pelatihan.
  5. Pada Google Formulir, buka menu respons dan klik spreadsheet. Disini kita akan mensetting dan mengintegrasikan antara template dengan data peserta dari Google Formulir.
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
  6. Pada Spreadsheet silahkan cari menu "AddON" kemudian pilih aplikasi "AutoCrat". Jika belum punya silahkan intsall terlebih dahulu melalui Addon. Klik New Job.
  7. Isi Job Name dengan Sertifikat Pelatihan Office, klik Next
  8. Cari Template dengan format slide di Google Drive, klik From Drive. Setelah ketemu silahkan pilih dan klik Select, dan Next
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
  9. Pada Map source data template, samakan maps column sesuai dengan data isi pada template. Pilih Nama siswa dan Kelas. Selanjutnya klik Next ...
  10. Pada File Setting tulis dengan format <<Nama Siswa>> <<Kelas>> tujuannya agar data secara otomatis. Atau dengan <<Gita Suci Ramdani>> <<9A>>. Intinya format tersebut samakan ya dengan template
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
  11. Pilih polder dimana akan menyimpan file Sertifikat Office. Jika file akan disimpan
    ditempat lain silahkan klik "Choose folder" lalu Klik Next
  12. Karena file akan dikirim ke email peserta maka Pada Share Docs ketik format <<Email>> dan judul "Sertifikat Pelatihan Office" selanjutnya Next
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
  13. Pilih save
  14. Buka Google Formulir Pendaftaran Sertfikat Pelatihan Office. Silahkan isi data sesuai dengan pertanyaan yang telah dibuat, mulai dari Nama Siswa, Kelas dan Email. Silahkan kirim
  15. Selesai, sertifikat online sudah jadi silahkan bisa langsung anda cek di email. Lihat contoh:
    Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
Demikian Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email. Jika ada hal yang perlu ditanyakan terkai materi diatas silahkan teman-teman bisa chat langsung dikolom komentar. Silahkan share materi ini kepada teman-teman via media sosial. Semoga bermanfaat, Aamiin

6 comments for "Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email"

  1. Sebelumnya terima kasih telah sharing! Apakah ada batasan maksimal input data di google form per harinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk input data di Google Form tidak ada batasan berarapun jumlahnya dan bisa kita seting otomatis dengan Autocrat

      Delete
  2. apakah file sertifikat harus dengan powepoint?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat sertifikat bisa pakai Powerpoint, Ms Word, atau CorelD

      Delete
  3. Kalau misal sudah ada response di google form terlebih dahulu dan baru mau kita kirim sertifikat ke e-mail masing-masing? Apakah juga berlaku cara seperti yang disampaikan di atas?

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya