Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Model Problem Based Learning (PBL) Akidah Akhlak MTs/SMP Lengkap

Contoh RPP Model Problem Based Learning (PBL) Akidah Akhlak MTs/SMP/SMA Lengkap
Image: Pixabay.com

Cariduit-dot -- Kali ini admin akan share contoh RPP model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning mata pelajaran Akidah Akhlak untuk MTs/SMP kelas VII. Model RPP PBL ini bisa juga digunakan untuk mata pelajaran lainnya sesuai dengan kompetensi dasarnya. 

RPP Model PBL ini hanyalah contoh dan masih banyak kekurangan dalam penyusunanya. Namun setidaknya ada gambaran bagi Bapak/Ibu guru yang ingin menyusun RPP dengan model pembelajaran kurikulum 2013 Problem Based Learning.

Baca Juga: Contoh RPP Model Discovery Learning Metode Jigsaw

Apa itu Model Pembelajarn PBL?

Problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran yang berkaitan dengan permasalahan dunia nyata. Atau masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Masalah pada model pembelajaran ini harus memiliki dua karakteristik penting, yaitu masalah harus autentik atau berhubungan dengan konteks sosial siswa dan masalah harus berakar terhadap materi subjek dari kurikulum.

Menurut hemat penulis, model pembelajaran PBL sudah seharusnya diterapkan guru dalam penyusunan RPP. Karena model PBL ini memiliki banyak manfaat, seperti peserta didik jadi lebih aktif, kegiatan belajar yang aktif, seru alias tidak monoton dan yang paling penting mengajarkan siswa agar berpikir lebih kritis.

SINTAK MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Sebelum menyusun RPP model PBL, guru harus mengetahui terlebih dahulu sintak PBL, yaitu:

  1. Orientasi peserta didik pada masalah
  2. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
  3. Membimbing penyelidikan Individu maupun Kelompok
  4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Berikut ini contoh RPP Problem Based Learning

Nama Madrasah: MTs Nurul Falah Cimahi
Mata Pelajaran     : Akidah Akhlak
Kelas / Semester     : VII / 1
Materi Pokok     : Akhlak Tercela Kepada Allah SWT
Sub Materi     : Akibat Buruk Sifat Nifaq
Alokasi Waktu     : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. KOMPETENSI DASAR

1.8 Menghayati akhlak tercela yang dilarang Allah Swt berupa riya dan nifaq
2.8 Megamalkan berperilaku ikhlas sebagai implementasi menghindari akhlak tercel
3.8 Memahami pengertian dalil ciri-ciri dan dampak negatif sifat riya dan nifaq
4.8 Menyajikan contoh cara menghindari perilaku riya dan nifaq

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.8.1 Menjelaskan pengertian riya’ dan nifaq
2.8.1 Menunjukkan contoh dalil naqli dan aqli tentang riya’ dan nifaq
3.8.1 Mengidentifikasi perilaku yang termasuk kategori riya’ dan nifaq.
3.8.2 Menyajikan fakta dan fenomena yang berhubungan dengan perilaku riya’ dan nifaq.
3.8.3 Memahami dampak-dampak negatif akhlak tercela riya’ dan nifaq
4.8.1 Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah mengamati media slide power point peserta didik dapat menjelaskan pengertian riya dan nifaq dengan benar.

2. Melalui diskusi peserta didik dapat menunjukkan dalil naqli dan aqli riya dan nifaq dengan tepat

3. Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat menyajikan fakta dan fenomena perilaku riya dan nifaq dengan benar

4. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menunjukkan dampak negatif akhlak tercela riya dan nifaq dengan benar

5. Melalui kegiatan demonstrasi peserta didik dapat mensimulasikan contoh perilaku riya dan nifaq dengan tepat.

E. MATERI PEMBELAJARAN
Materi: Adab Sholat
1. Materi Pembelajaran Reguler
1) Fakta:  Kisah yang berkaitan dengan perilaku orang yang tertimpa kemunafikan
2)  Konsep: Pengertian nifaq/munafiq
3)  Prinsip:
•  Dalil-dalil tentang nifaq
•  Dampak negatif nifaq
4)    Prosedur:
•  Perilaku nifaq sehari-hari
•  Kisah yang berkaitan dengan dampak positif menghindari nifaq

F. METODE PEMBELAJARAN

  • Pendekatan    : Saintifik, HOTS
  • Model Pembelajaran     : Problem Based Learning
  • Metode Pembelajaran     : Direct instruction (pembelajaran langsung), Diskusi, Presentasi dan tanya jawab

G. MEDIA PEMBELAJARAN
•    Media atau Alat: (Laptop, HP, PPT , LKPD

H. SUMBER BELAJAR

  • Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
  • Buku Akidah Akhlak Pedoman Guru Kelas VII Kemenag RI 2020
  • Internet

I. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)

1. Peserta didik bersama guru berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai. (Religius)

2. Peserta didik bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang ditayangkan video pada slide powerpoint. (Nasionalis)

3. Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

4. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

5. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap peduli dan tanggung jawab yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

6. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.

7. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication

B. Kegiatan Inti (50 Menit)

8. Guru menayangkan slide powerpoint materi dampak buruk akhlak tercela nifaq melalui tayangan infokus/Youtube.

9. Secara mandiri siswa mengamati gambar dampak buruk akhlak tercela yang ditayangkan pada powerpoint.

Tahap 1 PBL: Orientasi Peserta Didik terhadap Masalah

10. Guru membagi 5 kelompok peserta didik

11. Melalui tayangan PPT, guru menyangkan video tentang dampak buruk perilaku nifaq

12. Melalui tayangan video PPT , guru menyampaikan pertanyaan tentang keterkaitan dampak buruk sifat nifaq dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengamatan video.

  • Mengapa nifaq itu sangat berbahaya dalam kehidupan sehari-hari?
  • Bagaimana cara menghindari sifat tercela nifaq ? (HOTS)

13. Setelah menyimak materi melalui PPT, peserta didik menyampaikan pendapat dari pertanyaan guru. (Critical and communication)

Tahap 2 PBL: Mengorganisasikan peserta didik

14. Melalui tayangan PPT, peserta didik untuk menjawab bagaimana cara menghindari sifat nifaq dan dampak buruknya (Disiplin/PPK, creativity and critical thingking/keterampilan abad 21)

15. Melului tayangan PPT, guru memberikan tugas kelompok untuk melakukan wawancara terhadap kelompok lain/guru tentang dampak buruk nifaq dan cara menghindarinya. (Mandiri)

Tahap 3 PBL: Membimbing Penyelidikan Individu

16. Melalui kerja kelompok, peserta didik berkonsultasi dengan guru jika ada hal-hal yang kurang jelas. (Comunnication/keterampilan abad 21)

17. Melalui PPT, guru menginformasikan bahwa hasil wawancara dapat dibuatkan kesimpulan

18. Melalui tayangan PPT, guru menginformasikan peserta didik dapat membuat peta pikiran tentang hubungan dampak buruk sifat nifaq dalam kehidupan sehari-hari. (HOTS)

Tahap 4 PBL:  Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

19. Peserta didik membuat peta pikiran tentang hubungan dampak buruk sifat nifaq dalam kehidupan sehari-hari. (Tanggung jawab, disiplin, mandiri, integritas/PPK, critical thingking/keterampilan abad 21)
20. Melalui kelompok, peserta didik diminta untuk mempresentasikan dan mengumpulkan peta pikiran. (Tanggung jawab danintegritas/PPK)

Tahap 5 PBL: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

21. Melalui kegiatan diskusi kelompok Peserta didik saling menukarkan informasi yang mereka dapatkan dan saling memberikan komentar positif dan saran perbaikan.

C. Kegiatan Penutup (5 menit)

22. Peserta didik diajak bertanya jawab diberikan kesempatan untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami. (Critical thinking and communication/keterampilan abad 21)

23. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran. (Communication/keterampilan abad 21)

24. Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

25. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

27. Guru menginformasikan soal evaluasi melalui google form/lainnya dengan link (Mandiri dan integritas/PPK)

28. Peserta didik bersama guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup.
(Religius).

C. PENILAIAN (ASSESMENT)

1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dalam pembelajaran ini menggunakan teknik observasi yang dicatat langsung oleh guru selama proses pembelajaran dan melalui jurnal harian. Adapun sikap yang diobservasi yakni sikap tanggung jawan, disiplin, dan percaya diri.

b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dalam pembelajaran ini meliputi tes tertulis berupa tes Pilihan Ganda sebanyak 10 butir soal yang berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill).

c.Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dalam pembelajaran ini menggunakan penilaian unjuk kerja dan daftar periksa yang sudah dilakukan masing-masing peserta didik selama proses pembelajaran.

Demikian artikel contoh RPP Model Pembelajarn Problem Based Learning, semoga bermanfaat...

1 comment for "Contoh RPP Model Problem Based Learning (PBL) Akidah Akhlak MTs/SMP Lengkap"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya