Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal UP UKMPPG Akidah Akhlak Pedagogik dan Profesional Terbaru 2022

Soal UP UKMPPG Akidah Akhlak Pedagogik dan Profesional Terbaru 2022
Cariduit-dot -- Tahap akhir yang harus ditempuh mahasiswa PPG dalam jabatan adalah Uji Pengetahuan (UP). Uji pengetahuan tersebut harus diikuti seluruh mahasiswa PPG dalam jabatan agar bisa mendapatkan sertifikat pendidik sebagai guru profesional. Uji kompetensi bukan perkara mudah dan harus ditempuh dengan usaha maksimal baik usaha lahir maupun batin. Salah satu tips paling jitu agar anda lolos ujian pengetahuan atau UP yaitu dengan memahami materi yang sudah dipelajari saat kuliah PPG serta mempelajari beberapa contoh soal UP PPG.

Berikut ini kami berikan beberapa contoh soal UP PPG Akidah Akhlak lengkap dengan contoh soal kompetensi profesional dan pedagogik. Soal-soal tersebut telah dilengkapi dengan kunci jawaban. Namun tak ada salahnya Bapak/Ibu pelajari kembali lebih dalam soal-soal tersebut.

Contoh Soal UP PPG Dalam Jabatan Akidah Akhlak Terbaru 2021

Soal 1: 

Perhatikan IPK dibawah ini!

1. Menjelaskan pengertian sifat ikhlas, taat, khauf dan tobat dengan menggali dari berbagai sumber dengan penuh tanggung jawab

2. Mengidentifikasi contoh sifat ikhlas, taat, khauf dan tobat dengan baik dan benar

3. Menelaah dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf dan tobat kaitannya dengan kesuksesan seseorang dalam hidup dan kehidupan secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab dan saling menghargai.

IPK yang memuat karakteristik pembelajaran abad 21 serta penguatan pendidikan karakter adalah ...

a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. semuanya benar
e. hanya 3 yang benar

Soal 2:

Perhatikan rumusan KI dan KD di bawah ini!

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

4.1 Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam

Rumusan IPK yang tepat untuk KI dan KD di atas adalah…

a. Menjelaskan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam dengan menggali dari berbagai sumber
b. Menguraikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam dengan penuh tanggung jawab
c. Mengidentifikasi fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam dengan menggali dari berbagai sumber
d. Mempresentasikan bagan tentang fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam dengan penuh tanggung jawab
e. Menyusun peta konsep tentang fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam dengan baik dan benar

Soal 3:

Ali dan kawan-kawan adalah siswa MTs Al Ikhlas yang berumur 6 tahun. Ali belajar membagi kancing, dan membuat deret angka, Merujuk pada teori perkembangan intelektual yang dikemukan Piaget, maka Ali berada pada fase  ….

a. sensorimotorik
b. preoperasional
c. operasional konkrit
d. operasional formal
e. Semua benar

Soal 4:

Magelang - Peristiwa tawuran pelajar di Kabupaten Magelang bermulai dari saling ajak dan saling tantang di media sosial. Tawuran itu mengakibatkan siswa SMK Ma'arif, Nasrul Aziz (17) tewas akibat terkena sabetan dan tusukan senjata tajam. Ketiga tersangka yakni LR (18), warga Mertoyudan, IP (19), warga Kaliangkrik dan NA (17), warga Grabag, Kabupaten Magelang. Semetara itu, tersangka LR mengaku, hanya ikut-ikutan diajak teman-temanya. Dalam kejadian itu, ia mengaku membacok korban dan menyesali atas perbuatannya. “Saya hanya ikut-ikutan. Saya bacok pakai ini (parang). Saya menyesali," tuturnya. (https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4410539/tawuran-pelajar-di-magelang-bermula-saling-ejek-di-medsos). Ilustrasi di atas relevan dengan teori perkembangan …..
a. kognitif
b. emosi dan kognitif
c. moral dan spiritual
d. fisik
e. psikomotor

Soal 5:

Dewi, 9 tahun, duduk di bangku paling pojok di kelas.  Wajahnya cemberut.  Sungguh hari itu Dewi merasa kecewa kepada Ibu Guru Nadia yang beberapa kali menegurnya karena mengira Dewi yang terus berbicara kepada Adam. Dewi bercakap-cakap dengan kawan lainnya yang duduk di kursi belakang. Mereka berbagi simpati pada apa yang menimpa Dewi. Menurut teori perkembangan emosi yang disampaikan oleh Soendjoyo (2002), yang dialami Dewi dan Ibu Guru Nadia adalah emosi yang mampu ….
a. Mempertahankan diri
b. Membuat keputusan
c. Menciptakan batasan
d. Berkomunikasi
e. Menciptakan kesatuan

Soal 6:

Ibu Guru Yasmin memperlihatkan video tentang peristiwa tsunami di Aceh kepada siswa kelas 6.  Kemudian siswa kelas 6 menyampaikan pikiran mereka tentang tsunami Aceh dan perasaan mereka setelah menyaksikan  Maka kegiatan siswa dalam menyampaikan pikirannya adalah bentuk dari …
a. Stimulus
b. Respon
c. Stimulus dan respon
d. Pengayaan
e. Afirmasi

