Kumpulan Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Lengkap Terbaru 2021
Cariduit-dot -- Pemerintah melalui Direktorat Guru dan Tenaga Pendidikan Dasar telah menerbitkan modul belajar mandiri untuk calon guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. Modul ini diperuntukkan bagi guru calon PPPK sebagai persiapan awal untuk mengikuti seleksi PPPK agar terlebih dahulu mempelajari beberapa materi yang akan diujikan.
Modul yang dibagikan merupakan modul dengan konsep pembelajaran mandiri, dengan tujuan agar bahan ajar ini dapat meningkatkan substansi materi dalam setiap bidang studi. Modul belajar mandiri ini sebagai pelengkap beberapa bahan ajar lainnya yang berhubungan dengan materi ujian PPPK.
Sebagaimana kita ketahui bahwa seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi guru honor yang berkompeten dan profesional sesuai dengan bidangnya dalam membangun proses pembelajaran yang baik sehingga bisa menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter. Dengan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter maka harapan kedepannya bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.
# 7 MODUL PEDAGOGIK BELAJAR MANDIRI CALON GURU PPPK
Modul pedagogik apa saja yang harus dipelajari? Setidaknya ada 7 (tujuh) modul pedagogik belajar mandiri bagi calon guru PPPK yang harus dipelajari, yaitu:
- Pembelajaran pertama tentang Teori Belajar
- Pembelajaran kedua tentang Karakter Peserta Didik
- Pembelajaran ketiga tentang Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
- Pembelajaran keempat tentang Desain Pembelajaran
- Pembelajaran kelima tentang Dasar Komunikasi
- Pembelajaran keenam tentang Konsep Penilaian, dan
- Pembelajaran ketujuh tentang Pengembangan Potensi Peserta Didik
Nah, itulah 7 modul pedagogik pembelajaran mandiri bagi calon guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang harus di pelajari. Dari ketujuh modul tersebut, terdapat materi apa saja didalamnya? Berikut ini daftar isinya yang harus Anda ketahui:
1. Modul Belajar Mandiri: Teori Belajar
A. Kompetensi Teori Belajar
Anda diharapkan dapat menerapkan teori belajar dalam pembelajaran untuk mendukung tugas keprofesian dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik agar membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan teori belajar behavioristic;
2. Menerapkan implikasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran;
3. Menjelaskan teori belajar kognitif;
4. Menerapkan implikasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran;
5. Menjelaskan teori belajar konstruktivistik;
6. Menerapkan implikasi teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran;
7. Menjelaskan teori belajar humanistic; dan
8. Menerapkan implikasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran.
C. Uraian Materi
Yaitu menjelaskan beberapa indikator pencapaian kompetensi yang terdapat pada poin B.
2. Modul Belajar Mandiri: Karakter Peserta Didik
A. Kompetensi Dasar
Anda diharapkan mampu menerapkan beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yang inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yang mempesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian karakteristik peserta didik;
2. Menjelaskan pengertian kemampuan awal peserta didik;
3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik;
4. Menentukan kegiatan pembelajaran yang kondusif berdasarkan hasil identifikasi kemampuan awal peserta didik; dan
5. Menjelaskan ragam/macam-macam karakteritik peserta didik
3. Modul Belajar Mandiri: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
A. Kompetensi Dasar
Secara garis besar bahwa pemerintah mengharapkan peserta didik mampu mencapai kompetensi dalam penerapan HOTS atau keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kompetensi tersebut diaktualisasikan kedalam berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovatif (creative adn innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), kemampuan bekerja sama (collaboration), kepercayaan diri (confidence).
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Guru mampu menjelaskan konsep HOTS;
2. Guru mampu merancang pembelajaran HOTS; dan
3. Guru mampu menganalisis kompetensi dasar.
4. Modul Belajar Mandiri: Desain Pembelajaran
A. Kompetensi Dasar
Desain pembelajaran yang dikembangkan perlu diperhatikan beberapa langkah yang sistematis yang mengajak guru untuk merunut alur desain pembelajaran. Dalam arti lain guru mampu mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Guru mampu menganalisis kompetensi dasar;
2. Guru mampu menentukan target kompetensi dari setiap kompetensi dasar;
3. Guru mampu menentukan IPK;
4. Guru mampu mengembangkan pembelajaran; dan
5. Guru mampu mengembangkan tujuan pembelajaran.
5. Modul Belajar Mandiri: Dasar Komunikasi
A. Kompetensi Dasar
Sebagai guru harus memahami strategi komunikasi yang lebih efektif, empatik, dan santun dari berbagai karakter peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian fungsi, unsur dan proses komunikasi;
2. Menentukan faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam komunikasi yang efektif;
3. Menerapkan strategi komunikasi yang efektif dengan peserta didik; dan
4. Melakukan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
6. Modul Belajar Mandiri: Konsep Penilaian
A. Kompetensi
Untuk mengetahui ketercapaian KD, guru harus merumuskan sejumlah indikator dalam pencapaian kompetensi (IPK). Pendidik dan satuan pendidikan juga harus bisa menentukan pencapaian KKM. Penilain tak hanya berfokus pada hasil belajar, tetapi juga ketika proses belajar berjalan. Siswa harus dilibatkan dalam penilaian terhadap dirinya sendiri dan penilaian antar teman. Orientasi penilaian yang dilakukan guru pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Guru mampu menjelaskan fungsi penilaian2. Guru mampu mengimplementasikan penilaian pada kurikulum 2013
3. Guru mampu mengembangkan penilaian peserta didik
7. Modul Belajar Mandiri: Pengembangan Potensi Peserta Didik
A. Kompetensi
Tujuan utama guru dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah mengantarkan peserta didik pada prestasi terbaik sesuai dengan potensinya. Disini guru harus bisa memahami karakteristik masing-masing peserta didik dalam berbagai aspek untuk dijadikan acuan dalam menentukan kedalaman dan keluasan materi agar sesuai dengan perkembangan peserta didik.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan konsep perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
2. Menjelaskan tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik;
3. Menjelaskan prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan;
4. Mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak;
5. Menjelaskan pengertian potensi;
6. Menjelaskan jenis-jenis potensi;
7. Mengidentifikasi potensi peserta didik;
8. Menganalisis permasalahan berkaitan dengan potensi peserta didik sekolah dasar; dan
9. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
DOWNLOAD MODUL BELAJAR MANDIRI CALON GURU PPPK
- Download Modul Teori Belajar
- Download Modul Karakter Peserta Didik
- Download Modul Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
- Download Modul Desain Pembelajaran
- Download Modul Dasar Komunikasi
- Download Modul Konsep Penilaian
- Download Modul Pengembangan Potensi Peserta Didik
Demikian Kumpulan Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Lengkap Terbaru 2021. Semoga bermanfaat dan selalu diberi kelancaran dalam segala urusan teman-teman semua, Aamiin.
Post a Comment for "Kumpulan Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Lengkap Terbaru 2021"
Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya