Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar/Membuat Akun KSM Kemenag Terbaru Tingkat Nasional 2020

Cara Daftar/Membuat Akun KSM Kemenag Terbaru Tingkat Nasional 2020

Cariduit-dot – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun ini dilaksanakan secara online, alasannya karena mengantisipasi penularan wabah Covid-19. Tak hanya dilaksanakan daring atau online, KSMO tahun ini tidak dilaksanakan bertahap dari tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi, tapi langsung ke Tingkat Nasional. Untuk itu kepada seluruh satuan pendidikan yang ada dilingkungan Kemenag, baik Madrasah Ibtidaiyah, madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah harus siap dan mempersiapkan putra-putrinya dari sekarang untuk mengikuti KSMO.

Apa yang harus dipersiapkan? Tentunya pembinaan dari masing satuan pendidikan kepada siswa-siswi yang sudah dipilih melalui tahapan seleksi ketat sesuai dengan mata pelajaran yang akan dilombakan. Pembinaan KSM atau prestasi siswa bidang akademik harus menjadi program jangka panjang dan tertarget. Siswa tak hanya dibina sesaat tapi harus berkelanjutan, harus terus konsisten karena ternyata KSM ini merupakan kompetisi sains madrasah yang dilaksanakan setiap tahun.

Suatu kebanggan tersendiri, jika putra-putrinya yang sekolah di madrasah bisa bersaing dibidang sains bukan hanya tingkat nasional tapi level yang lebih tinggi, tingkat Internasional.  Ada 3 (tiga) mata pelajaran yang akan dilombakan tahun ini, yaitu Matematika, IPA dan IPS. Semuanya terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Inilah nilai plus kompetisi sains madrasah yaitu perpaduan antara ilmu agama dan umum.

Karena terintegrasi dengan agama, perlu pembinaan khusus dari guru bidang studi untuk memecahkan soal-soal KSM dengan alasan soal-soal tersebut perlu pemahaman yang luas, dalam dan tentunya Hots. Soal KSM dituntut seorang siswa harus membuka cakrawalanya terutama pemahaman dan pendalaman materi soal yang sangat berbeda dengan soal-soal umum ujian.

Baca Juga: Contoh Soal KSMO Matematika, IPA dan IPS Terintegrasi dengan PAI

Cara Membuat Akun dan Mendaftar KSMO Tingkat Nasional

Apabila Bapak/Ibu sudah mempersiapkan putra-putrinya untuk mengikuti lomba Kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional tahun ini, saatnya daftarkan sebagai peserta. Mungkin masih bingung bagaimana cara daftarnya, silahkan ikuti panduannya dibawah ini: 

1. Kunjungi situs resmi pendaftaran KSM, disini

2. Jika sudah mempunyai akun KSM lanjutkan dengan Login. Jika belum punya akun KSM, pilih mendaftar. Isi Nama Madrasah, Status Lembaga, NSM (Nomor Statistik Madrasah)/NPSM, Jenjang Madrasah, Telp dan email. Selanjutnya klik Next untuk membuat password dan ussername. Untuk ussername otomatis merupakan nomor NSM/NPSM yang anda masukan.

Cara Daftar/Membuat Akun KSM Kemenag Terbaru Tingkat Nasional 2020

Perhatikan Catatan Berikut:

  • NSM atau NPSN Madrasah yang dimasukkan ketika melakukan pembuatan akun adalah username yang digunakan untuk masuk kedalam Aplikasi
  • Username KSM untuk Komite Kabupaten/Kota didapatkan dari Komite Provinsi
  • Username KSM untuk Komite Provinsi didapatkan dari Komite Nasional
  • Kompetisi Sains Madrasah 2020 hanya dapat diikuti oleh Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama RI), diluar daripada itu akan kami diskualifikasi.

3. Selesai daftar, silahkan login dengan Ussername dan Password yang sudah anda buat. 

Cara Daftar/Membuat Akun KSM Kemenag Terbaru Tingkat Nasional 2020

4. Setelah masuk Dashboard KSM ada beberapa menu utama yang harus diisi, yaitu: Info Lembaga, Kotak Person Lembaga, Pendaftaran Peserta, Peserta KSM, Kartu Peserta KSM, Pengumuman, Perbaharui Akun dan Logout.

5. Isi terlebih dahulu Info Lembaga: NSM, Nama Madrasah, Jenjang Pendidikan, Telepon, Email, Jenis Lembaga, Provisni dan Alamat Lengkap Lembaga. Klik simpan

Cara Daftar/Membuat Akun KSM Kemenag Terbaru Tingkat Nasional 2020

6. Kemudian Isi Kontak Person Lembaga: NIK Ketua Delegasi, Nama Ketua Delegasi dan Nomor HP aktif. Klik simpan

7. Selanjutnya tahapan pendaftaran peserta. Silahkan isi semua data yang kosong mulai dari: NIK Siswa, Nama Siswa, NISN, Tempat Lahir, Tanggal lahir, Jenis Kelamin, Pilihan Kompetisi, Juara Lomba KSM Tingkat Sekolah, Alamat Lengkap, Upload Foto berbeda 3 buah (format JPEG, PNG), NIK Ayah Ibu, Nama Ayah Ibu. Klik kirim peserta

8. Tunggu beberapa saat data sedang dikirim dan diproses hingga 100%. Jika sudah yakin terkirim anda diarahkan ke menu Peserta KSM. 

9. Buka data Peserta KSM, silahkan cek apakah datanya sudah sesuai. Jika data belum benar anda bisa membatalkan pendaftaran, kemudian daftarkan kembali.

10. Pada menu Kartu Peserta KSM: Nomor Peserta akan digenerate pada tanggal 27 Oktober 2020, Anda dapat mendownload Kartu Peserta dan pakta integritas Kompetisi Sains Madrasah Online (KSM0) 2020 mulai tanggal 27 Oktober 2020 setelah Pendaftaran Kompetisi Sains Madrasah 2020 ditutup pada tanggal 23 Oktober 2020. Pakta Integritas wajib ditandatangani oleh Peserta KSMO kemudian diunggah melalui laman ini.

11. Silahkan cek secara berkala sesuai pengumunan pihak operator pusat

Panduan Instalasi KSMO

Demikian cara daftar atau membuat akun kompetisi sains madrasah online (KSMO) terbaru tingkat nasional tahun 2020. Siapkan dari sekarang putra-putri anda untuk mengikuti lomba tersebut dan tentunya dengan bimbingan maksimal walaupun dilakukan daring. Dengan persiapan maksimal insyaAllah akan meraih sesuai yang diharapkan, aamiin.

Post a Comment for " Cara Daftar/Membuat Akun KSM Kemenag Terbaru Tingkat Nasional 2020"