Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
Image:Pixabay.com |
Admin kasi contoh saja, salah Satu kegiatan rutin disekolah yang setiap tahun ajaran baru dilaksanakan yaitu melaksanakan seminar atau semacam Workshop pelatihan khusus untuk guru dalam mengembangkan pendidikan berbasis internet dan teknologi. Karena kegiatan tersebut dpnadang resmi maka panitia perlu membuat Sertifikat peserta pelatihan sebagai tanda penghargaan bagi para peserta. Nah, dalam pembuatan sertifikat jika selama ini dilakukan secara manual maka saran saya coba deh sertifikat tersebut dibuat dengan aplikasi agar meringankan pekerjaan panitia hehe ....
Apalagi jika seminar tersebut dilakukan secara daring, maka sertifikat juga harus dibuat dengan aplikasi sehingga soft file sertifikat tersebut bisa langsung dikirim ke peserta sebelum bukti fisik sertifikat dibuat oleh panitia. Intinya cara ini hanya untuk mempermudah pekerjaan panitia apalagi pesertanya bukan hanya puluhan tapi ratusan.
Bagaimana cara membuat sertifikat online? Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Formulir dan aplikasi lainnya seperti Spreadsheet serta pengaya AutoCrat. Berbagai cara membuat sertifikat otomatis yang bisa anda gunakan selain dengan pengaya Auto Crat seperti dengan penyaya Form Publisher yang bisa anda install di Google Formulir. Namun disini saya akan membuat sertifikat dengan Google Form, Spreadsheet dan AutoCrat.
Baiklah, langkah apa yang harus kita lakukan sebelum membuat Sertifikat?
Langkah pertama yang harus anda siapkan adalah membuat template sertifikat itu sendiri. Template sertifikat merupakan dokumen utama sertifikat yang sudah didesain sedemikian rupa agar template tersebut menarik dilihat. Template sertifikat bisa anda buat versi anda sendiri dengan menggunakan apliakasi Microsoft Word, Power Point, CorelDraw, Photoshop dan apliakasi desain lainnya.
Untuk memudahkan pekerjaan anda dalam membuat template sertifikat silahkan bisa unduh kumpulan template dan desainnya dbawah ini:
Baca Juga: Download kumpulan template Sertifikat dan Piagam Penghargaan
Langkah kedua, setelah template sertifikat sudah anda siapkan langkah selanjutnya adalah membuat kemudian setting sertifikat tersebut secara otomatis agar bisa langsung dikirim kepeserta.
Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form Otomatis Langsung Terkirim ke Email
Berikut ini cara membuat sertifikat online dengan Google Form:
- Siapkan sertifikat yang sudah anda buat. Contoh disini sertifikat dengan format Power Point. Selanjutnya setting Nama Siswa dan Kelas dengan contoh format penulisan berikut ini: Nama Kelas: <<Gita Suci Ramdani>> , Kelas: <<9B>>. Atau dengan format: <<Nama Siswa>>, <<Kelas>>. Jangan lupa save ya ...
- Masuk ke Google Drive, silahkan buat folder dengan judul "Sertifikat Pelatihan Office". Judul terserah anda. Selanjutnya file template sertifikat Power Point drag/upload ke folder Google Drive
- Klik "File Sertifikat" yang ada di Google Drive, lalu Klik kanan pada file template sertifikat dan buka dengan Google Slide. Lihat gambar:
- Selanjutnya buat formulir peserta seminar dengan Google Formulir. Form pertanyaan misalkan cukup dengan: Nama Siswa, Kelas dan Email. Email disini berfungsi untuk mengirim data otomatis ke para peserta pelatihan.
- Pada Google Formulir, buka menu respons dan klik spreadsheet. Disini kita akan mensetting dan mengintegrasikan antara template dengan data peserta dari Google Formulir.
- Pada Spreadsheet silahkan cari menu "AddON" kemudian pilih aplikasi "AutoCrat". Jika belum punya silahkan intsall terlebih dahulu melalui Addon. Klik New Job.
- Isi Job Name dengan Sertifikat Pelatihan Office, klik Next
- Cari Template dengan format slide di Google Drive, klik From Drive. Setelah ketemu silahkan pilih dan klik Select, dan Next
- Pada Map source data template, samakan maps column sesuai dengan data isi pada template. Pilih Nama siswa dan Kelas. Selanjutnya klik Next ...
- Pada File Setting tulis dengan format <<Nama Siswa>> <<Kelas>> tujuannya agar data secara otomatis. Atau dengan <<Gita Suci Ramdani>> <<9A>>. Intinya format tersebut samakan ya dengan template
- Pilih polder dimana akan menyimpan file Sertifikat Office. Jika file akan disimpan
ditempat lain silahkan klik "Choose folder" lalu Klik Next - Karena file akan dikirim ke email peserta maka Pada Share Docs ketik format <<Email>> dan judul "Sertifikat Pelatihan Office" selanjutnya Next
- Pilih save
- Buka Google Formulir Pendaftaran Sertfikat Pelatihan Office. Silahkan isi data sesuai dengan pertanyaan yang telah dibuat, mulai dari Nama Siswa, Kelas dan Email. Silahkan kirim
- Selesai, sertifikat online sudah jadi silahkan bisa langsung anda cek di email. Lihat contoh:
Sebelumnya terima kasih telah sharing! Apakah ada batasan maksimal input data di google form per harinya?
ReplyDeleteUntuk input data di Google Form tidak ada batasan berarapun jumlahnya dan bisa kita seting otomatis dengan Autocrat
Deleteapakah file sertifikat harus dengan powepoint?
ReplyDeleteUntuk membuat sertifikat bisa pakai Powerpoint, Ms Word, atau CorelD
DeleteKalau misal sudah ada response di google form terlebih dahulu dan baru mau kita kirim sertifikat ke e-mail masing-masing? Apakah juga berlaku cara seperti yang disampaikan di atas?
ReplyDeleteiya sama dngan cara diatas Kang
Delete