Soal 7:

Rida, siswa berusia 10 tahun yang duduk di kelas 5 di Mts. Al Barokah sedang memaparkan peristiwa tsunami yang terjadi di Aceh dengan cara sistematis dan logis. Riri menggunakan bahasa yang runtut, tidak berbelit-belit, dan tidak terputus-putus. Riri memaparkan pemahamannya terhadap situasi yang terjadi ketika itu melalui kisah yang ia tonton. Ilustrasi tersebut merupakan manifestasi dari teori pembelajaran …
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Kognitif
d. Humanistik
e. Semua benar

Soal 8:

Hari ini akan dilakukan pembahasan mengenai adab kepada sesama di kelas Riri.  Guru melakukan serangkaian aktivitas berikut selama pembelajaran: menggali pengetahuan awal siswa kelas Riri mengenai adab kepada sesama, memberikan siswa ruang berpikir mengapa adab kepada sesama itu penting, dan menyusun konsep tentang adab kepada sesama mulai dari hal yang mereka ketahui, dan berlatih memaknai peristiwa adab kepada sesama dalam pemahaman sederhana. Secara bertahap peserta didik membangun pemahaman tentang konsep adab kepada sesama. Siswa menjadi sentral dari kegiatana ini.  Ilustrasi di atas bersesuaian dengan konsep belajar ….
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Kognitif
d. Humanistik
e. Semua benar

Soal 9:

Hari ini sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Rika dan kawan-kawan menunaikan zakat fitrah di sekolah. Seluruh siswa, termasuk Rika, diajak untuk menyaksikan proses penerimaan zakat fitrah.  Di akhir bulan Ramadhan, rika dan kawan-kawan menyaksikan pembagian zakat fitrah bagi masyarakat.  Ilustrasi ini sesuai dengan teori pembelajaran Humanistik Kolb pada tahap ….
a. Pengamatan konkrit
b. Pengamatan aktif reflektif
c. Konseptualisasi
d. Eksperimental Aktif
e. Semua benar

Soal 10:

Idris, siswa kelas 4 MI, sedang memperhatikan dengan serius ketika bu Nuri menjelaskan mengenai pentingnya menghindari perilaku egois dan kikir. “Allah melihat kita dan apapun yang kita lakukan meski kita tidak melihat atau menyadarinya.” Kata Bu Nuri sambil menggerakkan tangan dan kepalanya berulang-ulang. Kalimat ini sangat berkesan buat Idris, sehingga ia mengulang-ulang kalimat ini setiap kali Idris menyaksikan atau mendengan peristiwa yang relevan.  
Pengulangan merupakan wujud dari konsep teori pembelajaran …..
a. Sosial
b. Humanistik
c. Behavioristik
d. Sosial
e. Kognitif

Soal 11:

Dalam kegiatan inti pada pembelajaran tata krama, sopan santun dan rasa malu dirumuskan bahwa secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan keadaan yang menjadikan anak memiliki tata krama, sopan santun dan rasa malu. Aktivitas peserta didik tersebut mengisyaratkan bahwa konstruksi IPK nya berorientasi pada pengembangan kemampuan…
a. Berpikir kritis
b. Berpikir kreatif
c. Berpikir inovatif
d. Kolaboratif
e. Komunikatif

Soal 12:

Pada pembelajaran akhlak tercela ghibah, peserta didik menganalisis gejala tentang faktor-faktor yang menyebabkan seseorang berperilaku ghibah. Pendidik melakukan evaluasi tentang apa yang telah dilakukan oleh peserta didik. Aktivitas belajar tersebut merupakan pendekatan pembelajaran untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis, yaitu….
a. Discovery learning
b. Inquiry Learning
c. Problem based Learning
d. Project based Learning
e. Contextual Learning

Soal 13:
Para ahli pendidikan mengatakan bahwa belajar tidak sekedar melibatkan hubungan antara stimulus dan respon. Belajar merupakan suatu bentuk teori belajar yang sering disebut model perseptual. Tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi lainnya. Dengan demikian, belajar belajar meruapakan suatu proses genetik, yaitu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf. Hal ini sesuai dengan jenis teori belajar ...
a. Sosial
b. Behavioristik
c. Kognitif
d. Kontruktivistik

Soal 14:
Proses belajar yang menekankan pada pemberian makna oleh siswa kepada pengalamannya melalui proses asimilasi dan akomodasi yang bermuara pada pemutakhiran struktur kognitifnya, meruapakan jenis teori belajar ...
a. Humanistik
b. Kognitif
c. Kontruktifistik
d. Humanistik
e. Sosial

Soal 15:
Menurut Jurge Hibermas, belajar baru akan terjadi jika ada interaksi antara individu dan lingkungannya. Lingkungan belajar yang dimaksud disini adalah  lingkungan alam maupun lingkungan sosial, sebab antara keduanya tidak dapat dipisahkan, sehingga dikenal dengan belajar teknis. Hal ini termasuk teori belajar ...
a. humanistik
b. sosial
c. kontruktivistik
d. behavioristik
e. sosial
 
Soal 16:
Pembelajaran abad 21 mengikuti model pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif dan kolaboratif. Guru bertugas mengembangkan rencana pembelajaran yang berbasis model tersebut. Upaya guru tersebut tertuang dalam ...
a. Kompetensi Inti
b. Kompetensi Dasar
c. IPK
d. Strategi dan model pembelajaran
e. Media pembelajaran
 
Soal 17:
Dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak, pengetahuan tentang kognisi yang merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman, digunakan guru dalam menjelaskan materi. Di samping itu kesadaran dan pengendalian berpikir serta penetapan keputusan tentang sesuatu juga dibelajarkan oleh guru. Sebagai contoh memperbaiki hubungan pertemanan yang rusak, membuat karya tulisan, berpikir mengapa masih banyak orang yang melakukan dosa dan lainnya. Model pembelajaran ini menekankan pada pengemabngan kemampuan ...
a. memecahkan masalah
b. berpikir kritis
c. berpikir kretaif
d membangkitkan kreatifitas
e. berpikir inovatif
 
Soal 18:
Jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial lebih dari 50%, maka tindakan yang dilakukan adalah pemberian pembelajaran ulang secara klasikal dengan model dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif berbasis pada berbagai kesulitan belajar yang dialami peserta didik yang berdampak pada peningkatan kemampuan untuk mencapai kompetensi dasar tertentu. Model pembelajaran ini menekankan pada pengembangan kemampuan ….
a. berpikir kritis
b. berpikir kreatif
c. berpikir inovatif
d. membangkitkan kreatifitas
e. memecahkan masalah

Soal 19:
Implementasi TPACK di ruang kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, agak rumit dan membutuhkan kemampuan komputer. Beberapa cara yang bisa digunakan adalah ….
a. meminjam perpustakaan
b. memanfaatkan sumber belajar
c. meminta siswa membawa hp dari rumah
d. mengundang jasa layanan internet
e. menggunakan aplikasi yang bertebaran di internet

Soal 20:
Pada abad 21 terjadi perubahan strategi pengajaran yang dilakukan oleh guru dari cara yang tradisional kini mengarah pada pendekatan digital yang dirasa lebih relevan dalam memenuhi kebutuhan siswa. Akan tetapi proses transisi dari lingkungan kelas yang menerapkan cara tradisional ke cara digital sangat bervariasi tergantung pada cara guru dan sekolah yang bersangkutan dalam merespon dan menyikapinya. Langkah-langkah penentuan pendekatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan tuntutan K-13 dan perkembangan abad 21 adalah …. 
a. pembelajaran aktif, menarik, kreatif dan menyenangkan
b. pemanfaatan teknologi untuk mengganti guru dalam pembelajaran
c. pembelajaran tidak langsung dan bisa dilakukan dengan berbasis web
d. fokus pada materi yang ada dan mengembangkannya sesuai KD
e. fokus pembelajaran pada praktik belajar lebih dalamn dan belajar kemitran baru

Soal 21
Terjadi tawuran pelajar dewasa ini merupakan cerminan dari perilaku menyimpang anak. Perkembangan moral adalah perkembangan yang berkaitan dengan aturan dan konvensi mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain. Perilaku menyimpang tersebut disebabkan oleh …. 
a. pengaruh lingkungan sekitar
b. perkembangan moral anak yang tidak berhasil
c. orang tua yang abai terhadap anaknya
d. kurangnya perhatian dari teman-teman sebayanya
e. pengakuan akan jati diri dan idola

Soal 22
Menurut pada ahli, gaya belajar anak beragam. Hal ini dapat dipahami dari makna belajar. Belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati. Jenis teori belajar ini adalah …
a. Kontruktivistik
b. Behavioristik
c. Kognitif
d. Humanistisk
e. Sosial

Soal 23
Pengetahuan pendidik tentang teknologi, pedagogi dan konten yang integratif dapat menjadi salah satu kemampuan dahsyat dalam implementasi pendidikan (kurikulum) masa kini (era digital). Ketika abai terhadap penggunaan teknologi, maka akan dipastikan pengembangan pendidikan akan stagnan dan tidak dapat menyesuaikan dengan pengembangan jaman. Upaya mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis TPACK dapat ditempuh melalui …. 
a. penggunaan strategi yang tepat
b. pemanfaatan media yang sesuai
c. pengembanagn sumber belajar yang memadai
d. dukungan metode dan strategi yang sesuai dengan kompetensi
e. instrumen implementasi kurikulum dalam ekosistem pendidikan
 
Download Soal UP PPG Dalam Jabatan, Disini

Post a Comment for "Soal UP UKMPPG Akidah Akhlak Pedagogik dan Profesional Terbaru 2022"