Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal-Soal PAT/PAS Online (Metode Daring) Semua Mata Pelajaran untuk SMP/MTs kelas 7,8 Tebaru 2020

kumpulan Soal PAT/PAS Online (Media Daring) Semua Mata Pelajaran untuk SMP/MTs

Cariduit-dot -- PAS (Penilaian Akhir Semester) dan PAT (Penilaian Akhir Tahun) merupakan program ulangan/penilaian siswa yang dilaksanakan setiap akhir semeseter ganjil dan semester genap. Penilaian ini meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian PAS berpatokan pada jumlah Kompetensi Dasar (KD) dalam satuan mata pelajaran yang telah disampaikan masing-masing guru bidang studi selama satu semester.

Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian AKhir Tahun wajib dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur dan mengevaluasi sejauhmana kemampuan peserta didik dalam menyerap dan mengaplikasikan berbagai materi pelajaran selama kurang lebih 6 bulan.

Tidak hanya mengevaluasi peserta didik, PAS dan PAT juga harus menjadi bahan evaluasi sumber proses belajar mengajar utama yaitu Guru. Sehingga suksesnya pelaksanaan PAS dan PAT pada dasarnya merupakan sinergitas antara peran guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajar mengajar saat di kelas maupun diluar kelas.

Ada tiga penilaian yang harus jadi bahan evaluasi masing-masing guru pra dan pasca PAT/PAS. Pertama penilaian sikap, kedua penilaian pengetahuan dan ketiga penilaian keterampilan. Ketiga penilaian tersebut harus terintegrasi dalam sebuah laporan nilai siswa dan kemudian dijumlahkan secara akumulatif sehingga menjadi nilai akhir tahun.

Namun Pelaksanaan PAS dan PAT bukan satu-satunya alat ukur kemampuan siswa baik itu dari segi kognitif, apektif dan psikomotor dalam dua semester. Yang paling penting ialah seberapa berhasilnya kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran sehari-hari.

Sehingga guru dalam melaksanakan penilaian tidak hanya berpatokan pada hasil nilai PAS/PAT tapi lebih memprioritaskan penilaian sehari-hari.

Pelaksanaan PAT di tengah Pandemi Covid-19

Ada suasana berbeda pelaksanaan PAT tahun 2020.  Semua sekolah rata-rata melaksanakan PAT secara daring walaupun ada sebagian sekolah yang masih melaksanakan PAT di sekolah. PAT daring dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini penularannya masih mengkhawatirkan. Terutama pencegahan Covid-19 dilingkungan sekolah.

Adapun PAT di sekolah mungkin hanya segelintir siswa saja sebagai solusi bagi siswa yang tidak mempunyai alat komunikasi seperti HP.

Karena PAT dilaksanakan saat suasana pandemic Covid-19, maka pelaksanaan PAT jangan sampai merugikan siswa sedikitpun.

Ulangan kenaikan kelas atau PAT harus mengutamakan prinsip fleksibilitas, non diskriminatif dan tidak merugikan siswa. Selama pandemik masih ditakutkan penularannya terutama daerah dengan zona merah, maka jangan sekali-kali sekolah memaksakan siswa untuk melaksanakan PAT disekolah dengan alasan tidak punya akses internet.

Peserta didik juga tak perlu dibebani dengan mengisi jawaban soal PAT yang rumit dan menyulitkan siswa. Guru harus lebih fleksibel dan memahami keadaan peserta didik saat ini.

Alangkah baiknya setiap soal dari semua mata pelajaran terintegrasi dengan soal pemahaman virus corona (Covid-19).

Disini saya tidak akan memberikan soal-soal PAT yang sudah terintegrasi dengan soal Covid-19. Silahkan soal-soal tersebut bisa Bapak/Ibu buat dan tambahkan pada soal utama PAT.

Ujian dan soal PAT juga dilaksanakan dengan metode Daring dan menggunakan HP, komputer maupun laptop. PAT dilaksanakan dirumah masing-masing sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat satuan pendidikan. Soal dibuat menggunakan aplikasi Google Formulir.

Panduan lengkap cara membuat soal dengan Google Formulir silahkan bisa lihat DISINI.

Contoh Soal PAT/PAS Online (Media Daring) Semua Mata Pelajaran

Berikut ini daftar soal PAT kelas 7, 8 online yang bisa langsung Adik-adik kerjakan secara online dengan platform Google Formulir
  1. Akidah Akhlak
  2. Al Quran Hadits
  3. FIQIH
  4. SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)
  5. Bahasa Arab
  6. Bahasa Indonesia
  7. Bahasa Inggris
  8. Matematika
  9. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  10. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
  11. PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
  12. Bahasa Sunda
  13. Seni Budaya

Disini Saya tidak akan share soal-soal PAT dalam bentuk softfile, namun contoh soal PAT dalam bentuk pengisian soal secara online. Silahkan soal PAT tersebut bisa di akses siapa saja, baik oleh guru maupun peserta didik.

Jika banyak kekeliruan dalam soal maupun jawaban, silahkan bisa langsung diperbaiki. Latihan pengisian soal secara online saat ini lebih memudahkan siswa dalam evaluasi belajar. Alasannya karena soal-soal tersebut bisa terus diakses kapanpun dan langsung terlihat nilai akhirnya.

Link Soal-Soal Online PAT SMP/MTs Kelas VII:

Untuk sementara Saya belum bisa share semua link contoh soal-soalnya karena masih tahap perbaikan. InsyaAllah dalam waktu dekat akan segera di publish.

Terima kasih kunjungannya, semoga kita selalu diberi kesehatan dan dimudahkan dalam segala urusan oleh Allah SWT, aamiin.

Post a Comment for "Kumpulan Soal-Soal PAT/PAS Online (Metode Daring) Semua Mata Pelajaran untuk SMP/MTs kelas 7,8 Tebaru 2020"