Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Standar Pengelolaan: Bukti Fisik SIM (Sistem Informasi Manajemen) Sekolah

Standar Pengelolaan: Bukti Fisik SIM (Sistem Informasi Manajemen) Sekolah

Contoh Bukti Fisik SIM (Sistem Informasi Manajemen) Sekolah/madrasah adalah salah satu instrument standar pengelolaan yang harus bisa dibuktikan dengan dokumen ketika akreditasi. Ketika akreditasi dokumen SIM harus dibuktikan dengan bukti fisik sesuai dengan instrumennya. Contoh pengelolaan SIM ini Saya buat lebih simpel dan sesuai dengan keadaan dan fasilitas di sekolah. Data dibawah ini sudah cukup sebagai bahan acuan akreditasi.

Apa itu SIM? 

SIM ialah Sistem Informasi Manajemen yang berisi dokumen-dokumen sekolah/madrasah. SIM merupakan suatu sistem yang harus ada disekolah sebagai pusat informasi berkaitan dengan seluruh kegiatan sekolah. Mulai informasi tentang profil sekolah/madrasah, visi, misi dan tujuan sekolah, kesiswaan, kurikulum, keuangan dan lainnya.

Agar mudah saya akan contohkan melalui tabel tentang manajemen informasi sekolah. SIM dokumen sekolah ini saya bagi menjadi 7 (tujuh) dokumen. Di dalam dokumen tersebut berisi data-data sekolah yang terintegrasi dengan data lainnya.

1. DOKUMEN PENGELOLAAN SIM SEKOLAH

Standar Pengelolaan: Bukti Fisik SIM (Sistem Informasi Manajemen) Sekolah

Setelah mengklasifikasikan dokumen SIM sekolah/madrasah, selanjutnya fasilitas apa saja yang digunakan SIM.

2. PENGELOLAAN SIM

Ada 2 (dua) fasilitas Pengelolaan SIM yang biasanya diterapkan di sekolah yaitu:
  1. Fasilitas secara online, seperti facebook, wa, website/blog sekolah, data EMIS, data SIMPATIKA tenaga pendidik dan kependidikan dan media online lainnya yang sudah dibuat di sekolah/madrasah. Silahkan tulis alamat facebook, grup WA, dan websitenya dan tulis jumlah anggotanya. Cantumkan semua linknya dalam format laporan
  2. Fasilitas secara offline. Cara ini masih manual namun sangat penting buat dokumen sekolah. Fasilitas ini tidak menggunakan aplikasi seperti biasanya.
3. LAPORAN DATA serta INFORMASI SEKOLAH

Poin 3 bisa Anda buktikan dengan:
  1. Contoh SK atau surat/tugas yang telah di sahkan kepala sekolah melalui rapat kepada pengelola SIM atau SK Operator sekolah.
  2. Pelaporan pengelolaan SIM dari operator kepada kepala sekolah. (misal: pengumpulan data siswa/data emis selama satu semester, pengumpulan data guru/simpatika, data sekolah lainnya yang belum di input dalam simpatika, data penunjang lainnya)
Download Contoh format bukti fisik pengelolaan SIM DISINI
** Jika Anda membutuhkan contoh SK operator sekolah silahkan sedot dibawah ini:

Download Contoh SK Operator Sekolah/Madrasah  >>> disini <<<

Itulah salah satu contoh bukti fisik SIM pada standar pengelolaan. Bukti fisik SIM sekolah/madrasah terdapat di instrument 95 standar pengelolaan. Contoh data diatas sudah cukup sebagai bukti fisik pengelolaan SIM karena memang sudah di buktikan ketika akreditasi.

Sekian semoga bermanfaat. Contoh pengelolaan SIM diatas masih banyak kekurangannya seperti Saya belum mencantumkan struktur organisasinya, dll. Jika ada hal yang perlu dipertanyakan silahkan tulis komentar Anda di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungan saudara..

14 comments for "Standar Pengelolaan: Bukti Fisik SIM (Sistem Informasi Manajemen) Sekolah"

  1. Sama-sama Pa silahkan jika ada yang kurang bisa ditambah atau hanya sekedar masukannya

    ReplyDelete
  2. belum mengerti mohon bantuannya...SIM itu harus dibuktikan berupa apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukti Fisik SIM Bisa dengan: Data EMIS, Simpatiks ysng dikelola operator, untuk media informasi bisa dibuktikan dengan Blog/Website sekolah, media sosial facebook, whatsap.

      Delete
  3. Nuhun pisan pak. Smga ilmu nya makin berkah..

    ReplyDelete
  4. Sukron Mas...
    Sangat bermanfaat, semoga jadi ladang ibadah...

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu pekerjaan saya dan semoga menjadi amal ibadah yang barokah.

    ReplyDelete
  6. Jadi tau..terimakasih..insya allah manfaat

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya