Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP IPA 1 Lembar untuk SMP/MTs Kelas VII Terbaru 2020


Download RPP IPA 1 Lembar untuk SMP/MTs Kelas VII Terbaru 2020

Cariduit-dot -- Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) versi 1 lembar saat ini lebih simpel dan mudah disusun sendiri oleh guru bidang studi. Maka gak usah ragu dan bingung jika RPP yang anda buat berbeda dengan RPP versi guru lain. Pada dasarnya dalam penyusunan RPP 1 lembar ini tidak ada aturan baku, bahwa RPP yang satu dengan lainnya harus persis sama. Dengan aturan seperti ini ternyata dampak sangat besar sekali, salah satunya guru lebih siap dalam menyusun RPP dan tentunya lebih kreatif.

Ada 3 (tiga) komponen dalam penyusunan RPP 1 lembar yang wajib diutuangkan ke dalam RPP, yaitu: Tujuan pembelajaran, Kegiatan inti dan Penilaian. Bagaimana jika ada komponen lain yang perlu ditambahkan, silahkan saja tak perlu diperdebatkan. Saya kira 1 lembar saja sudah cukup untuk RPP ditambah lampiran lainnya seperti lembar kerja siswa, contoh kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban, serta penilaian baik penilaian sikap, pengeathuan maupun keterampilan.

Baca Juga:  Cara Menyusun dan Mendesain RPP Abad 21 (RPP 1 Lembar)

Nah, disini Saya akan share salah satu RPP versi Saya sendiri yaitu RPP mata pelajaran IPA untuk SMP/MTs kelas VII. Jika teman-teman kebetulan buka web ini dan belum mempunyai RPP IPA silahkan bisa unduh disini.

Seperti biasa RPP ini disusun mulai dari identitas satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, materi pokok serta alokasi waktu. Komponen ini harus selalu termuat dalam RPP.

Komponen pertama yang saya tulis adalah Tujuan pembelajaran. Sengaja tujuan pembelajaran ini saya tulis langsung mulai pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima. Tujuan pembelajaran harus berpatokan pada kompetensi dasar (KD) yang memuat 3 aspek mulai dari aspek sikap spiritual, aspek pengetahuan dan keterampilan.

Selanjutnya komponen media dan sumber belajar. karena pembelajaran dilakukan daring maka model juga harus disesuaikan juga. Salah satu media yang banyak digunakan melalui aplikasi WA, Yoiutube, Google Classroom dan Google Form.

Komponen kedua adalah Langkah-langkah Pembelajaran. Langkah pembelajaran didahului kegiatan pendahuluan. Karena sekarang pembelajaran daring maka pendahuluan juga harus menggunakan media daring mulai dari salam dan sapa, memotivasi siswa, memberikan stimulus dan tujuan pembelajaran.

Selanjutnya kegiatan inti. Kegiatan inti harus selalu mengandung kegiatan literasi, komunikatif, kerjasama, dan berpikir kritis. Guru dituntut lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran terutama pada kegiatan inti. Alasannya agar siswa juga sebagai objek PBM selalu kreatif dan inovatif.

Proses belajar mengajar harus diakhiri dengan kegiatan penutup, salah satunya agar siswa semakin termotivasi ketika guru memberikan penghargaan berupa point yang aktif maupun yang tidak aktif ketika proses pembelajaran.

Dan komponen ketiga adalah penilaian. Jangn lupa ya, setiap pertemuan ketika guru memberikan materi dan tugas pembelajaran maka guru harus melakukan kegiatan penilaian. Ada 3 (tiga) aspek dalam proses penilaian, yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan keterampilan.

Berikut ini salah satu contoh RPP mata pelajaran IPA SMP/MTs kelas 7 yang bisa Saya share. RPP tersebut hanyalah contoh tentu masih banyak kekurangannya.

Download RPP IPA Kelas VII, Disini

Demikian contoh RPP IPA 1 Lembar untuk SMP/MTs Kelas VII Terbaru 2020. Apabila dalam penyusunan ada kekeliruan silahkan bisa teman-teman perbaiki. InsyaAllah RPP lainnya lain waktu dan kesempatan Saya share.

Penulis: Rinny Anggraeni, S.Pd.

Post a Comment for "Download RPP IPA 1 Lembar untuk SMP/MTs Kelas VII Terbaru 2020"